Perkembangan Konsep dan Strategi Marketing di Era Sekarang

Categories UncategorizedPosted on

Perkembangan Konsep dan Strategi Marketing di Era Sekarang

konsep marketing di era sekarang

Opportunity-Advisor.com || Perkembangan globalisasi yang semakin pesat memiliki dampak yang sangat besar pada perkembangan bisnis yang sudah ada, termasuk pada konsep marketing di era sekarang. Semakin banyak aneka ragam teknologi yang bermunculan membuat banyak golongan masyarakat mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan perkembangan yang telah ada.

Suka tidak suka, bisa tidak bisa, trend tetap harus diikuti, salah satunya yaitu trend dalam hal menggunakan media sosial.

Dekatnya penggunaan media sosial dengan kehidupan kita saat ini membuat siapapun seakan-akan dipaksa untuk beradaptasi, dan jika ada yang menolak, maka dapat dipastikan mereka akan tersingkirkan secara perlahan dan akan tergantikan dengan masyarakat pengguna media digital.

Hal inilah yang membuat banyak masyarakat harus mengenal, mempelajari, dan mengetahui hal-hal mengenai konsep marketing di era sekarang lebih dalam lagi.

Strategi dan Konsep Marketing di Era Sekarang

Ingin belajar marketing di era digital ini? Anda bisa menyimak uraian yang kami hadirkan berikut ini. Simak baik-baik yaa…

Perkembangan Konsep dan Strategi Marketing di Era Sekarang

  1. Ketahui dan Pahami Lifestyle Konsumen

Era media digital tentu berbeda 100% dengan era media konvensional. Dulu mungkin mengiklankan sebuah produk melalui televisi ataupun surat kabar sudah tergolong efektif. Namun, bagaimana dengan konsep marketing di era sekarang? Dapat dipastikan bahwa saat ini hampir sebagian besar masyarakat di dunia sudah menggunakan gadget dan memiliki akses internet.

Media konvensional semakin lama akan semakin tersingkirkan. Iklan yang dipajang, baik itu di televisi maupun koran sudah tidak dapat dinilai efektif lagi.

Baca Juga : Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Powerfull 

Era digitalisasi bukan hanya mempermudah kehidupan masyarakat, tetapi juga merubah gaya hidup mereka. Informasi semakin mudah untuk didapat, akses internet sudah ada dimana-mana, maraknya penggunaan media sosial juga menjadi salah satu lifestyle yang tidak dapat terelakan.

Dengan perubahan gaya hidup yang ada saat ini, tentu hal tersebut harus diketahui oleh para calon pebisnis agar mereka dapat dengan mudah menetapkan pangsa pasar dan menentukan media promosi yang efektif.

 

  1. Peningkatan Penggunaan Media Online

Banyaknya masyarakat yang menggunakan gadget dan mudahnya mendapatkan akses internet membuat penyebaran informasi menjadi jauh lebih cepat dan jangkauan masyarakat menjadi jauh lebih luas. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa melakukan promosi melalui media konvensional sudah tidak terlalu efektif lagi. Karena konsep marketing di era sekarang sudah dapat dilakukan melalui media online.

Sudah dapat terbukti bahwa mempromosikan produk dan memasangkan iklan melalui media online jauh lebih efektif dan membawa keuntungan jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan media konvensional seperti televisi dan koran.

 

  1. Pergeseran Celebrity Endorser

Dulu mungkin menggunakan selebriti papan atas sebagai brand ambassador masih tergolong efektif dalam hal mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk tertentu.

Namun sekarang, pengaruh dari selebriti ini secara perlahan mulai tergeser dengan mulai banyaknya bermunculan seperti selebgram, vlogger, ataupun orang-orang yang notabene memiliki jumlah pengikut media sosial yang fantantis justru menjadi salah satu influencer bagi pelanggan.

Para pebisnis sering kali memberikan kepercayaan kepada influencer ini untuk mengulas sebuah produk dan di posting di akun media sosialnya. Dengan jumlah pengikut yang luas biasa, bukan tidak mungkin para influencer ini mampu mempengaruhi masyarakat dalam membeli suatu produk dengan cara yang jauh lebih efektif dan cepat.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Logo Gratis di Internet

Bahkan bukan tidak mungkin pula para influencer ini justru mampu mengungguli selebriti dengan wajah tampan dan cantik yang sering kali terpajang di iklan televisi.

 

  1. Open Discussion di Kolom Komentar yang Semakin Efektif

Media sosial bukan hanya digunakan untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang yang kita kenal saja, tetapi juga sering kali digunakan untuk saling berkomunikasi dengan orang yang justru tidak terlalu kita kenal, bahkan hingga melakukan open discussion dengan sesama pengguna media sosial lainnya.

Sering kali terjadi ketika banyak orang membicarakan suatu produk hingga tersebar di seluruh media sosial, kita pun menjadi turut penasaran dengan apa yang tengah mereka bicarakan.

Hal tersebut terkadang membuat kita menjadi ingin mencari tahu mengenai produk tersebut lebih jauh lagi hingga pada akhirnya membuat kita ikut membeli produk tersebut. Bagi para pebisnis, membuat produk menjadi viral dan banyak dibicarakan oleh orang banyak merupakan salah satu strategi yang wajib dilakukan, dan inilah salah satu konsep marketing di era sekarang.

 

  1. Komunikasi Dua Arah di dalam Dunia Marketing

Komunikasi dua arah yang dimaksud ialah bagaimana para pebisnis mampu menampung saran dari para pelanggan agar produk yang ia jual semakin berkembang. Mendengarkan pendapat konsumen merupakan salah satu hal yang paling penting, agar mereka akan terus menjadi pelanggan setia kita dan merasa puas.

Ketika membangun bisnis online, setiap media digital yang kita gunakan tentu tersedia kolom komentar atau kolom pesan yang dapat digunakan sebagai media berkomunikasi antara konsumen dan penjual, dan hal inilah wadah dimana komunikasi dua arah tersebut dapat dilakukan.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Bisnis Online yang Tak Banyak diketahui Orang

Berdasarkan penjelasan diatas, kita menjadi bisa memiliki gambaran mengenai bagaimana perkembangan konsep dan strategi marketing di era sekarang yang sedang maraknya terjadi di lingkungan kita. Mau tidak mau, suka tidak suka, beradaptasi itu sangatlah penting.

Tidak menutup kemungkinan pula perkembangan akan semakin sering terjadi. Hari ini, belum tentu sama dengan hari esok, dan hal inilah yang harus kita ketahui dalam mempelajari konsep marketing di era sekarang, bahwa perubahan merupakan hal yang mutlak terjadi, dan kita tidak bisa menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *