Syarat Membuat NPWP Usaha Kecil yang Harus Kamu Tahu

Categories Persyaratan BisnisPosted on

up

Syarat Membuat NPWP Usaha Kecil yang Harus Kamu Tahu

syarat membuat NPWP usaha kecil

x

Opportunity-Advisor.com || Belum punya NPWP sebagai pengusaha? Sekecil apapun bisnis Anda, mulailah melengkapi administrasi. Ketahui syarat membuat npwp usaha kecil yang sebenarnya simple dan mudah.

NPWP (Nomor Peserta Wajib Pajak) merupakan salah satu administrasi yang dibutuhkan jika Anda ingin bisnis yang Anda kelola tumbuh menjadi besar.

Jika ingin mengakses proyek-proyek bisnis bernilai puluhan juta, ratusan juta hingga milyaran, Anda perlu mendirikan CV atau PT. Pesyaratan mendirikan CV atau PT membutuhkan NPWP dari pemilik bisnis.

Jadi secara tidak langsung, melengkapi administrasi seperti NPWP adalah bagian dari persiapan mengembangkan bisnis ke bentuk yang lebih besar dan mapan.

 

Kenapa Pengusaha Harus Punya NPWP? Ini Alasannya

Kenapa orang malas membuat NPWP? Salah satunya karena banyak yang tahu tentang syarat membuat npwp usaha kecil.

Baca Juga : 7 Tips Instagram Marketing untuk bisnis Anda

Anda pengusaha tapi belum punya NPWP? Ketahui manfaat penting dari NPWP. Jika Anda memang serius ingin jadi pengusaha, sejak dini harus punya NPWP sebab fungsinya sangat penting, di antaranya adalah:

  • Pengurusan SIUP

Pengurusan surat izin usaha SIUP membutuhkan persyaratan NPWP. Jika Anda ingin bisnis Anda dinyatakan legal maka harus memiliki SIUP. SIUP ini juga dibutuhkan untuk persyaratan pendirian CV dan PT.

  • Pengajuan Kredit ke Bank

Mau mengajukan pembiayaan ke bank untuk pengembangan bisnis usaha? Syaratnya NPWP.

Jadi kalau tak punya NPWP jangan harap bisa mengajukan pinjaman ke bank. Hal ini tentu tak masalah jika Anda berangan untuk membangun bisnis tanpa hutang.

  • Syarat Ikut Lelang Proyek Pemerintah

Proyek lelang pemerintah nilainya sangat besar. Puluhan juta, ratusan juta hingga milyaran.

Mau mengakses proyek tersebut harus dengan persyaratan memiliki CV atau PT. Dan untuk membuat CV atau PT tersebut dibutuhkan NPWP.

middle

syarat membuat NPWP secara online

Inilah Syarat Membuat NPWP Pengusaha Kecil

Syarat membuat NPWP disesuaikan dengan kategori wajib pajak yang membuatnya. Misalnya seorang PNS dan seorang penulis memiliki persyaratan yang berbeda dalam pembuatan NPWP. Termasuk juga jika Anda seorang pengusaha, tentu tak sama dengan seorang PNS.

Baca Juga : Wajib Tahu!! Contoh Bisnis Paling Unik Di Dunia

Syarat membuat NPWP usaha kecil cukup mudah untuk dipenuhi. Jadi, masih malas untuk mendaftar diri untuk memiliki nomor pokok wajib pajak?

Jumlah potongan pajak jangan dipikirkan sebab manfaat NPWP ini jauh lebih banyak. Potongan pajak juga tidak akan dilakukan selagi penghasilan atau pemasukan Anda memang tidak masuk rentang pajak.

Kewajiban Anda hanya lapor SPT tahunan di kantor pajak terkait. Dan kini pelaporan ini pun sudah bisa dilakukan secara online dari manapun Anda berada.

Lalu apa saja syarat membuat NPWP usaha kecil tersebut? Berikut ini beberapa berkas yang penting Anda lengkapi:

  1. E-KTP asli dan fotocopy
  2. Foto copy surat keterangan usaha yang ditandatangani lurah setempat
  3. Materai 6000
  4. Formulir wajib pajak yang bisa diperoleh di kantor pajak

 

Cara Mengurus NPWP ke Kantor Pajak Bagi Pengusaha Kecil

Bingung bagaimana sih caranya mengurus NPWP ke kantor pajak dan apa saja syarat membuat NPWP usaha kecil?

Pertama, pastikan Anda mengujungi kantor pajak sesuai dengan alamat E-KTP. Misal alamat KTP Anda Bandung maka datanglah ke kantor pajak Bandung.

Setelah sampai ke kantor pajak, Anda akan langsung dilayani dan ditanyakan pertama kali adalah pekerjaan.

Mengurus NPWP untuk kebutuhan apa? Apa pekerjaannya? Setelah mengatakan pengusaha kecil, Anda akan dimintai surat keterangan usaha.

Lalu kemudian, Anda akan diminta mengisi formulir wajib pajak lengkap juga dengan tandatangan bermaterai. Kemudian petugas akan meminta E-KTP untuk dicocokkan datanya dengan formulir.

Proses pembuatannya sangat singkat. Jika tidak antri, sekitar 15 menit NPWP Anda sudah jadi. Tapi jangan coba-coba datang ke kantor pajak yang bukan di alamat KTP, Anda tak akan dilayani dan diarahkan untuk datang ke kantor pajak sesuai KTP.

Pengajuan pembuatan KTP bisa dilakukan secara online, tetapi biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 hari untuk pengiriman kartu fisiknya. Jika Anda hanya butuh nomornya saja, cara ini cukup baik untuk dicoba.

Baca Juga : Inspirasi Bisnis yang Lagi Trend di Eropa 

Bagaimana? Mudah bukan syarat membuat NPWP usaha kecil? Selain syaratnya mudah prosesnya juga cepat. Petugas pajak juga ramah melayani calon wajib pajak. Bahkan di jam istirahat pun petugas tetap melayani calon wajib pajak.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *