8 Langkah Membuat Strategi Marketing Yang Powerful

Categories UncategorizedPosted on

8 Langkah Membuat Strategi Marketing Yang Powerful

board 2449726 640 - 8 Langkah Membuat Strategi Marketing Yang Powerful

Opportunity-Advisor.com || Berbisnis tanpa strategi tentunya akan sulit berkembang. Salah satu cara yang biasa ditempuh untuk mengembangkan sayap bisnis ialah dengan marketing ataupun pemasaran. Agar mampu terus bersaing dan bertahan di pasar, tentunya bisnis Anda perlu membuat strategi marketing yang baik dan benar. Strategi marketing yang salah tentunya akan berdampak besar pada bisnis Anda. Lalu, bagaimanakah strategi marketing yang powerful?

 

Kembangkan Bisnis dengan Strategi Marketing yang Tepat

Strategi marketing yang asal-asalan tentunya akan berdampak buruk bagi perkembangan perusahaan Anda. Waktu, tenaga, dan uang yang dikeluarkan untuk menjalankan dan membuat strategi marketing tentunya diusahakan untuk tepat guna dan tidak sia-sia. Berikut ini merupakan langkah membuat strategi marketing yang powerful.

langkah membuat strategi marketing

  • Planning First

Langkah pertama dalam membuat strategi marketing yang tepat dan powerful ialah dengan membuat perencanaan. Perencanaan akan memudahkan Anda memilih tindakan apa yang akan dilakukan dan memutuskan keputusan yang tepat pula. Tanpa adanya perencanaan, pemasaran akan rentan terhadap konflik dan tindakan tak terarah.

  • Fokus pada Target Pasar

Pemasaran dapat dikatakan sukses dan berhasil ialah ketika mampu mencapai target pasar. Adapun langkah yang bisa ditempuh untuk mewujudkannya ialah dengan fokus pada target pasar.

Strategi pemasaran yang satu ini bisa dilakukan dengan melakukan analisis pasar, meliputi mengetahui keinginan pasar, ritme pasar, dan preferensi pasar. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan dan memanjakan target pasar sebagai upaya untuk branding dan mengenalkan bisnis terhadap target.

  • Kreatif Berstrategi

Strategi marketing yang Anda gunakan dalam pemasaran hendaknya tidak asal-asalan ataupun begitu-begitu saja. Untuk mengembangkan bisnis, Anda dituntut untuk membuat strategi marketing yang unik dan kreati.

Baca Juga : Panduan Membuat Marketing Plan yang Baik dan Benar

Ciptakanlah cara yang mampu menarik minat maupun membuat target pasar terus mengingat produk bisnis Anda. Bisa Anda lakukan dengan memberikan penawaran ataupun promo, pelayanan yang memuaskan, produk yang unggul dan bernilai lebih, hingga strategi promosi yang ekstrem dan berbeda dengan yang lain.

  • Kenali Lawan

Mengenal lawan maupun pesaing Anda di dunia bisnis sangatlah penting. Dengan mengenal lawan, Anda menjadi tahu apa kelebihan dari lawan yang bisa Anda jadikan inspirasi dan sebagai upaya peningkatan kualitas bisnis Anda. Selain itu, mengetahui kelemahan lawan akan menjadikan evaluasi dan pelajaran bagi bisnis Anda.

  • Kenali Kawan

Sellain mengenali lawan, strategi marketing yang satu ini juga tak kalah penting, yaitu mengenali kawan. Mengenali kawab maksudnya ialah mengenali pihak-pihak yang berpotensial menjadi partner maupun pihak yang bisa diajak bekerja sama.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Online di Instagram

Dengan demikian, Anda akan mampu mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar dan juga sebagai cara untuk menambah rekan bisnis dan upaya mengenalkan bisinis ke ranah yang lebih tinggi.

  • Market Research

Demi perkembangan dan peningkatan bisnis, market research perlu dilakukan. Memperhatikan keadaan pasar terkini, seperti keinginan, permintaan, serta tren pasar tentunya bisa menjadi informasi penting untuk mengembangkan bisnis dan menentukan strategi apa yang tepat diambil untuk pemasaran bisnis.

  • Jangan Monoton

Strategi marketing yang powerful lainnya ialah dengan tidak melakukan marketing yang monoton. Hindari cara yang monoton dalam melakukan pemasaran produk bisnis. Sesuaikan cara pemasaran Anda dengan target pasar maupun produk yang ditawarkan.

Gunakanlah cara-cara yang unik dan jarang ataupun belum pernah digunakan sebelumnya. Adapun cara ini bertujuan agar produk Anda lebih mudah dikenal dan mampu terus melekat di pikiran target pasar, sehingga terus dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan.

  • Buat Evaluasi

Setelah menerapkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang telah direncanakan, jangan lewatkan untuk melakukan dan membuat evaluasi. Evaluasi sangatlah penting sebagai bahan pembelajaran dan perbaikan bisnis.

Minimalisir kesalahan dan konflik di masa mendatang melalui evaluasi atas kinerja pemasaran yang telah berlangsung. Lakukanlah evaluasi sebagai bahan pembelajaran dan pengembangan di masa depan, bukan untuk menjatuhkan ataupun menghakimi team pemasaran.

Baca Juga : Lima Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Nah, itulah delapan langkah membuat strategi pemasaran yang powerful yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Selain cara-cara di atas, Anda tentunya harus konsisten dan menjunjung tinggi kejujuran dan profesionalitas dalam proses bisnis maupun pemasaran yang dilaksanakan. Tanpa hal tersebut, strategi pemasaran yang direncanakan akan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *