Aturan Tak Tertulis Dalam Berpromosi di Media Sosial

Categories MarketingPosted on

Aturan Tak Tertulis Dalam Berpromosi di Media Sosial

Aturan Tak Tertulis dalam Berpromosi di Media Sosial

Opportunity-Advisor.com || Ingin berhasil mengelola bisnis online di media social?  Pelajari bagaimana sebenarnya cara promosi di media sosial yang menarik dan terbukti mendatangkan pelanggan.

Berbisnis di dunia maya juga ada aturan, meskipun aturan tersebut tidak tertulis. Kadang-kadang kita merasa kurang nyaman dengan kelakuan para pedagang online yang seenaknya saja memasukkan kita ke sebuah grup, melakukan spam hingga menandai benda-benda yang mungkin tidak kita inginkan.

Jika kamu ingin sukses bisnis online di medsos, pastikan kamu jadi seorang pedagang yang menyenangkan, bukan menyebalkan karena tak tau aturan.

Kita bahkan tak segan meremove seorang teman di media social karena alasan cara jualannya yang menyebalkan dan mengganggu kenyaman.

Jangan sampai akun kamu dihapus teman hanya gara-gara cara jualanmu yang tak mengundang simpati, pelajari aturan bersosialisasi di media social.

 

Begini Ternyata Aturan Promosi di Media Sosial

Promosi di media social jangan asal menyebar konten, kamu harus tau seni dan strateginya supaya orang lain tertarik dan tidak bosan. Berikut ini cara promosi di media sosial yang menarik  dan terbukti sukses menghasilkan:

Cara promosi di media sosial yang menarik

  1. Bersosialisasi

Media social itu tempat social, tempat ngobrol, menyapa, komen dan sebagainya. Kalau kamu ingin promosimu direspon orang, kamu juga harus sering bersosialisasi dengan orang lain. Memberikan komen di status orang, memberikan like dan sejenisnya.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Instagram Stories Untuk Bisnis

Jangan hanya jadi pembaca setia, sebab itu saat kamu membuat promosi orang pun enggan berkomentar karena merasa tidak kenal, merasa tidak dekat dan sebagainya.

 

2. Tidak Spam

Alangkah menjengkelkannya saat ada inbox promosi produk berkali-kali di social media kita, atau mungkin di beranda dengan langsung menandai produknya.

Cara-cara spam ini sangat tidak membuat orang bersimpati, sebaliknya malah jengkel dan akan menghapus namamu dari akun pertemanan. Ini benar-benar jauh dari kriteria cara promosi di media sosial yang menarik.

 

3. Sembarangan Menginvite Orang ke Grup

Banyak orang memanfaatkan grup-grup media social untuk bisnis dan promosi. Sayangnya masih banyak yang membuat grup dengan cara bodoh. Menginvite semua orang ke dalam grup tersebut. Bukan hanya masalah dalam hal target pasar, kamu bahkan bisa langsung diremove dari akun pertemanan yang bersangkutan.

Baca Juga : 7 Sosial Media yang Paling Sering digunakan Orang

Cobalah membuat promosi yang membuat orang tertarik sendiri join ke grup yang kamu miliki. Ini jauh lebih elegan dan kemungkinan closing produk pun akan lebih tinggi.

 

4. Ramah dan Cepat Merespon

Cara promosi di media sosial yang menarik selanjutnya adalah tentang etika melayani pelanggan.

Mau promosi di media social tapi suka jutek dan tak punya waktu untuk merespon komentar? Sulit bagi kamu untuk sukses.

Memang terkadang sikap pembeli sering menguji kesabaran, istilah CLBK (chat lama, beli kagak) seringkali membuat banyak pedagang akhirnya marah, bersikap tidak simpati kepada pelanggan.

Jika kamu berhasil menjadi sosok yang sabar, ramah, cepat merespon, percayalah kamu akan memiliki banyak pelanggan yang loyal.  Soal harga mungkin kamu kalah saing, tapi pelayanan bisa jadi keunggulan kamu di mata banyak orang.

 

5. Soft Selling

Saat masuk ke media social lalu melihat orang posting produk jualan dengan kalimat-kalimat berjualan yang langsung menawarkan barang akan memberi kesan kurang menarik bagi sebagian orang.

Itulah kenapa dikenal istilah soft selling, promosi atau jualan tersembunyi. Kamu bisa membuat cerita tentang suatu gambar, lalu di akhir kalimat memasukkan pesan bisnis barang yang kamu jual.

Cara promosi di media sosial yang menarik seperti ini terbukti mendatangkan banyak closing. Cara ini juga sering disebut dengan istilah copywriting.

Promosi yang sukses di media social bukan hanya yang menggunakan teknologi canggih, iklan berbayar dan sejenisnya. Bagaimana kamu menciptakan kenyamanan orang lain saat berinteraksi dengan mu juga hal yang sangat diperhatikan orang.

Media social adalah media tempat bersosialisi. Berbagai etika perlu diperhatikan, tidak hanya asal promosi, asal jualan, asal menawarkan.

Baca Juga : Cara Ampu Menghasilkan Uang di Instagram

Semua ada caranya, ada aturannya. Bagaimana membuat orang datang sendiri menanyakan suatu informasi produk yang ia lihat di grup atau akun social media kita, itu yang harus kita pelajari dan kita lakukan.

Cara promosi di media sosial yang menarik akan berkesan bagi pelanggan. Jadilah para pedagang yang memberikan kesan baik bagi konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *