Marketing Itu Apa Sih?

Categories MarketingPosted on

Marketing Itu Apa Sih?

Marketing Itu Apa Sih?

Opportunity-Advisor.com || Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis tidak bisa lepas dari marketing. Meski demikian, marketing tidak hanya melulu soal berjualan saja. Lalu apa sebenarnya pengertian marketing itu?

Marketing bisa diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang fungsinya adalah untuk memasarkan produk baik berupa barang dan jasa. Kegiatan ini dimulai dari mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen agar pengusaha dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

 

Fungsi Marketing

Sesuai dengan pengertian marketing di atas, penerapan marketing yang tepat dalam  bisnis dapat memenuhi beberapa fungsi utama sebagai berikut.

  1. Sebagai Pertukaran

Dengan penerapan marketing, barang dapat dikenal oleh para calon pembeli. Mereka yang tertarik akan berusaha mengenal lebih jauh soal produk atau jasa yang ditawarkan. Fungsi pertukaran di sini berarti ketika konsumen menukarkan uangnya dengan produk yang ditawarkan.

 

  1. Sebagai Distribusi Fisik

Meskipun produsen telah menghasilkan produk, namun tanpa adanya distribusi fisik, produk tersebut tidak akan tiba di tangan konsumen. Marketing membantu berjalannya tahapan ini melalui berbagai proses distribusi fisik seperti pembuatan, penyimpanan, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.

Baca Juga : 3 Tool Gratis Untuk Mendukung Whastapp Marketing

  1. Sebagai Perantara

Fungsi terakhir adalah sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Perantara ini dapat berupa aktivitas penjualan, promosi, riset dan pengembangan, hingga untuk mewujudkan komunikasi pemasaran.

 

Mengenal Jenis-Jenis Marketing

Setelah memahami fungsi dan pengertian marketing, maka selanjutnya adalah mengenal beberapa jenis marketing. Berikut ini beberapa diantaranya.

jenis marketing

  1. Branding

Branding adalah bentuk marketing yang menjadi dasar advertising atau periklanan. Tujuannya adalah membuat produk atau jasa yang ditawarkan terlihat menarik dan dikenal oleh khalayak.

Baca Juga : Cara Membuat dan Verifikasi Whatsapp Bisnis

2, Public Relation (PR)

PR dilakukan dengan membuat tindakan atau pernyataan perusahaan yang membuatnya menjadi pembicaraan. Bentuk marketing ini bekerja berdampingan dengan kampanye iklan dan promosi melalui perencanaan dan menyampaikan pernyataan atau press release pada radio, TV, atau koran.

 

  1. Broadcast Advertising

Marketing tipe ini dilakukan dengan cara membuat iklan yang disiarkan baik di radio atau TV untuk mendapatkan perhatian pelanggan potensial. Iklan dapat disiarkan pada audiens yang sesuai dengan target pemasaran berdasarkan data demografik yang diberikan oleh produser TV.

 

  1. Point of Purchase

Point of purchase adalah ketika produk dipajang untuk dapat dilihat dan dibeli langsung oleh pelanggan. Dalam hal ini, kemasan menjadi faktor penting, bukan hanya sebagai wadah produk yang dijual, tapi berperan penting dalam pengenalan brand hingga image dari produk Anda.

 

  1. Online Presence

Di abad ke-21 ini online presence menjadi jenis marketing yang tidak boleh terlewatkan. Anda dapat memperkenalkan produk dalam berbagai format seperti website, media sosial, hingga aplikasi mobile.

Baca Juga : Pengenalan dan Cara Kerja Instagram ads

  1. Direct

Direct marketing atau pemasaran langsung terjadi ketika produsen berhubungan langsung dengan pelanggan tanpa ada pihak perantara ketiga seperti penjual ecer atau grosiran.

 

  1. Multi-Level

Dalam multi-level marketing, penjualan langsung melibatkan rantai koneksi yang direkrut perusahaan untuk menjual produknya. Mereka yang tergabung dalam jaringan ini mendapatkan komisi dari produk yang berhasil dijual oleh jaringan mereka.

 

  1. Street Teams

Street Teams marketing menggunakan interaksi personal untuk mengekspresikan nilai sebuah produk atau jasa pada pelanggan potensial. Para sales biasanya melakukan hal ini dengan menyasar pada pelanggan yang sedang berada di depan toko atau venue.

 

  1. Philantropic

Perusahaan memperkenalkan brand mereka dengan melakukan amal atau menjadi sponsor dan berpatisipasi dalam kegiatan pengumpulan dana. Cara ini dilakukan untuk menciptakan rasa keterlibatan dengan masyarakat yang membuat pelanggan menghargai perusahaan Anda.

 

  1. Guerilla

Jenis marketing ini dapat menggabungkan beberapa jenis marketing lainnya, tapi umumnya berupa mengejutkan pelanggan dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi para pelanggannya.

Baca Juga : Mengetahui Marketing Mix Lengkap dengan Penerapannya

Untuk memahami jenis marketing mana yang sesuai dengan bisnis Anda, ketahui dulu siapa target marketing Anda. Dengan demikian, Anda bisa menyasar konsumen yang tepat dengan cara yang tepat pula.

Penerapan marketing yang sesuai dengan target pasar tidak hanya membantu meningkatkan penjualan Anda, tetapi juga menjaga reputasi perusahaan dan produk di mata masyarakat. Sehingga, pelanggan tidak akan berpikir untuk mencoba beralik ke produk kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *