7 Tips Jitu Marketing Jualan Online Terbukti Efektif

Categories MarketingPosted on

7 Tips Jitu Marketing Jualan Online Terbukti Efektif

7 Terbaik Tips Marketing Jualan Online

Opportunity-advisor.com || Bagaimana marketing jualan online yang kamu kelola saat ini? Apakah sudah berdampak pada peningkatan closing yang diperoleh atau belum?

Sama halnya dengan pemasaran di dunia nyata, marketing online juga punya strategi khusus yang harus dipelajari. Belajar banyak tentang internet akan membantu kamu lebih paham bagaimana sih strategi bisnis online yang semestinya kamu jalankan.

Meskipun dibilang mudah, nyatanya masih banyak para pedagang yang hanya sebatas berdagang di dunia maya, belum bisa mengembangkan bisnis yang lebih besar. Kamu mau tau bagaimana rahasia strategi marketing online yang efektif dan terbukti meningkatkan omset bisnis onlinemu? Temukan trik-triknya dalam artikel ini.

 

Begini Lho Tips Marketing Jualan Online yang Perlu Kamu Tahu

Cara meningkatkan penjualan online shop memang harus dipelajari dengan baik, jika tidak kamu akan terkesan sebagai seorang penjual yang menyebalkan. Spam sana sini, menandai orang sana-sani terhadap produk jualan, hingga sembarang memasukkan orang ke grup bisnis onlinemu.

Itu semua kebiasaan yang harus kamu ubah. Pelajari bagaimana sih tips marketing jualan online yang benar. Sebagai panduan, silahkan simak artikel baru kita kali ini.

marketing jualan online

  1. Mengokohkan pondasi social media

Social media menjadi pemicu banyaknya bermunculan para pedagang online, baik yang sudah professional maupun coba-coba. Coba cek sekarang ini apa saja akun social media yang kamu miliki untuk jualan? Facebook? WA? Instagram atau yang lainnya?

Baca Juga : 7 Tools Instagram Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Rahasia suksesnya, optimalkan di salah satu. Kelola secara professional menggunakan tool yang mendukung marketing online di setiap sosmed yang kamu pilih. Kamu bisa ikut kelas-kelas preview online secara khusus atau mencari tutorial lengkap di youtube bila ingin gratisan.

 

2. Kualitas konten dan copywriting

Tips marketing jualan online yang juga sangat penting kamu pelajari adalah bagaimana menciptakan konten berkualitas yang disukai konsumen. Akan dekat hubungannya dengan promosi produk secara tersembunyi atau yang dikenal dengan istilah copywriting.

Umumnya orang tidak menyukai cara-cara hard selling dalam berjualan. Soft selling yang bagus bisa kamu ciptakan melalui konten-konten berkualitas.

Itulah sebabnya kenapa pekerjaan sebagai copywriter saat ini menawarkan gaji yang lumayan besar di sebuah perusahaan. Sebab konten sangat berpengaruh dalam dunia bisnis online.

 

3. SEO

Optimasi mesin pencari atau yang dikenal dengan SEO masih menjadi strategi marketing online yang efektif hingga hari ini. Tampil di halaman papan atas mesin pencari masih menjadi hal paling diinginkan sebuah bisnis online.

Baca Juga : Ketahui Biaya Pemasangan Iklan di Instagram

Bagaimanapun pengunjung bermakna uang, menciptakan pengunjung yang banyak sama dengan mengumpulkan uang. Kamu masih bingung tentang SEO? Tenang saja, berkonsultasilah pada jasa layanan SEO yang bisa kamu temukan cukup banyak di internet.

 

4. Gabung di marketplace

Sistem marketplace memudahkan banyak orang untuk berjualan. Selain itu, untuk meminimalisir resiko penipuan, konsumen biasanya lebih memilih berbelanja di marketplace.

Kamu sudah punya lapak di salah satu marketplace besar di Indonesia? Coba tips marketing jualan online yang satu ini, terutama di akhir tahun penjualan umumnya meningkat karena pengaruh hari belanja online nasional yang diadakan marketplace.

 

5. Strategi FOMO (Fear of Missing Out)

Kebiasaan banyak orang yang takut kehabisan suatu barang ternyata juga bisa diterapkan sebagai salah satu strategi pemasaran dalam bisnis online. Pernah lihat lapak-lapak yang menawarkan promo stock dengan limit waktu tertentu?

Biasanya promo dalam hitungan pree order. Ini bagian dari strategi marketing online yang terbukti berhasil membuat banyak orang tertarik. Promo harga berbatas waktu, promo stok tak ada lagi dan sejenisnya yang ternyata berhasil menarik minat pembeli.

 

6. Email marketing

Mengapa email marketing ini masih dipandang sebagai suatu strategi marketing online yang efektif? Di era smartphone yang menjamur saat ini, setiap handphone yang dipakai orang biasanya memiliki aplikasi email. Jadi setiap pesan yang masuk bisa langsung dicek, sama seperti pesan di social media.

Inilah mengapa promo menggunakan email masih dipandang sangat efektif. Ciptakan konten yang baik, menarik, dan menyajikan nilai sehingga orang merasa butuh terhadap jasa atau produk yang kita tawarkan.

 

7. Review produk positif

Review produk atau jasa yang kamu tawarkan sebanyak-banyaknya, bisa di akun sosmed, di blog, hingga di blog orang yang kamu bayar. Review ini sangat penting untuk memberikan informasi kepada calon pembeli lainnya yang merasa butuh.

Baca Juga : Jobdesk Seorang Marketing Direktur yang Harus Anda Ketahui

Review positif terhadap jasa atau produk yang ditawarkan bagian dari strategi marketing jualan online yang biasanya menjadi pekerjaan para blogger. Kamu juga bisa mereview produk di social media. Kesannya seperti soft selling yang lebih mudah diterima orang.

Dalam menjalankan bisnis online, jangan malas belajar. Teknologi terus berkembang, siapa yang paling cepat menguasainya, dialah yang akan berhasil lebih dulu. Marketing jualan online menuntut kita untuk selalu melek dan tanggap pada teknologi, selamat mencoba dan terus belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *