Mengetahui Manfaat Dalam Perencanaan SDM

Categories StartupPosted on

up

Mengetahui Manfaat Dalam Perencanaan SDM

manfaat perencanaan SDM

x

Opportunity-Advisor.com || Dalam menjalankan suatu organisasi, entah itu bisnis maupun bukan, keberadaan sumber daya manusia sama pentingnya dengan faktor bangunan dan biaya produksi.

SDM menjadi point penting dalam kesuksesan suatu organisasi. Sehebat dan sebesar apa pun perusahaan bila tidak memiliki SDM yang baik dan kompeten maka perusahaan tidak akan mampu bertahan lama.

Maka dari itu, penting sekali bagi organisasi atau perusahaan membuat perencanaan SDM.

Manfaat Perencanaan SDM Untuk Organisasi Atau Perusahaan

Perencanaan SDM pada tubuh organisasi maupun perusahaan sengaja dilakukan oleh pejabat yang berwenang seperti staf manajemen. Perencanaan SDM ini bertujuan untuk memperkirakan atau menghitung apa saja yang menjadi kebutuhan dari organisasi atau perusahaan di masa mendatang.

Berikut ini beberapa manfaat perencanaan SDM:

Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Dari Penggunaan SDM

Mengetahui Manfaat Dalam Perencanaan SDM

Setiap organisasi atau perusahaan memiliki wewenang untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh karyawan. Proses evaluasi ini akhirnya akan menghasilkan banyak keputusan, termasuk penurunan jabatan atau pelepasan karyawan yang dinilai tidak cakap.

Baca Juga : Trik Ampuh dalam Perencanaan SDM Dalam Perusahaan

Tujuannya untuk menempatkan karyawan yang dibutuhkan mengisi tempat seharusnya sehingga tidak akan ada kesalahan posisi penempatan jabatan atau penyalahgunaan jabatan oleh karyawan.

Manfaat perencanaan SDM dirasakan ketika perusahaan bisa mencapai tujuannya lebih cepat dan lebih optimal.

Meningkatkan Penghematan Biaya

Pengeluaran dan pendapatan perusahaan harus stabil, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan yang masuk sehingga perusahaan megalami masalah keuangan yang super serius.

Ketika hendak merekrut pegawai yang baru, ada baikya jika perusahaan terlebih dahulu melakukan penghentian jabatan pada sejumlah posisi dan menaikan jabatan beberapa karyawan supaya tidak terlalu banyak sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.

middle

Kondisi ini akan berdampak positif dalam sektor gaji, perusahaan jadi bisa melakukan penghematan.

Meningkatkan Perilaku Proaktif

Dengan membuat perencanaan SDM membuat karyawan perusahaan menjadi jauh lebih proaktif karena para karyawan akan mengerjakan bagian kerjanya semaksimal mungkin agar tidak diganti atau bahkan memperoleh jabatan yang lebih tinggi.

Kondisi ini bisa memicu timbulnya persaingan yang sehat, sehingga perusahaan pun tidak terganggu karena semua karyawan melakukan tugasnya sesuai porsinya.

Memastikan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kompeten

Saat ini perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan kualifikasi tinggi bagi para calon tenaga kerja. Hal ini merupakan bukti dari dijalankannya perencanaan SDM.

Ketika merekrut karyawan, perusahaan tidak akan main-main menunjuk orang yang tidak kompeten. Maka dari itu, sistem rekrut karyawan cukup panjang dan berliku, tidak hanya selesai ketika berhasil melakukan tes psikotes atau interview pertama.

Baca Juga : Tips Dalam Memilih Karyawan yang Baik dan Benar

Perusahaan percaya jika karyawan yang kompeten bisa membawa dampak positif bagi kemajuan perusahaan sehingga bisa mencapai tujuan bersama. Hal ini juga dibutuhkan oleh manajemen agar dapat mengenali bagaimana karakter karyawannya.

Meningkatkan Koordinasi Di Antara SDM

Manfaat perencanaan SDM lainnya adalah membantu perusahaan untuk meningkatkan koordinasi di antara sumber daya manusia.

Setidaknya tiap-tiap atasan, terutama yang  menjabat sebagai supervisor bisa mengenal pegawainya dan termasuk pegawai dari divisi lainnya, hal ini akan mempermudah koordinasi di antara divisi sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai dengan lebih maksimal tanpa ada salah informasi di antara divisi.

Walaupun terlihat sederhana, hal ini baik untuk menjaga kedekatan dan kekerabatan antar karyawan dalam suatu perusahaan supaya tidak terjadi salah informasi ke depannya.

Menciptakan Suasana Hangat Penuh Kebersamaan

Manfaat perencanaan SDM yang terakhir ini mungkin agak sulit untuk diaplikasikan pada dunia kerja. Karena hakikatnya dalam satu perusahaan itu terdiri dari banyak kepala yang memiliki pola pikir yang berbeda.

Kematangan emosi, sikap serta nilai-nilai diperlukan untuk merealisasikan perencanaan SDM ini tanpa hambatan. Semua karyawan harus memiliki toleransi yang tinggi agar lingkungan kerja selalu hangat dan akrab.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Karyawan

Dan jika pun ada masalah dengan sesama teman kantor, melalui perencanaan SDM, karyawan diwajibkan untuk menjaga kelakuannya, permasalahan pribadi tidak bisa dihubungkan dengan permasalahan kerja.

Itulah sejumlah manfaat perencanaan SDM, Anda yang tertarik untuk membuat organisasi maupun perusahaan, dianjurkan untuk memahami seluruh manfaat yang dijelaskan di atas, supaya pemahamannya tidak menyimpang.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *