Apa Itu Starup? Ini Penjelasannya

Categories Bisnis OnlinePosted on

up

Apa Itu Starup? Ini Penjelasannya

Apa Itu Starup? Ini Penjelasannya

x

Opportunity-Advisor.com || Istilah startup sudah sering kita dengar, tetapi kenyataannya tak semua orang mengerti apa itu startup. Di era teknologi internet yang berkembang pesat saat ini, istilah ini sering kita dengar, padahal secara definisi, tak ada hubungannya dengan teknologi, lalu apa sebenarnya startup tersebut?

Istilah startup dalam bahasa Inggris diartikan sebagai usaha untuk memulai suatu bisnis yang baru. Sementara Wikipedia mendefinisikan startup adalah sebagai perusahaan yang belum lama beroperasi, atau dengan kata lain baru tumbuh.

Istilah startup tersebut mulai dikenal di akhir tahun 1990-an hingga tahun 2000-an. Hingga akhirnya definisi startup diidentikkan dengan perusahaan bisnis baru yang berhubungan dengan teknologi internet.

Mengapa demikian?

Pada tahun 1998 hingga 2000, terjadilah fenomena yang disebut dengan istilah buble dot-com. Pada rentang ini, banyak perusahaan yang membangun websitenya sendiri dengan menggunakan domain dot-com.

Dan kebetulan istilah startup disebut-sebut pada periode ini sehingga saat ini menyebut istilah bisnis startup akan langsung mengidentifikasi bisnis tersebut berbasis teknologi.

 

Masih Belum Paham Apa Itu Startup? Berikut Ini Ciri-Cirinya

apa itu startup

Untuk lebih jelasnya kamu memahami definisi apa itu startup, berikut ini dijelaskan beberapa ciri-ciri utama sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai startup:

Baca Juga : 5 Marketplace Terbesar di Indonesia yang Cocok Untuk Jualan Online

  1. Usia berdirinya perusahaan kurang dari 3 tahun, jadi memang benar-benar masih baru.
  2. Jumlah karyawannya masih di bawah 20 orang
  3. Pendapatannya masih di bawah $ 100.000 per tahun
  4. Bisnis yang dijalankan pada umumnya beroperasi di bidang teknologi
  5. Memiliki produk dalam bentuk aplikasi digital
  6. Perusahaan ini umumnya beroperasi melalui sebuah website

Ciri-ciri ini semakin menjelaskan tentang apa itu startup yang memang lebih identic dengan bisnis teknologi. Mungkin saja bisnis yang kamu kelola saat ini masuk dalam definisi di atas, tentunya banyak peluang untuk terus dikembangkan hingga sukses.

 

Perkembangan Startup di Indonesia Saat ini

Indonesia menjadi salah satu negara dengan iklim pertumbuhan startup yang cukup baik. Di Indonesia saat ini sedikitnya telah ada lebih dari 1500 bisnis startup yang terus berkembang. Hal ini didukung karena banyak faktor, di antaranya:

middle

  • Banyaknya orang yang menggunakan internet di Indonesia tidak diragukan lagi. Pada tahun 2013 saja tercatat sedikitnya 70 juta pengguna internet di Indonesia. Terlebih saat ini, jumlah pengguna internet semakin menjanjikan bagi pasar pengelola startup.
  • Definisi apa itu startup cukup menarik minat banyak kalangan untuk memulainya. Terlebih lagi teknologi smartphone saat ini semakin ekonomis harganya dengan spesifikasi yang semakin handal.
  • Trend belanja online semakin berkembang pesat dengan terpenuhinya aspek kenyamanan, keamanan dan harga yang lebih murah.

 

Secara umum, startup yang ada di Indonesia terdiri dari 3 macam, di antaranya adalah:

Startup Pencipta Game

Semakin banyaknya smartphone gaming yang diproduksi vendor-vendor smarthphone dunia dan dipasarkan di Indonesia, memberikan angina segar pada para pebisnis startup di bidang ini.

Baca Juga : Kisah Sukses Ahmad Zacky CEO dan Founder Bukalapak

Game baru yang selalu dinantikan merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Kalangan pecinta game rela mengeluarkan banyak anggaran untuk mendapatkan game kesukaannya melalui sebuah aplikasi berbayar.

Startup Game Edukasi

Di Indonesia pasar ini masih cukup menjanjikan dikelola karena masih sedikit yang mengambil pasar ini.

Definisi apa itu startup jarang sekali dikaitkan dengan sebuah game yang bernilai edukasi. Lebih banyak yang sifatnya hiburan.

Startup E-Commerce

Inilah startup yang paling banyak dikenal orang. Bisnis marketplace merupakan salah satu contohnya. Bisnis semacam ini banyak digeluti orang karena seiring trend minat belanja orang secara online yang cukup tinggi.

Kendala umum pengembangan startup ini adalah masih terbatasnya para pengguna internet di Indonesia yang memiliki kartu kredit. Akan tetapi dengan berbagai cara-cara kreatif, hal ini bisa diatasi oleh para startup E-Commerce saat ini.

Semakin banyaknya jumlah pebisnis startup di Indonesia memunculkan tumbuhnya komunitas pebisnis startup di berbagai daerah.

Komunitas ini menjadi wadah untuk saling sharing hingga menjaring investor ke perusahaan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi para pengelola startup adalah bagaimana menciptakan tim yang solid.

Baca Juga : Cara Mudah Membangun Startup dari Nol sampai Sukses

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis ini juga membutuhkan tim yang bagus untuk bisa berkembang lebih pesat. Selain itu pemerintah juga harus memfasilitasi tumbuhnya startup di Indonesia sebagai salah satu angin segar perekonomian masyarakat.

Sudah mengerti definisi apa itu startup? Siapa tahu kamulah pengusaha sukses selanjutya dari Indonesia.

Bellow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *