Fakta Menarik Perjalanan Sukses Ahmad Zacky CEO & Founder Bukalapak

Categories Bisnis OnlinePosted on

up

Fakta Menarik Perjalanan Sukses Ahmad Zacky CEO & Founder Bukalapak

pendiri situs bukalapak

x

Opportunity-Advisor.com || Kamu belum kenal siapa Ahmad Zacky, CEO Bukalapak? Salah satu anak bangsa yang telah mengharumkan nama Indonesia di ajang penghargaan perusahaan E-Commerce Asia Fasifik.

Barangkali kamu sudah tidak asing lagi dengan marketplace Bukalapak.com, tapi tahukah kamu bagaimana kisah inspiratif seorang Ahmad Zacky sang CEO mendirikan perusahaan tersebut dari nol?

Yesss, dari NOL !!

Tak ada bisnis sukses yang diraih dengan mudah, semuanya dengan kerja keras pendirinya, bahkan tak jarang harus berdarah-darah sebelum akhirnya dikenal orang. Berikut ini beberapa kisah perjalanan sukses pria jebolan Institute Teknologi Bandung tersebut.

 

Ketertarikan Sejak Kecil Seorang Ahmad Zacky. CEO Bukalapak di Dunia Komputer

Ahmad Zacky, CEO Bukalapak

Ahmad Zacky lahir di Kota Sragen pada 24 Agustus 1986. Sejak bangku Sekolah Dasar, Zacky sudah mulai akrab dan memiliki ketertarikan di bidang komputer.

Pada tahun 1997, ia mendapatkan hadiah komputer dan buku-buku pemrograman dari pamannya. Dari sinilah bakatnya terus berkembang.

Untuk anak seusianya, Zacky bisa dibilang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Ia sudah memiliki kemampuan pengetahuan komputer yang cukup bagus, di saat anak-anak lain sibuk bermain.

Baca Juga : Cara Membangun Perusahaan dari NOL Seperti Ahamd Zacky

Bakat Zacky di usia SMP sudah mulai terlihat, lalu ia pun melanjutkan study ke SMA. Di SMA ini bakatnya mulai membuahkan prestasi. Zacky mewakili sekolahnya SMA N 1 Solo berhasil memenangkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer.

Mengetahui bakatnya di bidang komputer yang gemilang, Ahmad Zacky, CEO Bukalapak pun melanjutkan study ke Institute Teknologi Bandung jurusan Teknik Informatika.

Dan di bangku kuliah ini, prestasi Zacky semakin berkembang menjuarai berbagai lomba dan kompetisi teknologi tingkat nasional.

 

Ahamad Zacky Menciptakan Software untuk Pemilu

Pada tahun 2008, sebuah prestasi besar berhasil diraih Zacky. Ia berhasil menciptakan software MobiSurveyor untuk kebutuhan survey pemilu. Di tahun 2008, Zacky mendapatkan Merit Award di ajang kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards).

middle

Sebelumnya di tahun 2007 ia juga sudah memenangkan Indosat Wireless Innovation Contest. Atas prestasinya yang gemilang Ahmad Zacky, CEO Bukalapak tersebut, mendapatkan kesempatan belajar selama 2 bulan di Oregon State University, Amerika Serikat.

Baca Juga : 5 CEO Muda yang Berhasil Membangun Start UP Sukses

Zacky menikahi seorang perempuan bernama Diajeng Lestari. Bisnis istrinya juga tak jauh-jauh dari internet. Zacky membantu istrinya mengelola bisnis online busana muslimah bernama hijup.com.

 

Awal Mendirikan Bukalapak.com

Setelah tamat dari ITB, Zacky pun mendirikan sebuah perusahaan jasa konsultasi bidang teknologi yang diberi nama Suitmedia. Dari sinilah awal Bukalapak mulai dirancang dan dibangun.

Tepat pada tahun 2010, Zacky membuat sebuah website bernama Bukalapak.com. Website ini ia dirikan dengan tujuan untuk mengubah ekonomi masyarakat dengan memajukan UMKM melalui internet.

Pada awal dibuat, Ahmad Zacky, CEO Bukalapak memasang target yang mengisi websitenya ini adalah para pedagang yang ada di mall. Akan tetapi, tawaran tersebut banyak ditolak. Justru saat itu yang merespon tawarannya kalangan UMKM menengah ke bawah.

Trend perkembangan internet di Indonesia pada tahun 2010 sudah cukup bagus, social media pun sedang marak-maraknya. Hal itu turut mendukung kesuksesan Bukalapak manggaet banyak pemilik UMKM bergabung.

Tak butuh waktu lama, pada tahun 2011, tercatat lebih dari 10.000 UMKM yang sudah bergabung di Bukalapak.

Di awal membangun Bukalapak.com, Zacky tak jarang menggunakan uangnya pribadi untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Seiring dengan usahanya yang gigih, ia pun berhasil menggaet beberapa investor di antaranya IMJ Investment, EMTEK Group, Batavia Incubator dan sebagainya.

 

Pelajaran Penting Bisnis Ahmad Zacky, CEO Bukalapak

Kisah sukses bisnis Ahmad Zacky, CEO Bukalapak mengajarkan kita pada banyak hal. Membangun bisnis harus dimulai dari nol. Dan bisnis yang menarik adalah apa yang menjadi passion kita.

Menemukan passion terbaik, lalu memulai usaha bisnis di sana akan membuat kita lebih cinta pada bisnis tersebut. Dan itulah yang dilakukan Zacky. Bisnis itu juga  bukan sesuatu yang instan. Penuh proses dan butuh waktu yang lama untuk sampai pada level sukses.

Baca Juga : Tugas Seorang Digital Agency untuk Sebuah Perusahaan

Mendapatkan banyak pandangan buruk dari orang lain merupakan hal yang biasa bagi pebisnis. Sama halnya yang terjadi pada Bukalapak, dahulu dianggap bukan apa-apa, tetapi kini sudah menyabet banyak penghargaan.

Tahun 2016, Bukalapak.com mendapatkan penghargaan The Loyalty And Engagement Awards di Singapura dan beberapa penghargaan lain tingkat nasional.

Ahmad Zacky, CEO Bukalapak menjadi inspirasi pemuda Indonesia untuk sukses di usia muda, mengharumkan nama bangsa dengan karya-karya yang mendunia. Mungkinkah kamu yang akan menjadi sosok Zacky selanjutnya?

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *