Wirausaha Wajib Tahu! Pentingnya SIUP untuk UMKM

Categories Persyaratan BisnisPosted on

Wirausaha Wajib Tahu! Pentingnya SIUP untuk UMKM

pentingnya SIUP untuk UMKM

Opportunity-Advisor.com || Sudah tahu sejauh mana pentingnya SIUP untuk UMKM? Surat Izin Usaha Pedagang atau yang sering disebut dengan SIUP merupakan surat izin yang harus dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang menjalankan kegiatan perdagangan.

Baik itu usaha kecil, kelas menengah ataupun bisnis yang sudah besar, semuanya membutuhkan SIUP.

Dengan adanya SIUP ini bisa memberikan jaminan bisnis yang kita kelola bukan bisnis liar yang merugikan pemerintah atau kelompok masyarakat.

Guna memudahkan pengurusan SIUP, surat ini terbagi dalam tiga kategori, yakni SIUP mikro dengan jumlah netto kekayaan tertingginya 50 juta rupiah.

SIUP kecil merupakan surat izin usaha untuk pemilik usaha yang memiliki netto kekayaan dari 50 juta hingga 500 juta.

SIUP menengah diberikan kepada para pedagang yang memiliki netto kekayaan dari rentang 500 juta hingga 10 milyar.

Sementara untuk mereka yang memiliki netto kekayaan di atas 10 milyar, jenis SIUP yang digunakan adalah SIUP besar.  Jadi jenis SIUP ini didasarkan pada jumlah kekayaan bersih yang dimiliki oleh perusahaan.

 

Inilah Pentingnya SIUP untuk UMKM

SIUP sangat penting dimiliki oleh UMKM jika memang serius ingin berkembang dan tumbuh menjadi besar.

cara dan pentingnya SIUP untuk UMKM

Mungkin Anda bisa saja berjualan tanpa SIUP tetapi apakah selamanya Anda hanya main di proyek kecil perorangan? Saatnya kini peduli administrasi untuk usaha yang lebih maju. Inilah pentingnya SIUP untuk UMKM yang penting untuk Anda ketahui:

1. Bentuk Izin Resmi dari Pemerintah untuk Badan Usaha

SIUP merupakan izin resmi dari pemerintah untuk badan usaha di bidang perdagangan. Adanya SIUP ini akan memberikan perlindungan hukum pada usaha bisnis yang kita kelola.

Baca Juga : Syarat Membuat NPWP Usaha Kecil yang Harus Kamu Tahu

Jika ada penertiban usaha-usaha liar oleh pemerintah, maka bisnis kita sudah cukup aman dengan adanya SIUP tersebut.

2. Syarat untuk Kegiatan Pendukung Bisnis Usaha

Anda ingin membuat CV, PT, Koperasi atau yang lainnya? SIUP menjadi persyaratan utama yang harus dimiliki.

Selain itu jika ingin mengajukan dana pinjaman bank atas nama badan usaha, SIUP ini juga wajib dimiliki sebagai salah satu persyaratan. Pentingnya SIUP untuk UMKM ternyata sangat jelas bukan?

3. Syarat Perdagangan Internasional

Ingin masuk ke dunia ekspor impor di tingkat internasional? Semuanya membutuhkan SIUP sebagai syarat.

Bermain ke pasar internasional tentu akan semakin mungkin dilakukan di era internet sekarang ini.

Potensi pasarnya sangat menjanjikan, tinggal mengasah kemampuan berbahasa untuk komunikasi. Untuk itu Anda harus memiliki SIUP sebagai syarat.

Jangan mimpi mengekspor produk bisnis yang Anda miliki jika belum punya SIUP sebagai jaminan perlindungan hukum.

4. Meningkatkan Kredibelitas

Mau perusahaan atau usaha Anda punya nama dan dipandang orang? Uruslah segala administrasinya, termasuk juga SIUP tersebut.

Adanya SIUP ini akan membantu meningkatkan kepercayaan public pada bisnis yang Anda kelola. Apalagi bagi pihak perbankan yang mungkin Anda ajukan pinjaman.

Dengan adanya SIUP yang dimiliki, Anda juga akan lebih percaya diri tampil di acara-acara pameran bisnis berkelas.

Daya tawar bisnis lebih tinggi dibandingkan mereka yang tak lengkap administrasi. Demikian pentingnya SIUP untuk UMKM yang juga perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Butuh Ide Bisnis? Inilah Usaha Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

Pengurusan SIUP ini bisa Anda lakukan sendiri atau melalui notaris yang dipilih. Penting untuk diketahui, syarat pembuatan SIUP ini berbeda-beda, tergantung dari jenis perusahaan yang akan dibuat. Apakah CV, PT, Koperasi, ataupun PO, semuanya memiliki syarat teknis yang berbeda.

Bila Anda mengurus pembuatan perusahaan tersebut melalui jasa notaris, biasanya semuanya akan diurus oleh pihak notaris. Jadi Anda tak perlu ribut ke sana kemari mengurus administrasi tersebut.

Sebelum mengurus SIUP, pastikan Anda sudah memiliki NPWP. Jika tak mau ribet sebaiknya pembuatannya melalui notaris saja. Anda cukup membayar bersih untuk pembuatannya.

Banyak orang berbisnis tapi mengabaikan administrasi. Keuntungan tetap didapatkan tetapi jumlahnya tak akan sama dengan mereka yang peduli administrasi.

Baca Juga : Wajib Tahu, Inilah Trend Bisnis di Luar Negeri

Semakin lengkap berkas administrasi perusahaan, akan semakin mudah mengakses berbagai peluang-peluang yang datang ke perusahaan.

Beberapa ulasan tentang pentingnya SIUP untuk UMKM di atas bisa jadi pertimbangan Anda kenapa harus mengurus SIUP sejak dini. Jika tak mau ribet, Anda cukup mencari uang untuk menyewa jasa notaris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *