Mengenal Network Marketing dan Penerapannya

Categories MarketingPosted on

Mengenal Network Marketing dan Penerapannya

Mengenal Network Marketing dan Penerapannya

Opportunity-Advisor.com || Apakah Anda pernah mendengar bisnis network marketing? Network Marketing ialah salah satu jenis bisnis di mana tenaga penjual mendapatkan keuntungan ataupun komisi.

Komisi yang didapat bukan hanya untuk  atau berasal dari penjualan produk secara pribadi, akan tetapi juga untuk penjualan pada tenaga lain yang diajak untuk bergabung ke dalam bisnis, sehingga akan menciptakan tingkatan baru (downline) dengan berbagai tingkat kompensasi.

 

Network Marketing : Siapa Saja Bisa Sukses

Bisnis network marketing atau biasa dikenal dengan Multi Level Marketing (MLM) sudah mulai merambah pasar Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Adapun model bisnis ini banyak digeluti para pelaku bisnis, mulai dari pemula hingga pebisnis handal.

MLM banyak ditekuni karena memberi janji dan peluang sukses yang merata bagi siapa saja. MLM dikatakan sebagai bisnis yang tak memandang gender, umur, latar belakang pendidikan, latar belakang pengalaman, dan lainnya.

Bisnis ini memiliki prinsip, asal mau berusaha dan konsisten, siapa saja bisa menjadi jutawan sukses. Kendati demkian, banyak masyarakat ataupun para pelaku bisnis yang pernah berkecimpung beranggapan bahwa bisnis MLM tidak mempunyai masa depan.

Mengapa demikian?

Langkah Salah dalam Berbisnis MLM

tips network marketing sukses

Walaupun sudah banyak memproduksi orang-orang sukses dalam berbisnis MLM, akan tetapi masih banyak juga stigma buruk mengenai bisnis ini. Banyak orang beranggapan bahwa bisnis MLM tidak mempunyai masa depan.

Baca Juga : Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Tidak hanya orang awam yang beranggapan demikian, orang yang sebelumnya pernah berbisnis MLM sering berkata demikian. Mengapa? Simak beberapa langkah yang salah dalam berbisnis MLM berikut ini.

 

  • Kurang Mendalami Marketing Plan

Kebanyakan orang tertarik untuk menggeluti MLM karena iming-iming maupun janji yang ditawarkan oleh para upline. Tanpa pembekalan wawasan yang memadai, para downline secara impulsif bersedia untuk menjadi mitra bisnis MLM.

Bagi orang-orang yang hanya tergiur dengan keuntungan yang dijanjikan bisa mejadi langkah yang mematikan. Tanpa adanya wawasan memadai mengenai dasar-dasar marketing dan marketing plan, tentunya sulit untuk bertahan dan sukses. Hal ini disebabkan hanya berkeinginan untuk kaya secara instan, bukan menggeluti karir sebagaimana adanya.

 

  • Tidak Menguasai Produk yang Dijual

Jika sejak awal berbisnis MLM dijalankan hanya demi keuntungan besar ataupun keinginan cepat kaya saja, maka akan sulit untuk bertahan. Menguasai produk yang hendak dipasarkan adalah sangat penting.

Tidak mungkin Anda mampu meyakinkan pembeli untuk mengambil barang Anda jika Anda tak mampu menjelaskan produk secara baik. Maka, jika Anda mengharapkan marketing yang Anda lakukan berhasil, kuasai dan pelajarilah produk yang Anda jual.

 

  • Memaksa untuk Join

Salah satu stigma negatif akan bisnis MLM lahir dari langkah salah yang satu ini. Banyak pelaku bisnis MLM tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan sehingga menghalalkan segala cara untuk memperolehnya. Salah satunya dengan memaksa orang lain untuk masuk ke dalam jaringan bisnisnya.

Pelaku bisnis MLM banyak yang tidak secara jujur dan detail menjelaskan cara kerja bisnis ini. Akibatnya, para downline yang terlanjur bergabung buta dan tidak tahu arah serta sering merasa dibohongi karena hanya dijanjikan hal-hal baik saja di awal.

 

Tips Network Marketing Sukses

Berbisnis network marketing tidaklah buruk jika mampu dijalankan dengan hati-hati dan penuh kesabaran. Fokuskanlah tindakan bisnis Anda hanya untuk mencapai tujuan perusahaan dan ikuti tips network marketing sukses yang akan kami hadirkan ini.

Baca Juga : Tips Membuat Strategi Marketing yang Powerfull

Jangan sekadar menjalankan bisnis untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya tanpa strategi yang cerdas. Bagi Anda yang ingin berhasil berbisnis MLM, simak tips network marketing berikut ini.

 

  • Mengikuti Sistem yang Baik dan Benar

Setiap entitas MLM manapun tentunya memiliki sistem khusus yang harus dijalankan oleh para mitranya. Agar mampu meraih sukses dengan cara yang benar, Anda wajib menjalankan sistem yang telah ditetapkan oleh perusahaan secara baik dan benar.

Banyak pebisnis MLM yang tak sabar dan melenceng dari sistem yang telah dirancang agar sukses dengan instan. Cara tersebut memang menggiurkan namun akan semakin menjauhkan dengan target kesuksesan.

 

  • Ikuti Event dari Perusahaan

Tips network marketing sukses berikutnya ialah ikutilah berbagai event dan kegiatan yang diadakan oleh perusahaan. Dengan rajin mengikuti berbagai kegiatan dari perusahaan, seperti seminar, training, dan lainnya akan membawa manfaat besar.

Mengikuti berbagai event tersebut akan menambah pengetahuan Anda mengenai product knowledge, teknik presentasi, system knowledge, dan lainnya. Selain itu, Anda juga akan bertemu orang banyak dan menambah relasi untuk saling sharing dan berbagi ilmu untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

  • Lakukan Teknik Online Marketing

Kunci sukses dari bisnis ini ialah mampu menjaring dan membangun networking seluas-luasnya. Teknik online marketing bisa Anda tempuh untuk meraih kesuksesan.

Tidak bisa dipungkiri, teknik online sudah sangat menjamur dan dianggap sangat efektif untuk marketing. Anda bisa secara mudah menjangkau downline maupun pelanggan melalui media online, seperti social media maupun website.

Baca Juga : Tips Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Secara Online

Nah, kini Anda sudah paham mengenai bisnis network marketing bukan? Sebelum memutuskan untuk berkecimpung dalam bisnis ini, Anda harus memahami risiko serta bagaimana langkah yang harus dihindari. Selain itu, tips network marketing sukses yang diulas di atas bisa Anda jadikan inspirasi agar sukses berbisnis ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *