Cara Mudah Membangun Startup dari NOL

Categories Bisnis OnlinePosted on

up

Cara Mudah Membangun Startup dari NOL

Cara Mudah Membangun Startup dari NOL

x

Opportunity-Advisor.com || Apakah Anda saat ini sedang merencanakan untuk membangun startup? Namun Anda bingung harus memluia dari mana? Beberapa orang mungkin menilai cara membangun startup sendiri merupakan hal yang berat untuk dilakukan. Setelah diperinci satu per satu, ternyata hal tersebut tidaklah rumit.

Sebelumnya, bagi Anda yang sering ber-pesimis dulu sebelum melakukan suatu hal, lebih baik Anda hilangkan dulu sifat tersebut. Karena untuk membangun startup dibutuhkan ke-optimisan agar startup dapat berkembang dan mencapai kata sukses.

 

Cara Membangun Startup Sendiri dari

Lalu bagaimana cara membangun startup sendiri? Setidaknya beberapa langkah awal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

cara membangun startup sendiri

  1. Kumpulkan niat dan tekad

Apapun yang dilakukan tetap nomer satu adalah niat dan tekad. Keberadaan niat ini tentunya sangat berpengaruh pada langkah-langkah berikutnya. Hasil yang maksimal akan merupakan bonus dari niat yang baik dan tekad yang maksimal.

Baca Juga : 5 Marketplace Terbesar di Indonesia yang Cocok Untuk Jualan Online

Apalagi yang akan Anda lakukan adalah membangun startup dari nol, yangmana hampir semua orang menganggap itu adalah hal yang sulit.

 

  1. Carilah permasalahan di sekitar Anda

Cara membangun startup sendiri yang kedua adalah mencari permasalahan di sekitar Anda untuk kemudian dicari solusinya. Lakukanlah observasi mini di limgkungan sekitar Anda. Temukan hal yang menjadi persoalan banyak orang, dan diperlukan solusi untuk mengatasinya.

Hal ini dapat menghasilkan ide untuk produk Anda nanti. Dengan melakukan observasi, produk yang Anda buat tentunya menjadi bermanfaat sekaligus menjawab permasalahan yang ada.

 

middle

  1. Ciptakan produk

Setelah melakukan observasi, Anda harus membuat kesimpulannya. Kesimpulan tersebut berupa jawaban dari persoalan yang ada. Anda bisa menarik kesimpulan dengan menciptakan terobosan baru, atau bahkan Anda bisa menarik kesimpulan dengan cara menciptakan terobosan untuk memperbaiki kualitas yang sudah ada sebelumnya.

Anda perlu lebih serius dalam poin ini, menciptakan ide kreatif tidaklah mudah bagi sebagian orang. Produk yang kreatif memberikan Anda keuntungan yang besar. Lain halnya jika produk yang dibuat tidak menarik, bisa bisa Anda malah rugi.

 

  1. Menggunakan media untuk promosi

Dengan media siapapun target Anda, kapanpun dan dimanapun dapat tercapai. Kekuatan media ini memang tak bisa dipungkiri sangatlah bermanfaat. Bisa dibilang hanyalah media yang menjadi alat pendukung untuk aktivitas promosi.

Perlu Anda pahami, media mempunyai beberapa jenis yang kesemuanya memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Media cetak, seperti baliho, koran, brosur, majalah memiliki daya tarik dan bekerja maksimal pada masanya. Pemasangan baliho untuk produk Anda memang ide yang bagus, namun hanya orang-orang yang lewat disitu saja yang melihat.

Baca Juga : Perjalanan Sukses CEO Bukalapak Ahmad Zacky dari Nol

Kemudian ada media internet, inilah media yang dapat Anda gali manfaatnya semaksimal mungkin. Media internet yang dimaksud berupa website dan sosial media. Memang lebih mudah untuk berpromosi di sosial media, karena hampir semua orang mempunyai sosial media, termasuk Anda sendiri. Namun perlu Anda ketahui bisnis atau perusahaan yang mempunyai website lebih dipercaya konsumen dan mendapat nilai kredibiltas.

Untuk membuat website bisnis atau perusahaan Anda perlu mempelajari ilmunya perlahan, karena tidaklah mudah untuk melakukan hal ini. Kemudian Anda perlu mempelajari web marketing agar bisnis Anda lebih dikenal pengguna internet. Jika Anda tidak mampu melakukan hal tersebut, Anda bisa mencari jasa pembuatan website dan jasa SEO untuk menjalankan website tersebut.

 

  1. Meminta feedback dari konsumen

Setelah produk Anda dikenal dan terjual, Anda memerlukan sebuah kritik dan saran agar produk Anda tetap berkualitas. Mintalah masukkan atau feedback dari konsumen Anda. Pengembangan sebuah produk perlu dilakukan untuk menghindari persaingan. Itulah kenapa setiap perusahaan mempunyai bagian research and development.

 

  1. Meningkatkan kualitas produk

Setelah mendapatkan feedback dari konsumen, cara membangun startup sendiri yang terakhir adalah terus mengembangkan dan memperbaiki produk Anda. Terimalah kritikkan dari konsumen tentang produk Anda, karena hal itulah yang membuat produk Anda menjadi lebih baik nantinya.

Baca Juga : 5 CEO Termuda di Indonesia yang Sukses Membangun Usaha

Cara membangun startup sendiri seperti yang telah dibahas mudah untuk dilakukan. Jangan pernah menyerah untuk berprogress menjadikan startup Anda terus menjadi yang lebih baik. Setelah cara-cara diatas mungkin masih banyak lagi yang harus Anda lakukan demi perkembangan startup, namun hal-hal diatas sudah cukup untuk Anda yang sedang memulai membangun startup dari nol.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *