Trik Ampuh dalam Perencanaan SDM Dalam Perusahaan

Categories StartupPosted on

up

Trik Ampuh dalam Perencanaan SDM Dalam Perusahaan

perencanaan SDM dalam perusahaan

x

Opportunity-Advisor.com || Sumber Daya Manusia (SDM) bagi sebuah perusahaan menjadi unsur yang paling penting untuk dikelola. Bagaimana perencanaan SDM dalam perusahaan bisa dijalankan dengan baik tentunya akan mempengaruhi output hasil capaian perusahaan.

Mengelola manusia ada seninya, tak sama dengan mengelola benda atau alat-alat yang tak punya rasa dan pikiran.

Seni mengelola manusia menjadi hal penting yang harus Anda kuasai jika ingin mendapatkan SDM perusahaan yang bagus.

Sebuah perusahaan akan sukses bukan hanya karena aspek teknologinya yang sudah maju, tetapi juga bagaimana SDM nya memiliki kompetensi yang mendukung. Tanpa adanya kompetensi, teknologi malah tidak bisa dimanfaatkan.

Begini Trik Perencanaan SDM dalam Perusahaan

Jika ingin membangun SDM perusahaan yang lebih baik, Anda harus melakukan beberapa tips berikut ini:

Trik Ampuh dalam Perencanaan SDM Dalam Perusahaan

Rekrutmen

Langkah awal untuk mengelola SDM perusahaan adalah dengan merekrut SDM baru dengan sistem yang jelas dan berkompetensi.

Sistem rekrutmen yang benar akan mempermudah tata kelola SDM perusahaan. Jangan hanya karena faktor kedekatan keluarga seseorang diterima sebagai karyawan sementara kompetensinya nol. Ini akan merugikan kondisi perusahaan.

Baca Juga : Marketing Itu Apa Sih?

Dalam rekrutmen yang harus dilakukan adalah mencari tahu latar belakang calon karyawan, melihat CV, melihat hasil kerja hingga melakukan uji kompetensi.

Pelatihan

Pelatihan merupakan langkah meningkatkan kompetensi SDM perusahaan. Jika Anda perusahaan baru atau perusahaan kecil, tak ada salahnya mencoba tips ini.

Jadi tak harus menunggu Anda jadi perusahaan besar baru memberikan pelatihan bagi karyawan, usaha kecil pun bisa mencobanya.

Para karyawan diberikan semacam upgrading tentang sebuah kompetensi yang dibutuhkan. Tips perencanaan SDM dalam perusahaan yang satu ini banyak dilakukan perusahaan-perusahaan besar.

Pendidikan

Jika dibutuhkan, karyawan juga bisa difasilitasi dengan pendidikan formal untuk meningkatkan kemampuan.

Biasanya disertai dengan kontrak perjanjian bahwa ia akan mengabdi pada perusahaan. Cara ini diberikan pada individu-individu terbaik yang dipandang memiliki kompetensi.

Pembinaan

middle

Pembinaan juga dibutuhkan sebagai bagian dari perencanaan SDM dalam perusahaan. Pembinaan dilakukan melalui sub sistem organisasi dalam program-program yang bersifat penilaian dan perencanan.

Perubahan Sistem

Perubahan sistem dibutuhkan untuk mengetahui potensi-potensi setiap SDM yang mungkin belum muncul.

Selain itu, perubahan juga bagian dari bentuk responsip terhadap persaingan kompetitor. Semua potensi SDM diharapkan bisa bangkit, muncul dan lebih optimal.

Perubahan sistem akan memudahkan Anda memberikan penilaian terhadap potensi, kompetensi dan semangat kerja yang baik bagi karyawan.

Baca Juga : Cara Menemukan Ide Bisnis Baru

Siapa yang tetap bisa bekerja dengan baik dan setia dengan berbagai sistem dan posisi adalah SDM terbaik perusahaan yang harus dipertahankan.

Kesempatan

Perencanaan SDM dalam perusahaan bisa dengan memberikan kesempatan. Berikan karyawan kesempatan untuk bisa menunjukkan potensi, memberikan ide dan gagasan dan sebagainya.

Tidak memberikan kesempatan kepada karyawan adalah cara buruk mengelola SDM. Bagaimanapun manusia pada fitrahnya akan senang jika apa yang ia usulkan dipakai.

Membendung potensi SDM dengan cara tidak memberikan kesempatan pada karyawan adalah hal yang akan selalu dipikirkan karyawan.

Mereka akan berpikir, mengapa saya tak pernah diberi kesempatan untuk menunjukkan ide dan gagasan?

Hal ini bahkan bisa jadi alasan bagi karyawan untuk mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan.

Penghargaan

Apa yang paling membahagiakan bagi seorang karyawan dalam bekerja? Adalah ketika ia mendapatkan penghargaan dari pimpinan atau tempat kerjanya.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa memberikan reward kepada SDM terbaik yang dimiliki perusahaan. Ini akan sangat membantu menumbuhkan cinta dan semangat kerja yang lebih baik.

Berikan penilaian netral kepada setiap individu yang memang terbukti berprestasi dan layak  mendapatkan penghargaan.

Mereka yang belum mendapatkan penghargaan pun bisa termotivasi saat ada karyawan lain yang diberi penghargaan.

Cara sederhana ini membantu Anda menemukan individu-individu yang suka berkompetisi dalam kerja dan imbasnya tentu capaian hasil kerja perusahaan bisa lebih baik.

Jangan mengabaikan perencanaan SDM di sebuah perusaah, sebab perusahaan itu digerakkan oleh tenaga manusia, yakni SDM tersebut.

Jalinan komunikasi, interaksi yang baik di dalam perusahaan diawali dari SDM-SDM berkualitas yang matang dalam bekerja. Maka Anda pun memiliki aset paling penting yang harus dijaga.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Karyawan

Manajemen SDM yang buruk dalam sebuah perusahaan menjadi awal kehancuran dan kemunduran bisnis yang dikelola.

Temukan bagaimana tips dan sistem perencanaan SDM dalam perusahaan yang sesuai untuk kondisi perusahaan Anda dan dapatkan capaian perusahaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *