Seperti Ini Cara Membuat Sales Funnel

Categories MarketingPosted on

Seperti Ini Cara Membuat Sales Funnel

Seperti Ini Cara Membuat Sales Funnel

Opportunity-Advisor.com || Setiap pebisnis pasti paham pentingnya marketing atau pemasaran. Tanpa strategi penasaran yang baik, sebuah usaha tidak akan dapat berjalan dengan lancar karena tidak adanya pelanggan. Salah satu strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan sales funnel.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara membuat sales funnel, ketahui dulu apa pengertian strategi marketing yang satu ini. Sales funnel merupakan strategi pemasaran dengan diagram berbentuk seperti corong yang mengilustrasikan proses perjalanan calon pelanggan hingga menjadi pelanggan yang berkomitmen.

Mempelajari cara membuat sales funnel memang terlihat seperti sesuatu yang merepotkan. Anda akan banyak melakukan pengujian beberapa hal untuk mengetahui prospek pelanggan ideal dan produk serta pemasaran yang tepat. Namun begitu Anda menerapkannya, strategi ini akan menjadi alat yang kuat untuk menaikkan penjualan dalam bisnis Anda.

 

Panduan Membuat Sales Funnel

Panduan membuat sales funnel ini akan mempermudah perjalanan Anda membuat strategi bisnis yang kuat.

Panduan Cara Membuat Sales Funnel

  1. Menciptakan Magnet yang Menarik Audiens Anda

Magnet ini adalah untuk mencari tahu prospek pelanggan ideal dimulai dari audiens yang luas. Untuk membuat magnet ini Anda harus tahu dulu apa masalah, kebutuhan dan keinginan audiens yang akan Anda saring ini dan bagaimana Anda bisa membantu mereka mencapai tujuan yang diharapkan.

Baca Juga : Marketing Funnel Beserta Contohnya

Selain mengenali pelanggan, Anda juga perlu mengenali kompetitor. Buat daftar 20 kompetitor teratas, kemudian cari tahu bagaimana mereka membuat pelanggan tertarik menggunakan produk mereka. Setelah mengetahuinya, Anda perlu merancang magnet yang lebih baik dari apa yang ditawarkan kompetitor.

 

  1. Promosikan Magnet Anda

Tahap kedua dari panduan membuat sales funnel ini adalah menyebarkan informasi tentang magnet ini. Penyebaran informasi ini akan menyaring sejumlah orang yang berpotensi tertarik dengan bisnis Anda. Dalam langkah ini, Anda sudah berada dalam penerapan tahap teratas sales funnel yaitu awareness.

 

  1. Mengajak Audiens untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lanjut

Tidak semua audiens yang membaca promosi yang Anda bagikan akan menjadi pelanggan. Namun untuk beberapa yang tertarik, siapkan rangkaian informasi lebih lanjut yang bisa diakses oleh para Audiens tersebut. Misalnya berupa laman website.

 

  1. Rutin Memberikan Informasi

Terkadang meskipun sudah tertarik, audiens tidak akan segera memilih menggunakan jasa atau produk Anda. Karena itu diperlukan cara halus untuk tetap memastikan agar produk Anda tetap dikenal, selain itu anda harus ingat bahwa iklan merupakan cara untuk memberi tahu, bukan untuk menyuruh orang membeli.

Baca Juga : Pengertian Marketing serta Imlementasinya

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan newsletter setiap minggu misalnya. Pastikan newsletter  ini selalu berisi informasi penting dan berharga agar audiens tetap mempertimbangkan perusahaan Anda.

 

  1. Buat Penawaran yang Menguntungkan Pelanggan

Langkah selanjutnya dalam panduan membuat sales funnel ini adalah membuat penawaran yang menguntungkan pelanggan. Contoh sederhananya adalah menjual satu produk yang merupakan bagian dari produk paketan dengan harga murah. Pembeli akan membeli satu produk itu saja, namun jika ia menyukainya, ada kemungkinan ia akan membeli satu paket produk tersebut.

 

  1. Terus Memberikan Informasi Bernilai dan Mulai Memperkenalkan Produk Utama Anda

Dalam tahapan cara membuat sales funnel ini, Anda tetap memberikan informasi dan penawaran berharga, tapi juga mulai memperkenalkan produk utama. Bisa berupa produk best-seller, atau layanan yang paling eksklusif.

 

  1. Menawarkan Produk Utama

Setelah pelanggan sudah cukup setia dengan produk Anda dan percaya dengan layanan yang diberikan, barulah Anda bisa mencoba menawarkan produk utama ini. Buat pelanggan merasa dihargai atas kesetiannya selama ini sambil menawarkan diskon untuk produk utama Anda.

Baca Juga : 3 Tool Instagram Marketing Untuk Mendongkrak Penjualan

Nah, itulah tadi serangkaian langkah-langkah cara membuat sales funnel dari awal pengenalan produk hingga membuat audiens berubah menjadi pelanggan produk atau jasa Anda.

Cara membuat sales funnel yang efektif tentu tidak berhenti sampai di situ saja. Anda masih harus secara rutin mengukur jumlah audiens yang berubah menjadi pelanggan dan seberapa jauh Anda menjangkau audiens. Seiring dengan waktu, trend, dan beragam faktor lainnya, ada kalanya Anda perlu melakukan beberapa perubahan dalam sales funnel.

Memang melakukan penjualan tidak mudah, Namun jika Anda sudah tau cara membuat sales funnel dengan penerapan yang tepat, Anda akan melihat peningkatan yang memuaskan dalam penjualan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *