Cara Mudah Ubah Bisnis Menjadi Market Leader

Categories MarketingPosted on

up

Cara Mudah Ubah Bisnis Menjadi Market Leader

Cara Mudah Ubah Bisnis Menjadi Market Leader

x

Opportunity-Advisor.com || Memiliki perusahaan yang menguasai pangsa pasar atau menjadi market leader mungkin adalah impian sebagian besar pengusaha. Dengan menjadi market leader, perusahaan akan meraup keuntungan besar yang lebih stabil bahkan terus meningkat seiring dengan semakin meluasnya penguasaan pasar.

Tengok saja perusahaan seperti Indofood di dunia kuliner, Aqua untuk air mineral, Martha Tilaar untuk kosmetik, Sido Muncul untuk obat herbal, dll.

Bisnis Anda sekarang ada di posisi mana? Masih di posisi sebagai follower, nicher, atau sudah menjadi challenger terhadap market leader di bidang usaha yang Anda geluti? Sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk menaikkan posisi perusahaan Anda menjadi market leader. Anda hanya perlu merancang dan melaksanakan strategi marketing leader yang jitu.

 

Cara Mengubah Bisnis Menjadi Market Leader

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda tempuh.

strategi market leader

  • Berikan solusi terbaik

Sebuah unit bisnis selalu dimulai sebagai solusi atas suatu kebutuhan konsumen. Kemampuan para pebisnis mengemas solusi tersebut dalam berbagai bentuk produk yang bisa diterima konsumen akan menentukan perkembangan bisnis mereka.

Baca Juga : Tips Membangun Marketing yang Baik dan Benar

Artinya, siapa yang paling mampu memberikan solusi atas kebutuhan konsumen, maka dialah yang paling diterima oleh konsumen. Dialah yang akan unggul dalam persaingan dan menjadi market leader.

Dengan begitu, maka untuk memenangkan persaingan, rancanglah suatu marketing leader yang memberikan bukan sekedar solusi atas kebutuhan konsumen tapi solusi yang terbaik. Anda harus unggul dalam berbagai aspek. Mulai dari kualitas produk, harga yang terjangkau, distribusi yang tepat, hingga promosi yang efektif.

 

  • Miliki keunggulan spesifik

Untuk bisa dilirik oleh konsumen, produk yang Anda tawarkan harus memiliki keunggulan yang spesifik. Perlu ada sesuatu yang bukan sekedar beda atau unik pada produk Anda, tapi juga memiliki nilai lebih.

Lihat saja pada persaingan produk pasta gigi. Pepsodent sebagai produk lama menampilkan keunggulan spesifik sebagai pasta gigi yang memutihkan dan mencegah gigi berlubang. Close Up dengan keunggulan nafas yang segar.

Strategi market leader Anda harus mengemas dan menonjolkan keunggulan spesifik produk yang Anda miliki.

 

  • Lakukan inovasi

Suatu produk selalu memiliki masa daur hidup. Mulai dari masa perkenalan, jika diterima konsumen bisa mencapai tingkat penjualan tertinggi, lalu mengalami penurunan. Penurunan ini bisa disebabkan oleh kejenuhan konsumen maupun munculnya produk pesaing baru yang lebih menarik perhatian.

middle

Bila produk Anda baru berada pada tahap hendak merebut posisi market leader, maka manfaatkanlah kejenuhan konsumen terhadap produk lama. Lakukan inovasi terhadap produk lama tersebut lalu tampilkan sebagai wajah baru yang siap merebut perhatian konsumen.

Ini adalah strategi market leader yang juga Anda bisa terapkan ketika nanti kosumen mulai kembali jenuh dengan produk Anda.

 

  • Bangun dan jaga loyalitas konsumen

Kunci penting dari marketing leader adalah bagaimana membuat konsumen mau menggunakan produk Anda di tengah membanjirnya banyak tawaran produk yang menarik dari para pesaing.

Baca Juga : Mengenal Marketing Model Networking dan Penerapannya

Tentu saja Anda perlu melakukan berbagai pendekatan kepada konsumen. Banyak strategi marketing yang bisa dilakukan tapi intinya adalah bagaimana konsumen merasa diperhatikan dan yakin dengan produk yang Anda tawarkan.

Selain iklan dalam berbagai media, berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan juga cukup efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumen.

 

  • Gunakan teknologi berbiaya rendah

Strategi market leader lainnya adalah merebut pasar dengan permainan harga. Para konsumen umumnya mencari produk yang lebih murah dengan kualitas baik. Sebisa mungkin berikan harga yang lebih rendah dari pesaing Anda tanpa mengorbankan kualitas.

Caranya?

Gunakan teknologi berbiaya rendah. Lakukan berbagai riset untuk mendapatkan teknologi seperti ini, atau manfaatkan teknologi yang sudah ada dengan baik.

 

  • Pastikan distribusi berjalan lancar

Perhatikanlah bagaimana saat ini Telkomsel terus berusaha mengukuhkan diri sebagai market leader dalam bisnis jaringan seluler di Indonesia.

Mereka terus menambah dan memperluas jaringan hingga ke pelosok-pelosok desa di Indonesia. Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menggunakan produk mereka.

Ini menyangkut hal penting dalam marketing leader, yaitu soal distribusi produk. Jadi, untuk menguasai pasar, pastikan selalu produk Anda terdistribusi dengan baik, menjangkau sebanyak-banyaknya konsumen dan calon konsumen.

 

  • Kembangkan sayap bisnis: buat diferensiasi produk

Buat konsumen tetap ada dalam bisnis Anda dengan mengembangkan sayap bisnis Lakukan diferensiasi produk. Mari tengok cara Indomie melakukan ini. Untuk Indomie rasa soto saja, mereka sediakan Indomie Soto Lamongan, Indomie Soto Banjar, Indomie Coto Makasar, dll.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Dengan cara marketing leader seperti ini, Indomie tetap mengukuhkan diri sebagai penguasa pangsa pasar mie instant di Indonesia. Sebuah langkah yang patut ditiru.

Demikianlah beberapa tips marketing leader yang kami sajikan untuk Anda. Untuk menemukan informasi menengenai dunia marketing, silahkan kunjungi Opportunity Advisor setiap hari, karena kami sebagai situs marketing Indonesia akan selalu menyajikan informasi terbaru dan kredible untuk anda. Semoga bermanfaat.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *