Makanan yang Cocok Dijual Saat Bazar Sekolah

Categories Peluang BisnisPosted on

Makanan yang Cocok Dijual Saat Bazar Sekolah

makanan yang cocok dijual saat bazar sekolah.

Opportunity-Advisor.com || Bingung memikirkan jenis makanan yang cocok dijual saat bazar sekolah? Para orangtua atau pebisnis di sekolah, simak uraian berikut ini.

Bagi para orangtua yang memiliki anak bersekolah di tingkat Sekolah Dasar terutama swasata tentunya pernah mendengar istilah market day. Hari dimana anak-anak diminta berjualan di sekolah dengan produk yang dibuat sendiri.

Pembelinya adalah seluruh warga sekolah. Jika dalam kondisi ini, tentunya orangtua harus memikirkan apa sih jenis makanan yang cocok dijual pada saat acara bazar market day tersebut.

Atau para penjaga kantin, atau juga para guru yang ingin menjual makanan di sekolah, tentunya juga harus tahu apa jenis makanan yang paling cocok dijual saat bazar sekolah. Baik sekolah untuk SD, SMP hingga SMA.

Pasar anak sekolah tidak sama dengan pasar penjualan umum. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar makanan tersebut terjual laris.

 

Syarat Makanan yang Cocok Dijual Saat Bazar Sekolah

Sebelum mengetahui jenis makanan yang cocok untuk dijual di sekolah, perlu juga Anda tahu bagaimana syarat makanan yang bakal laris manis di kantin atau event bazar sekolah, di antaranya adalah:

Syarat Makanan yang Cocok Dijual Saat Bazar Sekolah

  • Harga Terjangkau

Karena uang saku anak sekolah terbatas jumlahnya, maka jenis makanan yang paling murah yang akan diminati.

Baca Juga : Ternyata ini Makanan yang Banyak diminati Anak Muda

Perhatikan level sekolahnya, jika anak SD standarnya lebih kecil, jika anak SMA sudah sedikit sama dengan harga-harga jajanan mahasiswa.

  • Sehat Secara Komposisi

Beberapa sekolah yang mengelola kantin dengan baik biasanya memberikan syarat kesehatan jenis makanan yang dijual. Karena setiap hari bakal dikonsumsi anak-anak maka makanan yang sehat sangat dibutuhkan di sekolah.

  • Makanan Ringan atau Setengah Berat

Jenis makanan yang cocok dijual saat bazar sekolah adalah makanan ringan seperti jajanan. Jika ingin yang sedikit mengenyangkan, bisa dipilih jenis makanan setengah berat alias bukan nasi.

  • Penampilan Menarik

Anak sekolah terutama anak di usia SD memilih makanan lebih kepada daya tarik makanan tersebut.

Penampilan makanan sering jadi tolak ukur. Sayangnya banyak pedagang yang akhirnya memilih zat aditif untuk membuat tampilan makanannya menarik.

Jika ingin menggunakan pewarna, maka pilih pewarna alami yang sehat. Misalnya hijau dari pandan, pink dari buah naga, ungu dari ubi rambat dan sebagianya.

 

Jenis Makanan yang Cocok Dijual Saat Acara Bazar di Sekolah

Mau ikut event bazaar di sekolah? Baik orangtua, anak sekolah, guru maupun pedagang kantin, berikut ini beberapa referensi jenis makanan yang cocok dijual saat bazar sekolah:

Makanan yang Cocok Dijual Saat Bazar Sekolah

1. Kue Basah

Kue ringan yang terbuat dari tepung seperti bakwan atau bahan lain seperti pisang, ubi dan sejenisnya cukup dibutuhkan anak sekolah untuk mengganjal rasa lapar.

Baca Juga : Kamu Harus Tahu Usaha Makanan Paling Laris Saat ini

Karena harganya yang murah, biasanya ukuran yang dijual di sekolah-sekolah juga lebih kecil dari ukuran standar.

2. Olahan Daging

Sosis, nugget atau olahan daging lainnya juga diminati anak sekolah. Karena harganya yang murah, maka penjual harus mensiasati ukurannya. Biasanya sosis yang panjang dibagi dua agar lebih mengcover harga yang murah.

3. Makanan Setengah Berat

Jenis makanan yang cocok dijual saat bazar selanjutnya adalah makanan setengah berat.

Di sekolah biasanya diminati jenis makanan setengah berat seperti aneka lontong, soto, bakso dan sejenisnya. Jika ingin menjual sesuaikan ukuran dengan harga yang ditawarkan.

4. Aneka Kripik dan Krupuk

Kripik dan krupuk bisa jadi cemilan anak sekolah yang ingin bersantai duduk bersama teman-temannya. Anda bisa menjual aneka jenis kripik seperti ubi, pisang, tepung, dan sebagainya.

5. Makanan Berkarakter

Ini khusus jika Anda ingin buka bazar di sekolah tingkat SD. Anak-anak menyukai jenis makanan yang memiliki karakter tokoh animasi, kartun dan sebagainya.

Misalnya Anda tak bisa membuat produk makanan khusus dengan karakter animasi, bisa dengan menambahkan stiker animasi karakter kartun pada bungkus makanan yang dijual. Ini akan memberikan daya tarik anak-anak untuk membelinya.

Pada prinsipnya, apapun jenis makanan yang akan dijual di bazar akan cukup prospek jika memenuhi beberapa syarat yang dibahas sebelumnya.

Baca Juga : Inilah Jajanan Paling Laris di Kantin Sekolah

Soal harga sangat berpengaruh. Harga harus semurah mungkin. Jika ingin menyesuaikan dengan jumlah modal, bermainlah di ukuran makanan bukan di harga.

Beberapa contoh makanan di atas merupakan jenis makanan yang cocok dijual saat bazar sekolah. Potensi untuk lakunya lebih tinggi. Jangan jual makanan mahal di sekolah, akan sangat sulit laku apalagi untung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *