5 Trik Psikologi untuk Meningkatkan Penjualan Online

Categories MarketingPosted on

5 Trik Psikologi untuk Meningkatkan Penjualan Online

tips meningkatkan penjualan online

Opportunity-Advisor.com || Salah satu tips meningkatkan penjualan online yang kini banyak dijalankan pelaku bisnis online adalah menggunakan strategi pendekatan psikologi. Seorang pembeli memiliki hubungan interaksi yang kuat dengan penjual.

Hubungan yang dekat dan baik akan membantu meningkatkan tingkat kepercayaan seorang pelanggan yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan omset bisnis.

 

Tips Meningkatkan Penjualan Online dengan Pendekatan Psikologi

Cara meningkatkan penjualan online shop dengan pendekatan psikologi menuntut Anda untuk lebih bisa memahami bagaimana kondisi psikologi seseorang sebelum melakukan transaksi pembelian.

Mulai dari tingkat kepercayaan awal, ketertarikan, kebutuhan hingga akhirnya benar-benar memutuskan untuk membeli. Berikut ini beberapa trik marketing psikologi yang bisa Anda coba:

5 Trik Psikologi untuk Meningkatkan Penjualan Online

  1. Produk baru

Secara psikologi, seseorang biasanya lebih menyukai produk yang baru dibandingkan yang lama. Salah satu tips meningkatkan penjualan online yang bisa Anda tonjolkan adalah menggunakan aspek ini.

Baca Juga : Penerapan Sales Funnel Dalam Bisnis

Misalnya di tampilan sebuah website toko online, jangan lupa selalu menampilkan kategori produk terbaru yang selalu update. Demikian juga bila Anda promo di sosial media, tampilan kata ‘produk baru’ harus ditunjukkan secara dominan untuk memberikan efek psikologi ketertarikan pada pembeli.

Melihat kata baru, orang cenderung akan langsung klik dan melihat foto produknya.

 

2. Pilihan yang jadi Paradok

Tips meningkatkan penjualan online secara psikologi selanjutnya adalah pada aspek pilihan. Apakah Anda menjual banyak produk dari berbagai merek? Atau bahkan berbagai jenis produk dari kategori yang berbeda?

Tahukah Anda, Prof Sheena Lyengar dari Columbia University telah melakukan sebuah penelitian penting yang mengungkap terlalu banyak pilihan membuat kesan paradok bagi pembeli.

Penelitian ini juga membuktikan, seorang penjual yang memiliki 24 pilihan produk, lalu dia menguranginya hingga menjadi 6 produk saja, justru peningkatan omset terjadi sebesar 600%. Cara meningkatkan penjualan online shop dengan menyuguhkan banyak pilihan produk secara psikologi  pada kenyataannya justru membuat analisa pilihan menjadi ruwet di kepala pembeli.

Baca Juga : Strategi Marketing Untuk Mengenalkan Produk Secara Online

Misalnya saat di facebook Anda melihat seorang yang memposting banyak produk dalam satu album, dibanding dengan yang memposting dua produk, yang manakah fokus pikiran dan ketertarikan pada diri Anda yang akan muncul? Berdasarkan penelitian, fokus dan ketertarikan orang akan meningkat pada yang dua produk saja.

 

3. Mentalitas Kelompok

Cara meningkatkan penjualan online shop selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kondisi psikologi manusia yang pada umumnya memiliki mentalitas kelompok. Seseorang membeli produk tak jarang alasannya karena melihat banyak orang memiliki produk tersebut sehingga ia juga ingin memilikinya.

Nah, ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mendesain tampilan toko online atau promo yang Anda buat.

Pada tampilan toko online, Anda bisa membuat kolom produk paling laris yang update sehingga memberi daya tarik bagi para pengunjung yang memiliki mentalitas seperti ini.

Baca Juga : Tool Whatsapp Untuk Membantu Marketing Produk Anda

Atau bisa juga saat di media sosial, Anda mengunggah foto produk yang digunakan oleh banyak orang, satu kelompok berseragam produk pakaian misalnya.

Melihat ini orang akan tertarik dan mentalitas kelompoknya bisa tumbuh. Tips meningkatkan penjualan online dengan teknik ini cukup banyak kita lihat dijalankan orang di sosial media.

 

4. Tampil Beda

Secara psikologi, orang akan lebih suka memilih sesuatu yang tampak lebih menonjol dibandingkan yang lain. Demikian juga dalam mengelola toko online, Anda punya website? Cobalah bagaimana menampilkan desain dan bentuk yang berbeda dari toko online kebanyakan.

Baca Juga : Mengenal Instagram Ads Lengkap dengan Cara Kerjanya

Mungkin Anda bisa membuat berbagai event online yang akan membuat banyak orang mengakses website Anda. Cara yang jarang dilakukan orang bisa Anda pikirkan dan menjadi peluang pendekatan psikologi yang lebih menjanjikan.

 

5. Kelangkaan

Tips meningkatkan penjualan online dengan pendekatan psikologis yang selanjutnya adalah dengan menggunakan efek kelangkaan. Kecenderungan orang akan lebih cepat memutuskan untuk membeli sesuatu apabila ia berpikir barang tersebut langka dan kemungkinan tak dijual lagi.

Misalnya Anda bisa membuat semacam caption atau copy writing tentang produk Anda dengan menggunakan pendekatan ini. Bahwa produk Anda stock limited, produksi terakhir dan tak dijual lagi.

Baca Juga : Teknik Marketing Whatsapp Untuk Mengenalkan Produk

Beberapa Tips meningkatkan penjualan online bisa Anda coba untuk melejitkan omset bisnis online yang Anda kelola. Pelajari bagaimana cara kerja otak manusia, lalu dari situ Anda bisa merumuskan strategi penjualan dengan pendekatan psikologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *