Mengetahui Bagian Dasar Dalam sebuah Bisnis

Categories StartupPosted on

Mengetahui Bagian Dasar Dalam sebuah Bisnis

Mengetahui Bagian Dasar Dalam sebuah Bisnis

Opportunity-Advisor.com || Banyak orang yang mengatakan bahwa jika ingin menjadi seorang entrepreneur, maka harus berani mengambil resiko dan belajar langsung di lapangan. Tidak perlu terlalu banyak berpikir dan berencana, dan langsung terjun.

Sebenarnya perkataan tersebut tidaklah salah, namun yang perlu diketahui ialah, menjadi seorang entrepreneur memiliki resiko secara finansial yang jauh lebih tinggi dibandingkan masyarakat normal lainnya, dan hal inilah yang seharusnya menjadi bahan pertimbangan bagi para entrepreneur baru.

Seorang entrepreneur memang dituntut untuk berani mengambil resiko, khususnya bagi para entrepreneur baru. Namun, bukankah akan jauh lebih baik jika melakukan perencanaan yang matang serta mengetahui bagian dasar dalam sebuah bisnis agar resiko tersebut dapat berkurang?

Baca Juga : Cara Memastikan Kepuasan Pelanggan yang Terbukti Akurat

Ya, bagaimanapun kita harus mengetahui bagian dasar dalam sebuah bisnis dan membuat strategi plan agar kedepan kita lebih mudah dalam mengontrolnya.

 

Unsur Penting dan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Di dalam bagian dasar sebuah bisnis, terdapat enam bagian yang harus diketahui oleh seorang entrepreneur baru, yaitu:

  1. Menciptakan sebuah produk yang sekiranya dibutuhkan oleh orang lain.
  2. Produk yang dimana bukan hanya dibutuhkan, tetapi juga diinginkan oleh orang lain.
  3. Produk dengan harga yang terjangkau sehingga orang lain dapat membelinya dengan mudah.
  4. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan
  5. Dapat menghasilkan keuntungan berkelanjutan
  6. Ciptakan sistem delegasi DSM agar suatu bisnis dapat berjalan dengan lancar dan memperluas

 

Apapun bentuk bisnis yang ingin anda bangun dan ciptakan, keenam aspek ini tidak akan pernah bisa hilang dan tentunya akan selalu terjadi.

 

Mengetahui Hexagonal Entrepreneurship Aspects

Sebenarnya memahami bagian dasar dalam sebuah bisnis bukanlah hal yang sulit. Selain itu, terdapat pula yang dikatakan sebagai hexagonal entrepreneurship aspects yang perlu diketahui dan dikuasai oleh setiap entrepreneurship baru, yaitu:

Bagian Dasar Dalam Sebuah Bisnis

  1. Value Creation, yaitu menemukan dan menentukan hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan dan mulai membuat produk dan jasa sesuai dengan hal-hal tersebut.
  2. Marketing, yaitu menyusun strategi mengenai bagaimana produk dan jasa yang telah kita ciptakan dalam lebih dikenal oleh masyarakat dan membuat mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa kita.
  3. Sales, ketika pelanggan yang pada awalnya hanya tertarik (prospective customer) menjadi pelanggan yang ingin membeli produk kita dan melakukan transaksi (paying customer).
  4. Value Delivery, ketika terdapat pelanggan yang telah bersedia membeli produk atau jasa yang kita tawarkan dan telah melakukan transaksi, maka kita juga harus memastikan bahwa pelanggan tersebut merasa puas dan ingin melakukan transaksi selanjutnya, atau dalam arti lain, ia akan menjadi pelanggan setia kita.
  5. Finance, ketika sebuah bisnis telah berjalan dan melakukan transaksi, maka seorang entrepreneur wajib pintar dalam mengelola dan mengatur keuangan agar dapat terjadinya perputaran uang dan bisnis bisa kembali berjalan secara kontinu.
  6. HR & Staffing, sebuah bisnis yang tengah berjalan dan berkembang, maka diperlukannya orang-orang yang dapat membantu berjalannya bisnis tersebut, yang tentunya disesuaikan dengan bidang dan keahlian masing-masing. Seorang entrepreneur sukses tentu tidak bekerja sendiri. Selalu ada orang-orang yang membantu mereka agar sebuah bisnis dapat terus berjalan dan berkembang.

Hexagonal entrepreneurship aspects ini harus dipelajari dan dipahami oleh setiap entrepreneur baru guna kelancaran bisnis yang tengah mereka jalani.

Memang benar bahwa seorang entrepreneur harus siap dalam menghadapi resiko serta kegagalan, tetapi, tentu akan jauh lebih baik jika direncanakan secara matang agar kemungkinan terjadinya resiko dan kegagalan tersebut menjadi kecil bukan?

Namun terlalu banyak belajar mengenai teori dasarnya saja juga tidak baik, cukup gunakan satu pegangan dan lakukan improvisasi dengan melihat trail & eror yang sudah anda jalankan.

Baca Juga : 7 Tips Membangun UMKM untuk Pemula

Satu yang bisa kita lihat dengan melihat rahasia sukses dibalik orang-orang besar, umumnya mereka memiliki formula sendiri yang tidak sama dengan pembisnis lain. Jadi, jalan menuju kesuksesan itu ada banyak, ketahui sedikit informasi dan lakukan sesuai dengan jalan anda sendiri.

Nah, ini dia bagian-bagian dasar dalam menjalani sebuah bisnis yang dapat anda pelajari dan pahami sebelum memulai menciptakan suatu bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *