Penerapan Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Contoh Sederhananya

Categories MarketingPosted on

Penerapan Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Contoh Sederhananya

Penerapan Strategi Pemasaran 4P Lengkap dengan Contoh Sederhananya

Opportunity-Advisor.com || Strategi pemasaran 4p telah dikenalkan oleh Neil Borden pada tahun 1964 silam. Menurutnya, seorang eksekutif bisnis harus mampu berperan sebagai mixer of ingredients. Lalu apa itu strategi pemasaran 4p? Dan bagaimana caranya untuk merealisasikan strategi tersebut?

Strategi pemasaran 4p ini oleh W. Y. Stanton diartikan sebagai suatu hal yang meliputi pemasaran yang bertujuan dari menentukan dan merencanakan harga hingga mempromosikan dan mendistribusikan produk agar dapat memuaskan kebutuhan konsumen secara aktual maupun potensial.

Empat p disini merupakan bauran yang berarti price (harga), product (produk), place (tempat), dan promotion (promosi).

strategi pemasaran 4p

Mengenal 4 C dalam Marketing

Sebelum melangkah ke strategi pemasaran 4p, Ir. Titik Wijayanti, MM. dalam bukunya yang berjudul Marketing Plan! Perlukah Managing Marketing Plan? menjelaskan bahwa lebih baik memahami dulu “empat c” sebelum mendalami ilmu 4p. Empat c tersebut terdiri dari:

  1. Customer cost (biaya pelanggan)

Harga yang diberikan kepada konsumen harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Baca Juga : 5 Marketplace Terbesar di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

  1. Customer solution (solusi pelanggan)

Memastikan apakah produk yang diberikan bermanfaat atau memecahkan permasalahan konsumen.

  1. Communication (komunikasi)

Adanya komunikasi antara produsen dengan konsumen mengenai produk yang diberikan.

  1. Convenience (kepuasan)

Memastikan apakah produk yang diberikan memuaskan konsumen, hal ini dilakukan agar konsumen tetap setia diantara persaingan bisnis.

 

Strategi pemasaran 4p

Setelah memahami empat c, barulah kita memasuki 4p. Strategi pemasaran 4p ini terdiri dari empat pilar utama yang perlu dilakukan pebisnis atau perusahaan guna mempengaruhi permintaan masyarakat pada produknya.

 

1. Price (harga)

Merupakan harga yang diberikan kepada konsumen, hal ini meliputi daftar harga, potongan harga, persyaratan kredit, hingga periode pembayaran.

Contoh sederhananya, ketika Anda membangun startup dan sudah siap untuk memplubikasikannya, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan aktifitas promosi.

Baca Juga : Perjalanan Sukses Ahmad Zacky dari Nol sampai Sukses

Media masa maupun media internet dapat Anda gunakan, namun demikian untuk lebih meingkatkan visibilitas usaha Anda, berikanlah potongan harga pada produk Anda. Selain lebih dilirik konsumen, mereka mendapat kesempatan untuk mencoba dan menilai produk Anda.

 

2. Promotion (promosi)

Aktivitas yang perlu dilakukan untuk membujuk konsumen membeli produk, serta mengenalkan dan menyampaikan manfaat produk. Hal ini sangat perlu dilakukan pada bisnis dan usaha baru agar lebih dikenal masyarakat. Untuk berpromosi ada dua media yang bisa digunakan, yaitu media masa dan media internet.

Media masa meliputi koran, baliho, majalah, brosur, dan lain lain. Sedangkan media internet meliputi sosial media dan website. Contohnya, Anda dapat melakukan aktivitas promosi melalui media internet dengan website. Perusahaan atau bisnis yang memiliki website lebih dipercaya konsumen, dan lebih memudahkan interaksi antara pebisnis dengan konsumen.

 

3. Place (tempat)

Aktivitas marketing tentunya membutuhkan tempat. Tempat yang dimaksud digunakan untuk berpromosi dan berproduksi. Selain itu, poin ini meliputi saluran distribusi, persediaan, lokasi, transportasi, maupun logistik.

Contoh tempat untuk berpromosi bisa Anda lakukan di tempat yang sekiranya memiiki banyak permintaan pada produk Anda. Daerah dataran tinggi dan wisata pegunungan membutuhkan pakaian yang hangat. Oleh karena itu, pebisnis jaket dan pakaian khusus gunung disarankan melakukan aktivitas berpromosi disini.

Saat ini tempat untuk berpromosi bisa dilakukan secara nyata maupun virtual. Dengan website perusahaan Anda tidak perlu menyediakan tempat untuk memajang produk Anda, yang perlu Anda lakukan adalah memotret produk dan mengunggahnya di website, serta memberikan penjelasan yang detail teradap produk tersebut.

 

4. Product (produk)

Merupakan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan pada pasar, poin ini meliputi nama dagang, ragam, kualitas, desain, dan kemasan. Iniah yang menjadi kunci utama dalam strategi pemasaran 4p, karena poin ini bersifat lebih penting dari poin lainnya.

Pada sebuah produk, Anda harus memberikan kualitas yang baik agar konsumen puas terhadap produk Anda. Konsumen yang puas menghasilkan irama untuk terus memilih produk kita apabila sudah habis, atau diperlukan lagi. Produk yang kualitas juga mampu menghadapi persaingan pasar yang terjadi.

Baca Juga : Cara Mudah Membangun Startup dari Nol

Itulah uraian singkat tentang pemasaran 4p, strategi ini telah dicetuskan agar pebisnis dan pengusaha mampu mengembangkan produknya dan berhasil dalam segi pemasaran. Program pemasaran efektif adalah pemasaran yang mampu menyatukan empat elemen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *