Facebook vs Instagram? Media Sosial Apa yang Cocok untuk Sebuah Bisnis

Categories MarketingPosted on

up

Facebook vs Instagram? Media Sosial Apa yang Cocok untuk Sebuah Bisnis

Facebook vs Instagram? Media Sosial Apa yang Cocok untuk Sebuah Bisnis

x

Opportunity-Advisor.com || Saat ini kamu sedang bingung dengan banyaknya pilihan media sosial yang cocok untuk bisnis? Ketahui lebih dulu apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari media social tersebut, lalu sesuaikan dengan produk yang kamu jual, apakah sesuai atau tidak.

Salah satu media social yang paling banyak digunakan orang salah satunya adalah facebook. Baik orang kampung maupun kota, tua atau muda, umumnya memiliki facebook. Sosial media ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang ditujukan bagi kalangan pebisnis.

Hampir setiap hari kita melihat iklan penjualan di facebook, baik di beranda teman atau melalui iklan berbayar. Faktanya, hingga kini banyak pebisnis online yang meraih omset cukup signifikan dari facebook, tetapi tak jarang juga yang jualannya begitu-begitu saja.

Salahnya di mana ya?

Social media lain yang tak kalah hebatnya adalah instagram. Muncul sebagai pioneer social media berbasis gambar, instagram seolah-olah menjadi sosmed yang diidentikkan dengan orang yang suka berjualan dan pamer foto.

Memang banyak pebisnis yang berhasil sukses berbisnis di instagram, tetapi apakah itu artinya facebook tidak menjanjikan?

Kenali karakter masing-masing social media tersebut. Setelah itu barulah kamu bisa memutuskan apa sih media sosial yang cocok untuk bisnis  yang kamu jalankan?

 

Mungkinkah Facebook Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis mu?

Mau tau lebih jelas tentang penggunaan facebook untuk perangkat bisnis? Simak beberapa penjelasan berikut:

Mungkinkah Facebook Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis mu?

  1. User atau Pengguna

Ada yang mengatakan facebook itu sosmed kalangan tua, ternyata hal ini sebanding dengan hasil survey yang didapatkan.

Baca Juga : Ketahui Apa Itu Marketing Representativ yang Sebenarnya

Facebook umumnya digunakan oleh mereka yang berusia 26 hingga 35 tahun, tetapi ada juga sih anak-anak yang suka main facebook untuk kebutuhan tertentu. Dari sini kamu bisa menyesuaikan produk atau jasa yang kamu jual, apakah sesuai dengan rentang usia user atau tidak.

 

2. Tipe Konten

Jenis yang bisa kamu manfaatkan untuk promosi di facebook  ada beberapa jenis di antaranya artikel, gambar, video, dan live video. Kalau kamu jago copywriting, facebook sangat cocok untuk kamu.

Banyak pebisnis yang sukses meraih omset besar dengan menerapkan copywriting di akun facebook. Foto digunakan untuk mendukung artikel atau review produk yang bagus.

 

3. Tipe Interaksi

Interaksi di facebook bisa lebih lama jika kamu memposting sesuatu yang sesuai dengan target pasar.

middle

Like, comment bertahan beberapa jam, dan jika viral bisa bertahan berhari-hari. Interaksi yang panjang ini akan menentukan kesuksesan promsi yang kamu lakukan. Apakah facebook ini menjadi media sosial yang cocok untuk bisnis mu? Bisa kamu putuskan.

  • Fitur Unggulan

Fitur unggulan yang dimiliki facebook untuk bisnis adalah fans page. Beberapa keunggulan fitur ini diantaranya dapat menampung jumlah konsumen tak terbatas, dapat terindeks mesin pencari, free tag, dan muncul di newsfeed buyer.

  • Perangkat Terbaik

Facebook bisa digunakan secara optimal dengan menggunakan computer. Bila menggunakan ponsel biasanya ada fitur-fitur tertentu yang sulit atau tidak muncul. Sempatkan mengoperasikan secara optimal akun fans page melalui PC.

 

Instagram, Pilihan Sosial Media untuk Bisnismu?

Beberapa penjelasan penting tentang instagram berikut ini akan membantu kamu mengambil keputusan apakah media sosial yang cocok untuk bisnis mu itu instagram atau bukan:

Mungkinkah Facebook Media Sosial yang Cocok untuk Bisnis mu?

  1. User atau Pengguna

Dari segi user, bisa dikatakan instagram disukai kalangan muda. Berdasarkan survey, pengguna sosmed ini adalah mereka yang berusia 16 hingga 25 tahun. Apakah produk atau jasa bisnis yang kamu jalankan sesuai dengan rentang usia ini? Bisa kamu putuskan sendiri.

 

2. Jenis Konten

Kalau kamu tidak suka membuat review produk yang panjang atau sejenis copywriting, instagram ini cocok untuk kamu. Sebab konten dominan dari sosmed ini adalah foto dengan kualitas yang bagus.

Baca Juga : Tugas Seorang Marketing Komunication yang Harus Anda Tahu

Selanjutnya didukung dengan caption yang menjual, quote, video, aneka foto hasil desain yang bagus, instastory dan sebagainya.

 

3. Tipe Interaksi

Interaksi di instagram lebih mudah karena ada rekomendasi untuk difollow pengguna lain, konten yang banyak diminati pun akan muncul dengan mudah. Selain itu hastag juga sangat mendukung sosmed yang satu ini.

 

4. Layanan Unggulan

Endorsement adalah kekuatan menjalankan bisnis online di instagram. Kamu bisa membuktikan sendiri endors produkmu dari tokoh atau artis dengan follower yang banyak, hasilnya sangat membantu marketingmu.

Selain itu, instastory saat ini cukup banyak digunakan orang untuk mempromosikan produk atau layanan jasanya. Ini juga jadi pertimbangan apakah instagram menjadi media sosial yang cocok untuk bisnis mu atau tidak.

Baca Juga : Panduan Cara Membuat Sales Funnel yang Mudah

Sebenarnya baik facebook maupun instagram, keduanya mempunyai keunggulan masing-masing. Kalau kamu suka mobile kemana-mana, instagram mungkin cocok untuk kamu mengingat sosmed ini akan lebih maksimal dioperasikan menggunakan smartphone.

Apapun itu, media sosial yang cocok untuk bisnis  adalah media yang paling menjawab kondisi bisnismu saat ini. Kelola secara fokus dan serius agar hasilnya terlihat maksimal.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *