Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM

Categories StartupPosted on

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM

faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM

Opportunity-Advisor.com || Sebuah perusahaan, berkembang tidak hanya mengandalkan mesin yang canggih namun turut mengandalkan sumber daya manusia.

Orang-orang yang terpilih dan bekerja di suatu perusahaan merupakan hasil implementasi dari perencanaan SDM yang dilakukan oleh perusahaan.

Perusahaan tidak akan menerima karyawan yang dinilai kurang kompeten dan memenuhi kualifikasi perusahaan. Hasil implementasi perencanaan SDM bisa saja berubah suatu waktu, tergantung dari kebijakan perusahaan dan faktor lainnya.

 

Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM Di Indonesia

Perencanaan SDM bukanlah peraturan baku yang tidak bisa diubah, seiring berjalannya waktu dan perubahan yang terjadi pada pola pikir manusia dan lingkungan di sekitarnya, mengakibatkan perencanaan SDM bersifat flaksibel.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM

Berikut ini beberapa hal yang dinilai dapat mempengaruhi perencaaan SDM:

  • Faktor Internal

Rencana strategic maupun rencana taktik tidak dapat diwujudkan tanpa SDM yang kompetitiv dan kompeten, maksudnya suatu perusahaan harus memiliki keahlian agar produk atau jasa yang ditawarkan tidak stuck di tengah jalan.

Baca Juga : Trik Ampuh dalam Perencanaan SDM Dalam Perusahaan

Prediksi penjualan dan produksi tidak bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan spekulasi saja, namun harus menggunakan basic data sebelumnya serta survey pasar supaya bisa dilakukan perhitungan objektif.

Faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM dari dalam tubuh perusahaan. Kegiatan ini dilakukan setelah perusahaan melakukan evaluasi kemampuan karyawan.

Dalam bentuk positif yakni menugaskan karyawan untuk mengisi jabatan yang kemungkinan akan kosong di masa depan. Atau justru negative yakni pemutusan hubungan pekerjaan.

  • Faktor Ekonomi

Merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat memberikan pengaruh besar bagi perencanaan SDM.

Ibaratnya ketika perusahaan mengalami kebangkrutan otomatis perusahaan akan melepas SDM berbanding terbalik ketika perusahaan semakin berkembang, jumlah SDM yang dibutuhkan terus bertambah.

Intinya, faktor ekonomi nasional serta industry secara langsung merupakan faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM.

  • Faktor Sosial Politik

Faktor yange memengaruhi perencanaan SDM berikutnya adalah social politik. Kita tidak bisa mengabaikan hal ini karena dalam suatu perusahaan atau organisasi , faktor ini yang mempengaruhi keputusan perusahaan untuk mencari SDM dengan penguasaan bahasa asing atau tidak.

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing pertama yang menjadi alat komunikasi di Indonesia, tidak heran jika banyak lowongan pekerjaan yang mencantumkan bahasa Inggris sebagai syarat melamar kerja.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Karyawan

Selain bahasa Inggris, bahasa lainnya yang banyak dipertimbangkan atau dicari oleh perusahaan di Indonesia adalah bahasa Mandarin, Jepang dan Korea.

  • Faktor Hukum

Kebijakan UU yang baru mengenai hukum ketenagakerjaan terkadang mengharuskan perusahaan untuk menyesuaikan diri termasuk merubah perencanaan SDM mereka.

Buntut dari perubahan UU tentang hukum ketenagakerjaan adalah kemungkinan terjadinya perubahan kebijakan perusahaan yang pada prakteknya akan diterapkan pertama kali oleh supervisor dan manager. Lalu diterapkan secara menyeluruh melalui pelatihan SDM.

Maka dari itu, suatu perusahaan membutuhkan staf hukum, di mana salah satu fungsinya untuk memantau terjadinya perubahan UU tentang hukum ketenagakerjaan.

  • Faktor Ketenagakerjaan

Memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan kecermatan sekaligus menyusun perencanaan tenaga kerja maupun sumber daya manusia di masa mendatang.

Ada dua kegiatan yang berhubungan erat dengan faktor ketenagakerjaan, diantaranya adalah promosi kenaikan pangkat atau PHK.

  1. Seorang karyawan yang seringkali absen bekerja tidak akan luput dari tindakan manajemen SDM, HRD akan memberikan sanksi tegas berupa SP, penurunan jabatan atau PHK.
  2. Penggantian karyawan karena ada karyawan yang meninggal dunia, pensiun atau di PHK.
  3. Promosi kenaikan pangkat, pemindahan karyawan ke cabang yang lain atau karyawan mendapatkan tugas pelatihan di luar kota atau luar negeri juga harus diperhitungkan, entah itu melalui pergantian karyawan maupun rencana penempatan yang lebih baik.
  • Faktor Lingkungan

Secara sederhana faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM ini berkaitan dengan lingkungan tempat kerja. Perusahaan harus mempertimbangkan segala aspek kebutuhan dan keselamatan karyawan ketika bekerja di cuaca ekstrem.

Dan umumnya, karyawan yang dibutuhkan untuk bekerja di tempat atau lingkungan ekstrem jumlahnya sedikit, sehingga tidak perlu lagi membuka lowongan pekerja.

Baca Juga : Mengetahui Manfaat Dalam Perencanaan SDM

Yang perlu dilakukan perusahaan hanyalah memberikan fasilitas penuh dan lengkap termasuk fasilitas keselamatan dan komunikasi.

Semua faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM hendaknya diolah dengan cara yang baik dan objektif, perusahaan harus mengolah data dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *