Mengetahui Pentingnya Akuntan Publik dalam Sebuah Usaha

Categories StartupPosted on

Mengetahui Pentingnya Akuntan Publik dalam Sebuah Usaha

pentingnya akuntan publik dalam usaha

Opportunity-Advisor.com || Untuk Anda yang mempunyai usaha besar atau bisnis yang mengharuskan untuk mempekerjakan banyak orang demi lancarnya bisnis, jangan lupa sertakan seorang akuntan publik dalam list pekerja Anda.

Apakah sangat penting adanya akuntan publik untuk sebuah bisnis?

Jawabannya sangat penting! Dalam menjalankan bisnis, Anda mempekerjakan seorang manager atau penanggungjawab yang mengatur semua jalannya bisnis tersebut. Lalu terbesitkah di pikiran Anda untuk tidak sepenuhnya mempercayakan segala sesuatu kepada manager?

Meskipun tidak semuanya, tetapi Anda perlu menghindari segala sesuatu yang akan merugikan bisnis Anda. Seorang manager bisa saja memperalat atau mengubah data akuntansi sebuah bisnis untuk keperluan pribadi, meskipun tidak semuanya.

Pentingnya Akuntan Publik Dalam Usaha

Karena pentingnya suatu kenetralan dalam pembukuan usaha, diperlukan agen yang menjembatani kegiatan bisnis dengan segala keuangan yang diperlukan.

Baca Juga : Pedoman Dalam Membuat Sales Plan

Untuk mengantisipasi hal itu terjadi, Anda perlu mempekerjakan seorang akuntan publik. Pentingnya akuntan publik dalam usaha ini akan kami urai dalam artikel berikut ini.

Fungsi Akuntansi dalam Usaha atau Bisnis

Akuntansi mengambil peran untuk mencatat segala keuangan yang sifatnya berkelanjutan dalam sebuah usaha. Informasi tersebut bisa berupa arus kas, biaya operasioanl, gaji karyawan, pengeluaran untuk modal, sumbangan, investasi, dan utilitas. Informasi tersebut harus dibuat dan dicek tiap bulannya.

akuntan publik

Catatan dan informasi tersebut nantinya digunakan sebagai catatan keuangan usaha yang berguna untuk gambaran kondisi dan kesejahteraan finansial suatu usaha.

Inilah mengapa pentingnya akuntan publik dalam usaha.

Pada beberapa perusahaan mempekerjakan akuntan publik dengan 2 pekerjaan yang berbeda, yaitu pengatur akuntansi manajemen dan pengatur akuntansi keungan.

Perbedaannya adalah akuntansi manajemen mengatur catatan internal yang berfokus ke depan. Sedangkan akuntansi keuangan mengatur catatan eksternal yang berfokus ke belakang. Keduanya mengatur arus data yang sama.

Pekerjaan Akuntan Publik

Seorang akuntan publik akan mengatur informasi berikut ini:

  • Utang perusahaan (accounts payable)
  • Piutang dagang (accounts receivables)
  • Harga tetap (fixed asset)
  • Buku besar (general ledger)
  • Rekonsilasi bank (bank reconcilation)
  • Gaji karyawan (payroll)
  • Ketersediaan barang (inventory)

Selain mengatur beberapa informasi tersebut, seorang akuntan publik akan membuat laporan keuangan yang berisi: laporan manajemen, laporan neraca, laporan arus kas, laporan rugi-laba, laporan keuangan, analisis keuangan, anggaran, dan pembuatan sistem akuntansi.

Selaku pemilik bisnis pentingnya akuntan publik dalam usaha harus benar-benar Anda pahami sejak hari pertama menjalankan bisnis.

Mengapa?

Rupanya banyak sekali contoh kasus yang terjadi dikarenakan pemilik bisnis tidak mempekerjakan seorang akuntan publik dari awal bisnis berjalan.

Jangan sampai Anda menemui kesulitan dalam keuangan baru kemudian mengerti pentingnya akuntan publik dalam usaha. Keterlambatan memahami hal ini mendatangkan beberapa masalah yang akan dibahas berikut ini.

Tidak adanya seorang akuntan publik, laporan keuangan dikerjakan oleh siapa pun yang memiliki waktu luang, yang mana kurang mengerti dasar-dasar ilmu akuntansi.

Kemudian laporan keuangan yang telah dibuat acak-acakan atau bahkan tidak akurat. Petugas pajak datang untuk memeriksa keuangan bisnis. Beruntung kalau bisnis Anda sudah mempunyai laporan keuangan yang meskipun itu bersifat amburadul.

Tetapi bagaimana kalau bisnis Anda sama sekali belum mempunyai laporan keuangan? Dengan gelagapan Anda harus membuatnya, yang bisa saja terjadi kesalahan dalam menulis untung dan rugi perusahaan. Hal ini akan menghadirkan malapetaka nantinya dalam sistem perpajakan.

Tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Hal-hal tersbut memang benar pernah terjadi di beberapa perusahaan. Oleh karena itu, Anda janganlah menbgulang kesalahan mereka.

Sebagai pemilik perusahaan atau bisnis jangan sampai Anda kebingungan menentukan harga-harga terkait jalannya bisnis tersebut. Adanya akuntan publik dapat membantu Anda menghindari transaksi keuangan yang acak-acakan, menetapkan harga produk yang dipertanggungjawabkan mahal atau murahnya produk tersebut.

Baca Juga : Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Terbukti Efektif

Dengan memahami pentingnya akuntan publik dalam usaha, Anda tak perlu khawatir akan data keuangan yang tidak kaurat, yangmana malah merugikan keuangan Anda sendiri. Akuntan publik juga membantu Anda membuat keputusan pada keuangan bisnis Anda.

Kehadiran dan saran mereka akan membantu Anda, terutama dalam catatan keuangan. Mereka mengutamakan kenetralan dalam mencatat segala informasi keuangan, pastinya hal ini telah diatur oleh kementerian Keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *