7 Strategi Promosi dan Pemasaran Produk Baru Terbukti Efektif

Categories MarketingPosted on

7 Strategi Promosi dan Pemasaran Produk Baru Terbukti Efektif

7 Strategi Promosi dan Pemasaran Produk Baru

Opportunity-Advisor.com || Pada saat memutuskan memilih suatu produk bisnis, konsep pemasaran idealnya sudah ada di kepala. Produk atau jasa yang dibuat sebagai hasil dari riset tentang apa yang menjadi masalah, kebutuhan yang belum terpenuhi di tengah masyarakat. Setelah itu, Anda bisa mulai merancang strategi promosi pemasaran produk baru yang akan rilis.

Kegalalan strategi marketing yang dibuat terhadap produk baru sangat vital, bahkan bisa jadi membuat bisnis berubah haluan. Para pebisnis mula dalam skala kecil banyak yang mengalami hal ini.

Gonta-ganti produk dan jasa bisnis karena dianggap kurang bagus, padahal masalah sebenarnya adapa pada strategi promosi dan pemasaran yang tidak terencana dan monoton.

Maka rencana pemasaran dari sebuah produk haruslah matang, bahkan bisa jadi menyedot anggaran yang sangat besar. Setelah produk dikenal, barulah kita bisa memasang tariff terhadap kualitas nilai dari produk atau layanan jasa yang kita buat.

 

Begini Strategi Promosi Pemasaran Produk Baru yang Harus Anda Lakukan

Saat pertama kali akan meluncurkan produk atau jasa, rancang dengan cermat bagaimana strategi promosi pemasaran produk baru  yang akan dipilih. Berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda jalankan:

strategi promosi pemasaran produk baru

  1. Riset dan Menentukan Lokasi Pasar

Apa produk Anda, siapa dan dimana target pasar yang paling menjanjikan dan sesuai untuk produk tersebut? Ini langkah awal Anda bergerak. Memperluas lokasi pasar yang tepat untuk produk atau jasa yang kita jual. Riset ini sangat penting sebelum kita bergerak lebih jauh melakukan penjualan.

 

2. Memperkenalkan Value Produk atau Jasa

Mengapa orang belum tertarik membeli produk kita? Bisa jadi karena belum tahu value apa yang ada dalam produk atau jasa yang kita tawarkan. Strategi marketing ini jangan sampai lupa dilakukan.

Baca Juga : Untuk Bisnis Pilih Facebook atau Intagram??

Media untuk menyampaikan bisa secara online atau offline. Review produk, endors, edukasi melalui home sharing dan sejenisnya akan sangat membantu konsumen mengenali produk kita.

 

3. Menjadi Sponsor Kegiatan

Pada awal masa promosinya di Indonesia, ponsel Vivo habis-habisan menjadi sponsor beberapa tayangan televise populer di Indonesia.

Setelah itu hasilnya bisa terlihat peminat produk Vivo meningkat dan harganya pun jauh meninggalkan beberapa brand smartphone pendahulunya. Strategi promosi pemasaran produk baru ini bisa menjadi pembelajaran untuk Anda.

Menjadi sponsor juga memudahkan pihak marketing perusahaan menemukan mitra kerjasama jangka panjang. Lembaga, instansi atau organisasi yang bekerjasama dengan Anda adalah relasi jangka panjang yang harus dipertahankan oleh marketing.

 

4. Menggunakan Tenaga Pelanggan

Sistem reseller, keagenan dan sejenisnya sedikit mempermudah pemasaran yang dilakukan. Banyak produk mahal yang tak bisa dijual sendiri oleh perusahaan.

Tenaga pelanggan dibutuhkan setelah mereka merasakan sendiri kualitas dari produk atau layanan yang didapatkan. Bahkan dengan komisi yang menjanjikan saja sudah cukup.

Kewajiban perusahaan adalah mengedukasi tenaga pelanggan tersebut agar lebih memiliki kemampuan marketing dan pemahaman produk atau jasa dengan baik.

Baca Juga : Apa Itu Marketing Representative??

Strategi promosi pemasaran produk baru tersebut saat ini banyak digunakan untuk pemasaran produk buku anak kelas premium. Buku-buku dengan harga jutaan rupiah laris manis di pasaran dengan bantuan tenaga pelanggan.

 

5. Insentif  Rekomendasi Pelanggan

Jika Anda belum bisa memanfaatkan tenaga pelanggan untuk marketing, maka cukup dengan memberikan insentif pada pelanggan yang mampu merekomendasikan pembeli. Ini cukup menarik bagi para pelanggan dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

Teknologi marketing online menggunakan sistem referral menjadi contoh strategi ini.

Terlebih lagi jika produk Anda memiliki kualitas yang bagus, maka pelanggan akan lebih mudah memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk menjadi pembeli berikutnya.

 

6. Membuat Kegiatan Amal

Momen-momen hari-hari keagamaan seperti Ramadhan, hari raya Idul Fitri, Idul Adha, dan sejenisnya bisa dimanfaatkan untuk momen promosi membuat kegiatan amal.

Akan lebih baik jika bermitra dengan lembaga lainnya sebagai bentuk kerjasama jangka panjang untuk marketing. Dengan banyaknya massa terkumpul menjadi momen promosi memperkenalkan produk baru.

 

7. Diskon dan Promo

Diskon dan promo di waktu-waktu tertentu untuk produk utama yang dijual. Bisa juga dengan menggunakan produk penetrasi yang bisa diberikan secara gratis atau harga murah. Sistem marketing online menjanjikan banyak strategi yang berhasil menggaet pelanggan.

Baca Juga : Deskjob Marketing Comunication yang Harus Anda Tahu

Beberapa strategi promosi pemasaran produk baru di atas bisa dikombinasikan dengan sistem marketing online yang sedang marak saat ini. Media online terbukti banyak dimanfaatkan para pebisnis untuk memperkenalkan produk baru. Dengan biaya yang terjangkau, hasilnya pun lumayan menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *