Mau Ekspansi? Begini Cara Memastikan Kepuasan Pelanggan

Categories StartupPosted on

up

Mau Ekspansi? Begini Cara Memastikan Kepuasan Pelanggan

Customer satisfaction survey on a sky background

x

Opportunity-Advisor.com || Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang paling penting di dalam kelancaran sebuah bisnis, seperti sebuah pepatah yang mengungkapkan bahwa ‘Pelanggan adalah Raja’. Tentu saja pepatan tersebut tidak muncul dengan sendirinya.

Tanpa pelanggan, maka tidak akan ada transaksi. Dan tanpa adanya transaksi, sebuah bisnis tidak akan pernah bisa berjalan dan berkembang.

Dengan melihat begitu pentingnya hal tersebut, maka kami menghadirkan sebuah topik yaitu cara memastikan kepuasan pelanggan.

Biasanya, ketika seorang pelanggan telah merasa puas pada saat ia pertama kali menggunakan produk atau jasa, maka ia akan kembali menggunakan produk atau jasa tersebut untuk kedua atau ketiga kalinya atau bahkan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal inilah yang membuat kepuasan pelanggan untuk pertama kalinya sangatlah penting, karena antara kepuasan dan loyalitas saling berhubungan di dalam satu garis yang sama.

Namun sayangnya, ilmu Ekonomi bukanlah sebuah ilmu pasti. Perubahan itu pasti akan ada seiring dengan berkembangan zaman.

Baca Juga : 7 Tips Membangun UMKM untuk Pemula

Ketika mengembangkan sebuah bisnis, pernahkan anda merasa bahwa anda sudah memberikan yang terbaik bagi pelanggan dan mengutamakan kepuasan mereka, tetapi kenapa pelanggan tersebut belum loyal terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan?

Apakah ada yang salah?

Banya sekali faktor-faktor yang dapat dilihat, seperti salah satunya yaitu yang dikarenakan kesalahan dalam mengukur rasa kepuasan pelanggan itu sendiri.

Anda sebagai seorang pebisnis mungkin memiliki persepsi yang berbeda dengan pelanggan yang menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Dan anda tentu tidak bisa mempertahankan persepsi itu sendiri, melainkan harus disesuaikan dengan standar yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan.

Di dalam sebuah bisnis, melakukan ekspansi merupakan suatu hal yang wajar. Mungkin dikarenakan banyaknya pelanggan yang menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Maka akan lebih baik dan menguntungkan jika bisnis yang anda miliki melakukan ekspansi di wilayah lain sehingga bukan hanya menarik semakin banyak pelanggan, namun juga sekaligus mempromosikan dan memasarkan produk anda agar semakin banyak orang yang tahu.

middle

Tentu saja hal ini merupakan awal yang sangat baik bagi bisnis anda untuk lebih cepat berkembang. Ingin tehu lebih jauh mengenai cara memastikan kepuasan pelanggan? yuk scroll kebawah.

Cara Memastikan Kepuasan Pelanggan

Namun, melakukan ekspansi tentu juga memerlukan berbagai bentuk pertimbangan, salah satunya yaitu dalam memastikan kepuasan pelanggan. Nah, jadi bagaimana sih cara memastikan kepuasan pelanggan agar pelanggan tetap loyal kepada produk dan jasa yang kita tawarkan?

Begini Cara Memastikan Kepuasan Pelanggan

1. Membangun Sistem dalam Memberikan Keluhan dan Saran

Sistem dalam memberikan keluhan dan saran sangatlah penting dalam memastikan kepuasan pelanggan. Bukan hanya dalam menangani keluhan saja, namun sistem ini juga sangat dibutuhkan agar bisnis anda dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Jangan pernah mengabaikan keluhan dan saran yang diberikan oleh pelanggan, karena hal itulah yang akan menentukan keberhasilan dalam bisnis yang tengah anda bangun.

 

2. Mengadakan survey kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan tidak hanya bisa diukur dengan sistem keluhan dan saran saja, tetapi juga dengan melakukan survey yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan itu sendiri. Maka dari itu, cara memastikan kepuasan pelanggan yang kedua adalah melakukan survey.

Banyak sekali yang dapat dilakukan dalam melakukan sebuah survey, seperti memberikan kuesioner secara langsung kepada pelanggan yang datang, atau mengirimkannya lewat email, serta menghubungi kontak pelanggan secara acak untuk memastikan bahwa pelanggan telah merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan.

Namun terkadang, survey ini juga tidak dapat dikatakan efektif jika melihat bahwa para pelanggan memiliki begitu banyak latar belakang yang berbeda-beda, sehingga belum tentu mereka bisa meluangkan waktunya dalam mengisi survey.

 

3. Melakukan Analisa

Ketika anda merasa bahwa pelanggan yang pernah membeli produk atau jasa yang anda tawarkan tidak pernah melakukan transaksi kembali, maka anda dapat menghubungi pelanggan tersebut secara langsung untuk mengetahui apa kira-kira yang menyebabkan mereka tidak kembali menggunakan produk atau jasa dari anda.

Apakah karena harga yang terlalu tinggi, kecacatan dan kekurangan dalam produk, atau justru dari pelayanannya itu sendiri yang kurang baik.

Baca Juga : Tips Membangun Marketing Yang Baik Untuk Sebuah Bisnis

Faktor-faktor tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi yang harus diperbaiki agar anda dapat meningkatkannya menjadi lebih baik lagi sehingga kesalahan yang sama tidak akan terjadi untuk kedua kalinya.

Kini anda sudah tahu bagaimana cara memastikan kepuasan pelanggan agar ekspansi yang kita lakukan tidak sia-sia dan mendapatkan hasil. Sudah siap untuk menerapkannya?

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *