Ide Kreatif Membuat Konten Media Sosial untuk Bisnis

Categories MarketingPosted on

Ide Kreatif Membuat Konten Media Sosial untuk Bisnis

Ide Kreatif Membuat Konten Media Sosial untuk Bisnis

Opportunity-Advisor.com || Bila kamu ingin menjadi seorang yang populer di media social, maka kamu harus tahu bagaimana cara membuat konten media social yang menarik dan diminati para pengguna medsos lainnya.

Bukan hanya soal viral, postingan di media social semestinya juga hal-hal yang bermanfaat agar orang lain berpikiran positif pada dirimu. Ada banya konten yang populer dan viral, tapi ternyata berbuntut kurang baik pada si pemilik akun.

Ide kreatif bukan sesuatu yang hoax atau bersifat fitnah. Kreatif itu benar, bermanfaat, unik, menarik dan pada akhirnya akan viral.

Ingin punya postingan berkualitas yang viral dan berujung pada tingginya jumlah follower atau pertemanan yang kamu dapatkan? Pelajari ide-ide kreatifnya berikut ini.

 

Cara Membuat Konten Media Sosial yang Kreatif dan Unik

Saat berselancar di media social, kita sering melihat orang-orang yang bisa membuat postingan unik, kreatif dan menarik. Ada yang bersifat humor, inspiratif, informatif hingga membuat kita terbawa emosi.

Sebuah akun media social dengan konten yang kreatif secara otomatis akan disukai banyak orang. Postingannya selalu dinantikan.

Lalu apa saja sebenarnya yang bisa dijadikan bahan ide untuk membuat postingan semacam itu? Berikut ini cara membuat konten media social  yang unik dan kreatif:

cara membuat konten media social

1. Sesuatu yang Sedang Viral

Sesuatu yang sedang viral atau trend bisa kamu jadikan bahan membuat postingan kreatif yang unik dan disukai banyak orang.

Caranya bisa dengan membuat opini tentang sesuatu itu, membuat parodi dengan sesuatu yang lain, atau membuat hal lain yang masih ada hubungannya dengan tema yang viral  atau trend tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Mempromosikan Akun Instagram yang Terbukti Ampuh

Jadi tentang sesuatu yang sedang trend atau viral, kamu jangan memaki, mencaci atau mengumpat sesuatu tersebut, tapi buatlah sesuatu yang lebih kreatif dari hal tersebut.

 

2. Kisah Pribadi

Cara membuat konten media social   yang kreatif selanjutnya adalah dengan berbagi apa yang kamu alami.

Tapi syaratnya, hal pribadi tersebut tidak mengumbar aib kamu atau keluargamu. Carilah jenis pengalaman atau kejadian yang bermanfaat bagi orang lain.

Misalnya pengalaman kamu lolos penipuan di ATM, pengalaman kamu bernegosiasi dengan instansi tertentu, pengalaman membeli barang dengan harga murah, pengalaman mengunjungi suatu tempat dan sebagainya.

 

3. Quote dan Kata-Kata Motivasi

Bingung tak ada bahan untuk postingan di media social? Coba kamu buat quote atau kata-kata motivasi, bisa dari idemu sendiri atau mengutip quote yang belum pernah dipublikasikan orang.

Baca Juga : Aturan Tak Tertulis dalam Berpromosi di Media Sosial

Umumnya pengguna media social menyukai hal-hal yang positif dan baik, dan kata-kata motivasi ini akan berkesan bagi mereka saat membacanya. Cara membuat konten media social  seperti ini bisa kamu sesuaikan dengan jenis media sosialnya.

Untuk instagram, kamu bisa menggunakan quote dalam bentuk gambar, dan untuk di facebook, bisa juga menggunakan gambar yang dilengkapi dengan tulisan.

 

4. Tutorial

Punya pengalaman seru menghasilkan masakan yang enak dan eyecatching saat difoto? Kenapa tidak kamu buat menjadi artikel yang sifatnya tutorial dan membantu.

Percayalah, meskipun mungkin resep masakanmu akan dicoba banyak orang, jika kamu konsisten membuat tutorial semacam ini, efek popularitasmu akan meningkat di dunia maya.

Cara membuat konten media social  seperti ini juga bisa kamu sesuaikan dengan jenis media social yang dipakai. Jika media social yang kamu gunakan semacam youtube atau instagram, maka bentuk tutorial ini bisa berupa gambar atau video.

 

5. Informatif

Satu lagi jenis konten kreatif yang disukai banyak pengguna media social adalah yang siftanya informatif. Misalnya kamu rutin membuat postingan tentang info lomba, info lowongan kerja, info kegiatan dan sejenisnya.

Pengguna sosmed lain akan merasakan manfaat dari postingan yang kamu buat tersebut, dan pada akhirnya akun medsosmu akan populer.

Ada juga pengguna media social yang memilih cara narsis untuk membuat postingan yang diminati. Misalnya dengan berfoto dengan gaya aneh, menggunakan alat atau pakaian tertentu, sedang melakukan kegiatan aneh dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Instagram Story untuk Berjualan

Memang ada banyak cara untuk bisa populer di media social, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah menjaga pamor baikmu dalam jangka panjang. Populer sesaat tak ada artinya, justru tak jarang banyak yang akan menghujat jika cara yang kamu pilih tidak tepat.

Cara membuat konten media social  yang baik akan menghasilkan imbas yang baik pada branding pribadi, branding perusahaan hingga branding produk yang kamu jual. Selamat menciptakan konten-konten kreatif yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *