Kunci Keberhasilan Berjualan di Media Sosial yang Harus Anda Tahu

Categories MarketingPosted on

Kunci Keberhasilan Berjualan di Media Sosial yang Harus Anda Tahu

Kunci Keberhasilan Berjualan di Media Sosial yang Harus Anda Tahu

Opportunity-Advisor.com || Bila ingin sukses memanfaatkan media social sebagai sarana marketing bisnis, maka kamu harus tahu bagaimana sih tips sukses jualan di media social yang sudah dilakukan banyak orang. Dengan cara ini kamu bisa membuat strategi agar produk kamu laris manis diminati konsumen.

Saat ini marketing online bukan lagi menjadi pilihan alternative orang untuk berjualan. Sudah cukup banyak yang fokus pada penjualan online saja, dan terbukti berhasil dalam hal omset. Jadi kalau kamu serius, marketing online ini memang sangat menjanjikan.

Mungkin saat ini kamu sudah punya media social tertentu untuk jualan, atau bahkan website. Tapi kalau omset dan closing yang kamu peroleh masih begitu-begitu saja, bisa jadi ada hal yang perlu kamu perbaiki. Pelajari lebih intensif lagi, bagaimana sih memanfaatkan fasilitas online untuk berjualan.

 

Rahasia dan Tips Sukses Jualan di Media Sosial

Tips sukses jualan di media social ini akan bisa kamu pahami setelah kamu bertungkus lumus dengan marketing online. Pada prinsipnya marketing online atau offline itu sama, hanya saja medianya yang berbeda sehingga membutuhkan respond an strategi yang lebih variatif.

Berikut ini beberapa tips penting yang harus kamu tahu soal bisnis di social media:

tips sukses jualan di media social

  1. Menguasai Fitur-Fitur Unggulan Sosial Media Terkait

Misalnya kamu memilih facebook atau instagram untuk media marketing online. Kamu harus intensif mempelajari semua fitur yang ada di social media tersebut. Misalnya pada facebook memiliki fasilitas fans page, pelajari detail tentang fitur ini.

Bagaimana membuat postingan yang efektif, bagaimana mengiklankan fans page tersebut, bagaimana supaya orang mengkliknya, bagaimana merespon yang efektif komentar-komentar di fitur tersebut dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mudah Mempromosikan Akun Instagram Tertarget

Pelajari secara khusus, kalau perlu ikutlah pelatihan-pelatihan baik online maupun offline. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari fitur bisnis yang disediakan media social.

 

2. Menampilkan Value dari Produk

Tips sukses jualan di media social  yang selanjutnya adalah soal value produk. Di mana-mana value produk menjadi perhatian konsumen. Baik offline maupun online sama saja.

Bedanya kalau online, kamu harus punya teknik untuk menyampaikan value dari produk yang kamu miliki dalam media visual.

Teknik yang biasa dilakukan orang bisa dengan menggunakan teknik copywriting, endorsement, kelas preview online, testimony pelanggan dan sejenis. Bukan sekedar promosi lho, pastikan memang promo yang dibuat itu jujur.

 

3. Ramah dan Responsible

Dunia maya menuntut segala sesuatu bisa dilakukan secara cepat dan tanggap. Sama halnya saat kita jualan di facebook. Itulah sebabnya orang yang sudah asyik berjualan di social media sering fokus pada gadget yang ada di tangannya.

Konsumen merespon suatu produk, dalam hitungan di menit masih cukup efektif untuk direspon. Setelah hitungan jam, biasanya konsumen sudah kurang respon, mencari produk dan pedagang lain yang lebih menarik.

Baca Juga : Aturan Tek Tertulis Bepromosi di Media Sosial

Tak cukup respon saja, tips sukses jualan di media social juga harus ramah. Kamu sulit untuk ramah? Sekedar mencantumkan icon senyum di chattingan pelanggan? Cobalah mencari admin khusus yang siap melakukan semua itu. Tentunya berbayar.

 

4. Handphone atau Teknologi Lain yang Mendukung

Fasilitas yang kamu pakai juga harus mendukung. Untuk smartphone misalnya, kalau bisnis kamu adalah produk barang yang membutuhkan jumlah foto yang banyak dan kualitas yang bagus, kamu lebih aman menggunakan smartphone dengan RAM 4 GB.

Selain ruang yang lebih luas, kualitas kameranya juga sangat membantu kamu untuk membuat foto produk yang bagus. Atau kalau kamu punya anggaran lebih, produk bisa kamu masukkan ke jasa pemotretan produk UKM.

Atau bisa juga menyewa fotografer khusus untuk produk yang dijual. Tetapi kualitas smartphone yang bagus akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis yang kamu jalankan di media social.

Ini menjadi tips sukses jualan di media social yang paling dirasakan pebisnis di lapangan. Bagaimana pun kamu harus upgrade kualitas smartphone yang kamu miliki. Soal teori marketing lainnya hampir sama dengan marketing di dunia nyata. Seperti misalnya menentukan target pasar, membuka jaringan dengan banyak pihak, membuat promo-promo dan sejenisnya.

Baca Juga : Ide Kretaif Membuat Konten Media Sosial untuk Keperluan Bisnis

Kamu juga bisa mencoba iklan berbayar di media social yang juga memiliki pengaruh yang signifikan. Setiap follower social mediamu usahakan follower tertarget yang memang memiliki minat terhadap produk yang kamu hasilkan.

Tips sukses jualan di media social yang paling menjadi kunci adalah keseriusan kamu belajar internet marketing. Kursus jika perlu, sebab ada banyak teori marketing online yang mungkin asing bagi kamu, atau bahkan tak pernah terpikir olehmu. Mereka yang sukses adalah mereka yang terus belajar selama hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *