Tugas Seorang Marketing Communication Yang Harus Anda Ketahui

Categories MarketingPosted on

Tugas Seorang Marketing Communication Yang Harus Anda Ketahui

Tugas Seorang Marketing Communication yang Harus Anda Ketahui

Opportunity-Advisor.com || Marketing communication dalam suatu perusahaan sangat berperan penting membantu peningkatan omset. Itulah sebabnya posisi ini menjadi jabatan yang bergensi di sebuah perusahaan. Marketing yang bagus akan membuat perusahaan tumbuh sehat  dengan penjualan seperti yang diharapkan.

Anda berminat mengambil posisi sebagai seorang marketing di sebuah perusahaan? Pelajar lebih dulu bagaimana sih job desk marketing communication yang sebenarnya. Tidak asal banyak bicara di depan konsumen, tapi bisa menyampaikan komunikasi yang cerdas dan berkesan.

Secara tidak langsung, seorang marketing bertugas meningkatkan brand awerness sebuah perusahaan tempat ia bekerja dan menjadi fasilitator antara pembeli dan perusahaan. Dengan kerja yang baik dari seorang marketer, akan membantu peningkatan minat pasar terhadap produk atau layanan jasa yang dijual.

 

Bekal Kriteria yang Harus Dimiliki  Seorang Marketing Communication

Bekerja sebagai marketing komunikasi menuntut banyak kriteria yang harus dimiliki, beberapa di antaranya adalah:

  • Mampu memahami apa yang menjadi nilai dan keunikan dari produk/ jasa perusahaannya. Setelah mengerti barulah marketing bisa menjelaskan nilai atau keunikan tersebut pada calon pembeli.
  • Memiliki soft skill yang bagus, di antaranya adab tata cara bergaul, energik, mudah bergaul, memiliki teknik berbicara yang baik dan jelas.
  • Mampu melihat persepsi konsumen akan produk atau jasa perusahaan tempat ia bekerja. Hal ini menjadi acuan evaluasi strategi marketing hingga peningkatan kualitas produk yang ditawarkan.
  • Mampu membuat strategi pemasaran yang baik lengkap dengan media yang akan digunakan.
  • Cepat tanggap terhadap persaingan yang ada dari pihak kompetitor. Cepat melakukan evaluasi dan inovatif membuat startegi baru yang dibutuhkan. Ini juga menjadi hal penting yang harus menjadi kriteria marketing communication.
  • Melakukan evaluasi terhadap prilaku pasar yang telah diterapkan. Tidak adanya evaluasi akan membuat perusahaan tidak tau apakah target tercapai atau tidak, mana hal yang harus diperbaiki dan mana yang harus dipertahankan.

 

Begini Tugas Seorang Marketing Communication yang Sesungguhnya

Apa sebenarnya yang menjadi tugas utama seorang marketing communication? Tak cukup ke sana ke mari bertemu konsumen, ternyata ada hal-hal penting yang wajib dilakukan seorang marketing, berikut di antaranya:

Tugas Seorang Marketing Communication

  1. Promosi

Job desk marketing communication yang paling pertama adalah melakukan promosi. Tugas ini jika tidak dilakukan dengan cerdas akan memberi kesan seorang marketer itu menyebalkan, terlalu banyak promosi.

Baca Juga : Cara Membuat Sales Funnel yang Sederhana

Tugas menjual dalam promosi ini sebenarnya tugas jangka pendek seorang marketer.

 

2. Iklan

Membuat iklan bagian dari tugas seorang marketing communication. Marketing saat ini sudah sangat variatif dengan perkembangan teknologi internet. Iklan ini pun bisa dibuat dengan berbagai macam cara dan media dengan biaya yang bisa lebih ditekan.

 

3. Melakukan pemasaran langsung

Pernah didatangi langsung oleh seorang marketing produk atau layanan jasa tertentu? Ini memang menjadi tugas utama seorang marketing.

Keluar dan berjalan menemui konsumen bisa dikatakan sebagai tugas seorang marketing. Dan ketika dia diam di kantor tidak keluar, justru sering dianggap tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga : Trik Marketing Jualan Online yang Terbukti Efektif

Jualan langsung juga bisa dilakukan melalui email, handphone atau sarana teknologi lain yang dipandang efektif dan memudahkan.

 

4. Membangun hubungan yang baik dengan pihak lain

Membangun hubungan dengan pihak lain seperti instansi, sponsorship atau lembaga lainnya untuk mendukung penjualan juga dilakukan oleh seorang marketing.

Mungkin penjualan langsung tidak berhasil, seorang marketing komunikasi bisa mencari mitra link lembaga yang bisa diajak kerjasama.

Menentukan anggaran promosi yang dibutuhkan juga menjadi bagian kerja dari seorang marketing. Selanjutnya mengukur hasil kerja dari promosi yang sudah dilakukan, semacam evaluasi yang bisa memberikan hasil tentang strategi yang sudah diterapkan sebelumnya.

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat saat memberi kemudahan kerja marketing communication. Media social misalnya bisa menjadi sarana marketing dengan nilai cost yang lebih rendah. Dulu orang berusaha menembus iklan televisi, dengan adanya internet biaya iklan bisa ditekan. Cukup iklan di social media gratis, hasilnya cukup menjanjikan.

Baca Juga : Tool Instagram Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Tetapi perlu Anda ketahui, keberadaan marketing online tidak menafikan tugas-tugas seorang marketing communication. Internet hanyalah sebagai media, sementara prilaku marketing tetap harus dijalankan oleh orang yang bekerja di bidang itu.

Syaratnya, seorang marketer harus cepat tanggap terhadap perkembangan media marketing yang ada. Dengan demikian bisa membantu pekerjaan marketing komunikasi  dalam merancang strategi, memilih media hingga mengalokasikan anggaran yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *