Cara Mudah Membangun Marketing Plan yang Baik dan Benar

Categories MarketingPosted on

Cara Mudah Membangun Marketing Plan yang Baik dan Benar

cara membangun marketing plan

Opportunity-Advisor.com || Bagi Anda yang memiliki bisnis, baik bisnis kecil, menengah, hingga besar, tentunya paham akan pentingnya perencanaan bisnis. Tanpa adanya perencanaan, berbisnis akan seperti bersepeda dengan menutup mata, jatuh adalah kepastian.

Perencanaan bisnis sangat diperlukan agar proses dan keputusan bisnis bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ekspektasi. Begitu juga dengan rencana pemasaran atau yang biasa dikenal dengan marketing plan. Apa itu marketing plan? Apa yang dihasilkan denan membuat marketing plan? Bagaimana cara membangun marketing plan yang baik? silahkan simak ulasan kita kali ini.

 

Manfaat Membuat Marketing Plan

 

Tanpa adanya perencanaan pemasaran, pelaku marketing akan tidak terarah dalam melaksanakan kegiatan marketing. Bukan hanya perencanaan belaka, membangun marketing plan untuk pemasaran ternyata memiliki tujuan dan manfaat yang beragam.

Adapun beberapa manfaat dari membuat marketing plan dalam bisnis ialah sebagai berikut:

1. Meminimalisir konflik
2. Realisasi pemasaran lebih terarah dan sesuai ekspektasi
3. Pemasaran lebih efektif dan efisien
4. Target dan tujuan lebih mudah tercapai
5. Meningkatkan komunikasi antar tim
6. Sebagai bahan evaluasi

 

Permudah Capai Target dengan Marketing Plan

Cara Mudah Membangun Marketing Plan

Marketing plan mencakup strategi-strategi yang ditempuh untuk melakukan pemasaran agar pemasaran mampu dilaksankan secara baik dan mampu mencapai tujuan, target, dan ekspektasi.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Dengan adanya marketing plan, strategi dan keputusan dalam berbisnis akan lebih efektif dan mempermudah pebisnis dalam mencapai target-target. Lantas, bagaimanakah cara membangun marketing plan yang baik? yuk, lanjut kebawah.

 

Tentukan Target Pasar

Agar pemasaran produk bisnis Anda bisa lebih efektif dan efisien, Anda tentunya terlebih dahulu menentukan target pasar Anda. Menentukan target pemasaran akan membuat praktik penawaran produk bisnis kepada pelanggan berjalan lebih baik dan tepat sasaran.

Buatlah target pasar yang Anda ingin capai pada marketing plan yang Anda susun. Namun sebelumnya, lebih baik jika Anda melakukan mini research pada selera dan preferensi pasar. Lakukan juga penelitian mengenai kelompok pasar mana yang sesuai dengan produk bisnis Anda agar pemasaran bisa tepat sasaran.

 

Lakukan Online Marketing

Salah satu cara membangun marketing plan yang baik dan benar ialah melakukan marketing online. Di era serba teknologi sekarang ini, online marketing ialah ritual yang wajib dalam pemasaran. Anda bisa menambahkan strategi-strategi online marketing seperti memasang iklan di media online, memasarkan produk di media sosial, blog, dan lainnya.

Baca Juga : Trik Psikologi Untuk Meningkatkan Penjualan

Jangan lupa untuk membuat konten iklan maupun pemasaran online yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran agar online marketing yang ditempuh bisa membuahkan hasil.

 

List What Marketing Team Needs

Cara membangun marketing plan selanjutnya ialah membuat daftar hal-hal apa saja yang diperlukan oleh marketing team. Hal ini tentunya harus diperhatikan agar pelaksanaan marketing di lapangan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Adapun hal-hal yang dibutuhkan oleh marketing team biasanya meliputi brosur, website bisnis, akun bisnis, kartu nama, dan database.

 

Anggaran Pemasaran

Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan biaya. Dalam marketing plan, Anda seharusnya menetapkan anggaran biaya secara spesifik untuk setiap kegiatan pemasaran sebelum pemasaran dilaksanakan. Lakukan analisa ataupun mini research terhadap setiap kebutuhan marketing.

Di samping itu, pilihlah kebutuhan-kebutuhan yang terjangkau untuk meminimalisir anggaran pemasaran.

 

Conversion Strategy

Menggunakan conversion strategy bisa menjadi cara membangun marketing plan sekaligus meningkatkan angka penjualan. Sudahkah Anda tahu apa itu conversion strategy? Conversion strategy merupakan suatu cara yang bisa Anda tempuh untuk mengubah calon pelanggan yang berpotensi untuk menggunakan produk bisnis Anda.

Baca Juga : Strategi Sales Funnel dalam Sebuah Bisnis

Conversion strategy bisa dilakukan dengan mengubah kalimat maupun penyampaian pada cara marketing Anda (misalnya pada tampilan iklan, caption pada brosur atau website) secara lebih menarik ataupun persuasif.

Selain itu, menambahkan testimoni pelanggan bisa juga menjadi alternatif. Pilihlah orang-orang yang berpengaruh untuk memberikan testimoni akan produk Anda, misalnya testimoni dari artis, selebgram, pejabat, dan lainnya yang berpotensi untuk menarik minat pelanggan.

Kelima cara membangun marketing plan di atas bisa Anda tiru ataupun dijadikan inspirasi dalam membuat marketing plan yang baik dan benar. Adanya marketing plan sebelum pelaksanaan tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam mencapai target maupun tujuan dari bisnis. Persiapkan marketing plan secara matang dan detail agar tersusun dengan baik dan mampu dijalankan dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *