7 Fakta Menarik Bisnis Online yang Tak Banyak Diketahui Orang

Categories MarketingPosted on

7 Fakta Menarik Bisnis Online yang Tak Banyak Diketahui Orang

7 Fakta Menarik Bisnis Online yang Tak Banyak Diketahui Orang

Opportunity-Advisor.com || Fakta bisnis online pertama adalah bahwa saat ini terdapat 12 juta toko online tesebar di seluruh dunia. 12 Juta bukanlah angka yang sedikit. Dan itu masih belum seberapa, mengingat Lemonstand, situs e-commerce dari Kanada, mencatat perhitungan tersebut sekitar 3 tahun lalu.

Kemajuan teknologi informasi, semakin meningkatkan angka melek internet masyarakat. Jadi bayangkan sendiri berapa kira-kira jumlah toko online tahun 2018 ini.

 

Fakta Menarik Bisnis Online yang Tak Banyak Diketahui

Kenyataan di atas hanyalah satu dari sekian banyak fakta bisnis online yang tak banyak diketahui orang. Dan untuk sedikit menambah perbendaharaan informasi bagi Anda, berikut 7 fakta menarik lainnya.

fakta bisnis online

  1. Fakta Bisnis Online Senilai Triliunan

Fakta menarik berikutnya dari bisnis online masih menurut Lemonstand. Hasil riset dari perusahaan ini juga menghasilkan kesimpulan mencengangkan. Yaitu kenyataan bahwa pada tahun 2015 saja, terjadi transaksi jual beli online senilai USD 1,6 triliun.

Baca Juga : Cara Menambah Follower Instagram Tertarget

Konversikan ke mata uang Rupiah, maka akan didapatkan angka fantastis sekitar Rp 25.000 triliun. Jumlah itu 20% lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dan bisnis online masih akan terus tumbuh pesat dengan persaingan yang juga ketat.

 

  1. Baru Berumur 40 Tahun

Michael Aldrich, pria berkebangsaan Inggris, menemukan konsep belanja model baru. Dia menghubungkan televisi dengan komputernya di rumah, lalu menggunakannya untuk berbelanja di supermarket. Konsep ini dia sebut sendiri dengan istilah teleshopping. Itu adalah tahun 1979, sebelum era internet bergulir dimulai pada 1990.

Sistem online shop pertama dikembangkan oleh Compuserve tahun 1969. Sedangkan situs marketplace pertama adalah Boston Computer Exchange, yang menjadi tempat jual beli komputer bekas.

 

  1. Transaksi Jual Beli Online Pertama

Jangan bandingkan cara belanja online zaman dulu bisa semudah dan sepraktis sekarang. Jika menggunakan tolak ukur sekarang, maka fakta bisnis online pertama yang pernah tercatat adalah pembelian CD grup musik Sting seharga USD 12.48, belum termasuk ongkos kirim.

Transaksi itu dilakukan oleh Dan Kohn melalui situs bikinannya sendiri bernama NetMarket tahun 1994. Kawannya membeli CD tersebut menggunakan kartu kredit dan memanfaatkan jasa kurir ekspedisi.

 

  1. Raja e-Commerce Dunia

Kalau Google dianggap sebagai rajanya internet, maka raja e-commerce dunia adalah milik Amazon. Perusahaan milik Jeff Bezos ini memulai bisnisnya dalam perdagangan buku dan film. Kini perusahaan berumur 24 tahun memiliki cabang di 58 negara, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 1 milyar.

Nilai transaksi di situs e-commerce raksasa ini pun fantastis, sekitar USD 250 milyar, menguasai lebih dari 40% perdagangan online di negeri paman sam. Konon, Amazon pernah mencatat 300 transaksi terjadi setiap detik pada suatu musim Natal.

 

  1. Produk Paling Laku Dijual

Fakta bisnis online berikutnya berkaitan dengan kaum hawa. Wanita memang konsumen terbaik. Sampai saat ini, barang-barang fashion masih menjadi produk paling laris dijual di internet.

Baca Juga : Inilah Kunci Sukses Berjualan di Media Sosial yang Harus Anda Tahu

Tempat kedua diduduki barang-barang elektronik, disusul kemudian oleh berbagai jenis barang second hand dan buku-buku. Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan Anda jika berminat melakoni bisnis online.

 

  1. Rekor Pembelian Termahal

Konglomerat Rusia yang juga pemilik klub sepakbola Inggris, Roman Abramovich, mencatat rekor pembelian online termahal hingga sekarang. Pengusaha minyak ini mengakuisisi sebuah kapal yacht buatan Frank Mulder lewat situs lelang online eBay.

Harganya tidak tanggung-tanggung, USD 168 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Tapi angka tersebut masih terbilang lumrah untuk sebuah yacht superbesar yang dilengkapi 10 ruang VIP, bioskop, dan landasan helikopter.

 

  1. Barang Terkonyol yang Pernah Dijual

2015 Lalu, seorang wanita mengunggah dagangan rumah di situs jual beli properti. Unggahan tersebut sempat viral, karena penjual menggunakan bahasa iklan menggelitik berbunyi, “Beli rumah dapat istri,” begitu kira-kira. Pemilik akun eBay bernama Pablo Penalver juga pernah menjual jiwanya seharga 47 Euro tahun 2007.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Media Sosial untuk Bisnis

Bukan hanya itu, bahkan ada ‘perusahaan iseng’ yang nekat memasarkan kaleng berisi udara (lebih tepatnya kosong) dan batu kerikil yang dicat warna warni. Atau beberapa pedagang online yang menjual teman khayalan, batu meteor, hingga seorang nenek. Lebih konyol lagi karena ada saja yang mau membelinya.

7 Fakta bisnis online di atas dilansir dari berbagai sumber. Menarik sekaligus mencengangkan, bukan? Bukan tidak mungkin akan ada rekor baru yang terjadi dalam tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *