7 Cara Ampuh Berpromosi Melalui Website untuk para Pemilik UMKM

Categories Bisnis OnlinePosted on

7 Cara Ampuh Berpromosi Melalui Website untuk para Pemilik UMKM

cara berpromosi melalui website

Opportunity-Advisor.com || Website menjadi sebuah alat pendukung yang ‘wajib punya’ bagi perusahaan pada era modern nan serba teknologi ini. Semuanya bisa dilakukan secara online, seperti membayar pajak, membeli makanan, memesan ojek, membeli pakaian, bahkan mengajukan hutang sekalipun.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan membuat website bagi orang-rang yang memiliki bisnis atau perusahaan. Konsumen juga mengakui betapa mudahnya memenuhi keinginan dan kebutuhan dengan adanya website.

 

Cara Ampuh Berpromosi Melalui Website

Sebelum membuat keputusan untuk membuat website perusahaan Anda, perlu anda ketahui cara berpromosi melalui website agar setelah website Anda beroperasi Anda dapat memaksimalkan manfaatnya. Berikut akan dibahas satu per satu cara berpromosi melalui website.

7 Cara Ampuh Berpromosi Melalui Website

Buat konten berkesan

Tak bisa dipungkiri, apa yang paling ditarik dan disajikan pada website adalah visual. Oleh karena itu, kondisi visual dari sebuah website sangatlah penting. Visualisasi yang menarik dapat memberikan kesan baik konsumen terhadap perusahaan kita.

Baca Juga : Mengetahui Manfaat Website untuk Perusahaan

Anda bisa membuat konten gambar yang kreatif dan tentunya menyesuaikan produk yang Anda jual. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan jasa desainer grafis untuk membuatkan Anda konten yang menarik untuk dipasang di website Anda.

 

Buat artikel menarik

Tidak jarang ditemui konsumen yang mencari solusi dari permasalahan di mesin pencarian Google. Hal ini dapat Anda manfaatkan dan diterapkan di website perusahaan Anda.

Contohnya saja jika Anda menjual handuk mandi berkualitas di website, Anda bisa menyuguhkan beberapa artikel mengenai handuk mandi di website tersebut, seperti “Tips Memilih Handuk Berkualitas” atau mungkin “Cara Merawat Handuk Mandi Agar Awet”.

Dengan menyertakan artikel terkait produk yang Anda jual, Anda dapat mencantumkan tawaran untuk membeli produk di website Anda.

Cara berpromosi melalui website ini terbilang menarik, karena selain membuat website Anda bermanfaat dan berkualitas, Anda dapat memberi tahu konsumen tentang adanya perusahaan atau bisnis Anda untuk menyediakan kebutuhan konsumen.

 

Membuat diskon khusus

Cara berpromosi melalui website yang lainnya adalah memberikan diskon khusus pada konsumen. Diskon atau potongan harga hanya diberikan pada konsumen jika membeli produk melalui website.

Beritahu konsumen secara offline bahwa perusahaan memberikan harga khusus untuk pembelian di website, juga jangan lupa sertakan alamat website perusahaan Anda.

Hal ini menjadi efektif apabila Anda berhasil menarik konsumen dengan diskon khusus tersebut. Bahkan konsumen yang merasa puas mendapat diskon tersebut, dengan senantiasa akan melakukan pengecekan berkala pada website Anda kedepannya untuk menantikan produk di perusahaan Anda.

 

Beri informasi produk sedetail mungkin

Dalam website perusahaan, sangat penting untuk mencamtukan informasi produk secara detail. Hal ini dilakukan agar konsumen cukup memahami produk yang Anda jual.

Tidak ada perusahaan yang bercita-cita membuat konsumennya menyesal setelah memberi produknya. Hindarilah hal ini salah satunya dengan cara menyuguhkan spesifikasi produk yang lengkap.

Baca Juga : Cara Membuat Tim Kerja yang Solid

Jangan sampai konsumen mengeluh sehingga Anda harus mempunyai waktu lebih untuk mengurus keluhan tersebut. Informasi yang tidak lengkap atau dibuat-buat sangat berisiko bagi perusahaan Anda, pikirkan penyesalan konsumen yang apakah nantinya akan menyebarkan keburukan produk Anda tersebut.

Oleh karena itu, penting halnya memberikan informasi produk yang lengkap dan benar adanya pada website perusahaan Anda.

 

Memberi kemudahan mendapatkan kontak

Tujuan akhir dari adanya website perusahaan adalah membuat konsumen membeli produk kita.

Jika Anda sudah memberikan konten gambar yang berkesan, menyuguhkan artikel yang menarik, memberikan diskon khusus pada website Anda, saatnya Anda juga memberikan konsumen kemudahan untuk menghubungi perusahaan atau bisnis Anda.

Jangan buat konsumen kebingungan atau mencari-cari informasi kontak, taruh informasi kontak perusahaan pada spot yang mudah ditemukan. Cara berpromosi melalui website yang satu ini jangan sampai terlewat.

 

SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau pemasaran dengan mesin pencari merupakan jenis pemasaran di internet yang melibatkan promosi dalam website dengan cara membuat website lebih visible atau lebih nampak pada mesin pencarian internet, terutama pada iklan berbayar.

 

SEO (Search Engine Optimization)

Sama halnya dengan SEM, SEO juga bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website perusahaan pada mesin pencarian. Perbedaannya adalah Anda harus mengeluarkan uang untuk mempromosikan website Anda dengan cara SEM.

Pada SEO Anda dapat melakukan sendiri kegiatan promosi website perusahaan Anda dan dengan bebas mengisi konten.

Baca Juga : Panduan Marketing Plan untuk Startup untuk Startup

Namun perlu pembelajaran khusus dan cukup lama agar Anda benar benar mengetahui bagaimana menjalankan SEO. Oleh karena itu saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa SEO demi memudahkan Anda mempromosikan website perusahaan Anda.

Itulah tujuh cara berpromosi melalui website yang dapat Anda lakukan agar website perusahaan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *