Media Yang Paling Efektif untuk Berjualan Online

Categories MarketingPosted on

Media Yang Paling Efektif untuk Berjualan Online

Media yang Paling Efektif untuk Berjualan Online

Opportunity-Advisor.com || Di era teknologi internet yang berkembang pesat saat ini, banyak para pebisnis yang memilih media online untuk promosi dan berjualan. Media untuk berjualan online ini ada banyak ragamnya, mulai dari yang gratisan sampai yang professional berbayar.

Menggunakan media online untuk promosi bisnis memiliki banyak sekali keuntungan, di antaranya lebih murah dan efisien soal biayanya.

Bandingkan dengan menyewa ruko atau toko dengan bayaran puluhan juta setiap tahunnya. Dengan media online kamu bisa berhemat hampir sepuluh kali lipatnya, dan bahkan ada juga yang gratisan.

Media online juga dinilai lebih efektif karena banyak digunakan orang. Saat ini orang sangat senang bertransaksi online dimana saja. Dengan smartphone di dalam genggaman, semua bisa dilakukan orang dari layar ponselnya.

 

Daftar Media untuk Berjualan Online yang Bisa Kamu Coba

Masih belum menemukan media untuk berjualan online yang paling efektif dan terbukti bisa meningkatkan omset? Beberapa rekomendasi media berikut ini bisa kamu jadikan pilihan untuk berjualan secara online:

Media untuk berjualan online

  1. Sosial Media

Media yang paling banyak digunakan orang untuk berjualan online adalah social media. Selain karena alasan gratis, social media ternyata juga memiliki fitur-fitur khusus yang memudahkan dan membantu aktivitas para pebisnis.

Media social tak lagi dianggap media online yang sepele meskipun gratisan. Terbukti satu akun media social akan bisa dijual dengan harga mahal untuk kalangan pebisnis.

Beberapa media social yang sangat potensial kamu gunakan untuk media berjualan online adalah facebook, instagram, whatsapp, youtube, line, telegram, blackberry messenger dan sebagainya.

Baca Juga : Facebook VS Instagram, Pilih Mana?

Media social bukan lagi sesuatu yang aneh bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Orang kampung dan kota sama asyiknya bermain di media online ini. Dan kondisi ini menjadi target pasar menjanjikan bagi para pebisnis online.

 

2. Market Place

Media untuk berjualan online selanjutnya adalah market place. Market place juga menjadi salah satu media online tempat ngumpulnya para pebisnis, baik mereka yang retail maupun grosiran.

Market Place menjadi semakin laris diminati orang karena alasan keamanan bertransaksi. Banyaknya kasus penipuan online membuat market place menjadi pilihan banyak orang.

Jika kamu pebisnis, tak ada salahnya membuat akun jualanmu di salah satu market place yang ada di Indonesia. Konsumen senang berbelanja di market place karena sistem kemudahan, keamanan serta pilihan harga beragam yang disediakan pihak marketplace.

 

3. Blog

Media untuk berjualan online yang selanjutnya adalah blog. Blog dengan domain berbayar atau sebuah website dengan tampilan professional menandakan suatu bisnis yang ingin dikelola secara serius.

Umumnya pebisnis malas membuat blog untuk media bisnis online karena alasan berbayar dan tidak bisa mengelolanya dengan baik. Padahal blog memungkinkan persaingan pasar yang lebih luas karena terindeks dengan mesin pencari secara efektif.

Tidak bisa membuat sendiri? sekarang sudah banyak penyedia buat web dan jasa penulis artikel.

Kepercayaan konsumen juga lebih tinggi jika bisnismu dikelola di sebuah website atau blog dengan domain berbayar.

Fitur-fitur blog untuk tamplate toko online menyediakan banyak sekali opsi pilihan pelayanan untuk pembeli yang efektif dan memudahkan pemilik toko.

 

4. Email marketing

Sampai saat ini, media untuk berjualan online menggunakan email marketing masih banyak dipakai orang. Teknologi smartphone yang terus berkembang membuat trend jualan menggunakan email marketing ini cukup menjanjikan.

Di sebuah smartphone, hampir semua orang memiliki aplikasi email yang langsung memberikan notifikasi saat mendapatkan pesan baru, sama seperti media social lainnya.

Dengan email promosi yang masuk, kita bisa mengajak orang mengunjungi blog, media social atau bertransaksi secara langsung dengan kita.

 

5. Forum Lapak Online

Ada banyak forum lapak online baik di media social atau yang dikelola oleh sebuah website besar. Forum jual beli tersebut biasanya mempertemukan antara pembeli dan penjual. Kaskus, OLX dan yang lainnya memiliki forum semacam ini yang bisa kamu coba.

Ada banyak media online yang bisa kamu gunakan untuk berjualan. Tetapi untuk bisa sukses, kamu cukup fokus di satu atau dua media online saja.

Optimalisasikan semua fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Biasanya ada fitur khusus untuk memudahkan para pebisnis melakukan marketing online.

Baca Juga : Konsep dan Strategi Marketing di Era Sekarang

Media untuk berjualan online berbayar bisa kamu pilih jika ingin meningkatkan penjualan yang lebih efektif. Jangan hanya berani yang gratisan, sesekali kamu harus mencoba media berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *