Tugas Marketing Director Yang Harus Anda Ketahui

Categories MarketingPosted on

up

Tugas Marketing Director Yang Harus Anda Ketahui

Tugas Marketing Director Yang Harus Anda Ketahui

x

Opportunity-Adviros.com || Anda ingin menjadi seorang Marketing Director alias Direktur Pemasaran? Ini adalah sebuah jabatan prestisius dengan gaji yang sangat besar. Jabatan yang tidak bisa dijabat oleh sembarangan orang, tapi sekaligus juga mungkin menjadi dambaan bagi orang-orang yang bergelut di bidang marketing perusahaan.

Bisa dikatakan sebagai jabatan puncak pada  struktur jabatan bidang marketing dan merupakan salah satu pimpinan di perusahaan.

Sebuah hasil survey mengenai gaji tahunan di sejumlah sektor industri di Indonesia tahun 2017 oleh perusahaan Robert Wolters menyebutkan bahwa gaji seorang Marketing Director berkisar antara 1,3 hingga 2,3 milyar per tahun.

Fantastis, bukan? Sekitar 108,3 hingga 191,7 juta per bulan.

 

Tugas Seorang Marketing Director

Anda mau? Cepat ajukan lamaran kerja pada posisi Marketing Director yang dibuka. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda baca catatan kami berikut ini tentang tugas Marketing Director untuk menjadi bahan pertimbangan.

Marketing Director

  1. Membuat konsep dan kebijakan di bidang marketing

Tugas Marketing Director berada di wilayah marketing, yaitu pemasaran, penjualan, dan promosi.

Tugas yang pertama adalah membuat konsep dan kebijakan marketing perusahaan.

  • Merumuskan dan menetapkan konsep dan rencana umum perusahaan di bidang marketing.
  • Merumuskan dan menetapkan kebijakan atau keputusan terhadap segala rencana dan pelaksanaan marketing perusahaan

 

2. Membuat perencanaan marketing

Bersama-sama dengan semua departemen terkait, Marketing Director menyusun rencana marketing baik jangka panjang, jangka menengah, maupun jangka pendek untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan perusahaan secara optimal.

Baca Juga : Cara Mudah Menjadikan Bisnis Menjadi Market Leader

Rencana marketing ini didasarkan pada hasil riset terhadap trend di luar perusahaan maupun kondisi internal perusahaan.

3. Mengatur dan mengarahkan karyawan marketing

Sebagai pimpinan tertinggi di bidang marketing perusahaan, Marketing Director bertangggung jawab mengatur dan mengarahkan karyawan untuk melaksanakan semua kebijakan dan rencana perusahaan di bidang marketing.

middle

  • Mengatur pembagian tugas, pendelegasian tugas dan kewenangan terhadap departemen atau bagian terkait di bawahnya
  • Mendorong karyawan bekerja secara profesional, efisien, dan efektif.
  • Menciptakan suasana kerja yang kondusif sehingga mampu meningkatkan kinerja positif karyawan.

 

4. Mengawasi pelaksanaan rencana marketing

Setelah segala rencana dan kebijakan di bidang marketing disusun dengan baik, tugas Marketing Director selanjutnya adalah mengawasi pelaksanaannya.

Bila pelaksanaan menghadapi sejumlah kendala, maka perlu segera dilakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah yang timbul.

Baca Juga : Tips Memabngung Marketing Untuk Sebuah Bisnis

Selain itu, mengingat dinamika pasar yang tinggi, maka pengawasan bukan sekedar memastikan rencana berjalan dengan baik, tapi siap untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap dinamika yang ada.

 

5. Melakukan evaluasi pelaksanaan rencana marketing

Setelah periode pelaksanaan suatu rencana berakhir, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang, maka Marketing Director akan memimpin kegiatan evaluasi.

Evaluasi ini untuk mengukur dan menilai tingkat keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan setiap rencana serta menemukan rekomendasi untuk perencanaan selanjutnya.

Evaluasi juga untuk menilai perkembangan kekuatan dan kelemahan perusahaan, juga untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang muncul di luar perusahaan.

 

6. Memberikan laporan kepada Direktur Utama

Atasan langsung  Marketing Director adalah Direktur Utama. Sebab itu kepada beliau akan diberikan sejumlah laporan yang diperlukan berkaitan dengan marketing perusahaan.

Laporan ini ada yang bersifat rutin seperti pelaksanaan program, kegiatan, atau proyek pemasaran. Selain itu juga ada yang bersifat khusus, yaitu laporan yang dibuat sewaktu-waktu bila dianggap perlu. Laporan biasanya berisi data, rekapitulasi kerja, rencana kerja, evaluasi hasil, dan berbagai informasi lainnya.

 

7. Menjalin kerja sama yang baik dan profesional dengan semua pihak terkait

Sebagai salah satu pimpinan perusahaan, Marketing Director bertanggung untuk membangun relasi yang baik dengan semua pihak terkait, baik di dalam perusahaan maupun di luar lingkungan perusahaan.

Relasi yang baik dengan pihak-pihak di luar perusahaan akan ikut mempengaruhi citra positif perusahaan di dunia publik.

Baca Juga : Mengenal Marketing Model MLM dan Penerapannya

Nah, itulah sejumlah sejumlah tugas Marketing Director. Realnya tugas ini bisa berbeda-beda pada setiap perusahaan, tergantung kondisi dan kebutuhan yang ada. Ini adalah gambaran tugas yang secara umum ada pada perusahaan-perusahaan.

Jika Anda merasa memiliki kualifikasi yang cukup untuk memegang jabatan ini, maka silakan mempersiapkan diri.

Buatlah Lamaran Kerja yang bagus disertai Curriculum Vitae yang bagus pula, dan silakan ajukan kepada perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Semoga Anda beruntung! 😉

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *