Tips Membangun Marketing Yang Baik Untuk Sebuah Bisnis

Categories MarketingPosted on

Tips Membangun Marketing Yang Baik Untuk Sebuah Bisnis

Tips Membangun Marketing Yang Baik Untuk Sebuah Bisnis

Opportunity-Advisor.com || Marketing ataupun pemasaran merupakan cara yang wajib ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk mengembangkan maupun membangun bisnisnya. Tanpa adanya pemasaran, bisnis pastinya akan sulit untuk maju dan dikenal oleh khalayak banyak.

Pemasaran dianggap masih menjadi cara yang paling efektif untuk membangun citra ataupun memperkenalkan produk kepada target pasar. Jadi, sebenarnya marketing yang baik dan efektif itu seperti apa sih?

 

Bagaimanakah Marketing yang Baik?

Marketing bisa dikatakan baik apabila strategi marketing mampu mencapai ataupun memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pelaku bisnis. Anda sebagai pelaku bisnis tentunya rela mengeluarkan biaya marketing (baik kecil maupun besar) asal mampu memenuhi target yang diharapkan.

Adapun harapan dari marketing ialah mampu membuat brand bisnis dikenal, meningkatkan angka penjualan, hingga mempertahankan eksistensi bisnis. Agar biaya yang dikeluarkan untuk marketing mampu tepat guna dan tidak sia-sia, tentunya perlu penerapan marketing yang baik.

Bagaimanakah kunci sukses marketing? Berikut ialah jurus marketing handal yang bisa Anda coba!

kunci sukses marketing

  • Kenali Pasar

Kunci sukses marketing yang pertama ialah mengenali pasar dengan baik. Adapun hal-hal penting terkait target pasar yang perlu Anda ketahui ialah kondisi pasar, permintaan pasar, pergerakan pasar, hingga preferensi pasar.

Baca Juga : Menenal MLM (Multi Level Marketing) Lengkap dengan Penerapannya

Dengan pengetahuan memadai mengenai target pasar, Anda tentunya akan lebih mudah memutuskan strategi pemasaran apa yang tepat untuk diterapkan pada pasar yang ingin Anda rambah. Cara ini bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya marketing jika dilakukan dengan tepat.

 

  • Creative Marketing

Tingginya tingkat persaingan bisnis sekarang ini tentunya menuntut para pelaku bisnis untuk terus membuat inovasi dan mengembangkan bisnis secara kreatif. Begitu juga dengan marketing, Anda harus mampu menemukan dan menerapkan strategi-strategi yang unik dan kreatif agar mampu bersaing dan bertahan.

Strategi marketing yang baik ialah strategi yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Jurus marketing handal lainnya ialah jangan monoton dalam melakukan pemasaran produk, libatkanlah tren dan teknologi yang sedang booming, misalnya marketing secara online melalui sosial media ataupun website.

 

  • Kenali Pesaing

Jurus marketing handal selanjutnya ialah kenali pesaing bisnis Anda.

“Do remember that the world doesn’t revolve around you”

Anda harus jeli melihat tantangan dan ancaman yang ada di sekitar Anda. Mengenali pesaing bisnis Anda bisa menjadi cara untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan bisnis ataupun menerapkan hal-hal baik yang belum ada dalam bisnis Anda.

Marketing yang baik tidak hanya ditandai dengan mampu menjangkau banyak pelanggan, tetapi juga dengan memahami betul apa yang menjadi ancaman dalam menjalankan bisnis.

 

  • Jangan Cepat Puas

Jangan cepat berpuas diri merupakan kunci sukses marketing berikutnya. Jika marketing yang Anda jalankan mampu menghasilkan pencapaian-pencapaian yang memuaskan di awal, sebaiknya Anda tidak cepat merasa puas.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Anggaplah pencapaian tersebut merupakan awal yang baik untuk lebih gencar lagi melakukan marketing ke ranah yang lebih tinggi. Jangan mudah tergoda dengan pencapaian yang berhasil Anda peroleh, namun jadikan pencapaian tersebut sebagai motivasi untuk lebih maju dan mencapai lebih lagi.

 

  • Evaluasi

Marketing yang baik tak hanya berbicara soal pencapaian ataupun target yang terpenuhi. Marketing yang sukses juga ditunjukkan dari adanya perbaikan akan kelemahan dan adanya minimalisir kesalahan-kesalahan. Evaluasi penting dilakukan secara berkala untuk menilai kinerja marketing agar bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

Tanpa adanya evaluasi, marketing akan berjalan begitu-begitu saja alias tidak ada perkembangan yang signifikan. Evaluasi juga bisa menjadi cara bagi Anda untuk menilai apakah strategi-strategi yang selama ini digunakans sesuai dengan bisnis Anda, apakah strategi marketing sudah mampu memberikan manfaat yang berarti, dan apakah strategi yang diterapkan sudah mampu membayar biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga : 8 Langkah Membuat Strategi Marketing yang Powerfull

Oleh karena itu, jadwalkanlah evaluasi akan kinerja marketing secara berkala untuk kebaikan bisnis Anda.

Itulah kelima tips membangun marketing yang benar dan baik agar bisnis Anda mampu bersaing dan bertahan di dunia bisnis sekarang ini. Tips di atas bisa Anda terapkan maupun jadikan inspirasi agar kegiatan pemasaran dalam bisnis Anda tidak lagi asal-asalan, namun mampu mempermudah Anda mencapai tujuan bisnis dan target-target bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *