Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Dagang Terbukti Efektif

Categories MarketingPosted on

Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Dagang Terbukti Efektif

pencatanan keuangan dagang - Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Dagang Terbukti Efektif

Opportunity-Advisor.com || Usaha dagang bisa ditemukan di hampir seluruh kota dan desa Indonesia. Produk yang dijual pun sangat beragam, mulai dari jualan pakaian, membuka toko kelontong, jual sayuran, snack, buah-buahan bahkan jualan pulsa dan handphone.

Usaha dagang tidak akan pernah berkembang dan mendapatkan keuntungan jika pelaku usaha tidak bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar. Maka dari itu, dibutuhkan trik dagang yang tepat, efektif dan tentu saja sehat.

Anda yang berencana untuk memulai usaha dagang di tahun ini, wajib mengetahui sejumlah cara mengelola keuangan usaha dagang sehingga laba yang terkumpul jumlahnya lebih besar dari pengeluaran.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang?

Semakin hari makin banyak orang yang memilih untuk melakukan usaha dagang, karena dari segi keuntungan, menjalankan usaha dinilai lebih menghasilkan daripada bekerja di kantoran.

Dengan membuka usaha dagang sendiri, setidaknya sudah ada bekal untuk hari tua nanti sehingga tidak perlu merepotkan orang lain.Inilah beberapa cara mengelola keuangan usaha dagang untuk membantu mengembangkan usaha:

cara mengelola keuangan usaha dagang

Pisahkan Antara Uang Usaha dan Pribadi

Tidak perlu belajar menjadi seorang akuntan untuk dapat mengelola keuangan dengan baik dan benar. Yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan uang usaha dagang dengan uang pribadi.

Baca Juga : Begini Cara Menemukan Ide Bisnis Baru!

Ketika Anda menjalankan usaha dagang sebagai pekerjaan sampingan, maka simpan pendapatan dari gaji pekerjaan utama sebagai uang pribadi dan simpan uang hasil jualan sebagai uang usaha dagang.

Dengan melakukan cara ini, artinya Anda telah menjalankan usaha dagang secara profesional, akan lebih baik lagi jika Anda membuka rekening baru untuk menyimpan pemasukan dari usaha dagang agar tidak tercampur dengan uang pribadi.

 

Membuat Rencana Penggunaan Uang

Agar cara mengelola keuangan usaha dagang menghasilkan dampak positif bagi kegiatan usaha dagang Anda, pastikan jika pengelolaan keuangan berjalan lancar dengan membuat rencanaa penggunan uang..

Usahakan untuk tidak menggunakan uang untuk hal yang tidak penting dan tidak dibutuhkan. Lakukan juga evaluasi tiap akhir periode supaya periode selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

 

Membuat Catatan Keuangan

Cara mengelola keuangan usaha dagang ini sangat penting untuk menghindari kesalahan pendataan. Bila Anda masih kerepotan atau justru malas untuk memakai software akuntasi, maka buat saja catatan keuangan di buku.

Baca Juga : Cara Membuat dan Verifikasi Whatsapp Bisnis

Catatan keuangan ini bisa Anda lihat sewaktu-waktu untuk melihat sejauh apa performa usaha dagang Anda. Bagaimana, cara membuat catatan keuangan yang baik dan benar sesuai dengan ilmu akuntansi, bisa Anda temukan dengan mudah di internet.

 

Mengelola Piutang Dengan Benar

Bila sebelum menjalankan usaha dagang secara terbuka kamu sudah memiliki beberapa pelanggan yang sering melakukan piutang, maka jangan jadikan hal ini sebagai kebiasaan.

Piutang mungkin bisa membantu meningkatkan penjualan namun bila jumlah piutang tinggi secara otomatis akan membebani. Atur sistem piutang dengan benar sehingga tidak merugikan Anda.

Akan lebih baik bila Anda segra menagih piutang bila sudah terlalu lama, jangan sering menunda-nunda atau merasa tidak enak pada pelanggan yang sudah piutang.

 

Usahakan Untuk Tidak Menambah Hutang

Yang perlu Anda perhatikan bukan hanya piutang dari para pelanggan namun perhatikan juga besarnya hutang yang Anda miliki. Akan lebih baik bila Anda segera melunasi hutang tersebut.

Sebagai pelaku usaha pemula, dianjurkan untuk tidak melakukan hutang karena hanya akan membebani Anda dengan besarnya pembayaran angsuran dan bunga. Dan bila ingin berhutang pun, cari pihak yang menawarkan hutang dengan bunga rendah serta waktu pengembalian yang panjang.

 

Sisakan Uang Untuk Dana Darurat

Tidak ada orang yang tahu kondisi di masa depan, maka dari itu seorang pelaku usaha dagang harus memiliki dana darurat untuk menyelamatkan usaha dagang dari krisis kebangkrutan.

Baca Juga : Pedoman Dalam Membuat Sales Plan

Sisakan uang hasil penjualan usaha dagang untuk ditabung sebagai dana darurat.

Semoga cara mengelola keuangan usaha dagang di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda untuk membangun dan mengembangkan kegiatan usaha dagang ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *