7 Cara Beriklan di Whatsapp yang Harus Anda Ketahui

Categories MarketingPosted on

7 Cara Beriklan di Whatsapp yang Harus Anda Ketahui

7 Cara Beriklan di Whatsapp yang Harus Anda Ketahui

Oportunity-Advisor.com || Aplikasi kirim-terima pesan Whatsapp memang sedang merajai media komunikasi saat ini. Berbagai kemudahan dan kelengkapan yang ditawarkan oleh Whatsapp membuat para penggunanya nyaman dan bertahan menggunakan Whatsapp.

Tak hanya sekadar berkirim ataupun menerima pesan saja, kini Anda bisa memanfaatkan Whatsapp secara maksimal, tak terkecuali untuk mengembangkan bisnis. Berbisnis tentunya memerlukan pemasaran dan promosi yang intens agar produk bisnis Anda mampu dikenal orang banyak.

Dengan Whatsapp, kini Anda juga bisa memasarkan produk bisnis dengan cepat dan mudah. Bagaimana cara whatsaap marketing? Simak beberapa cara beriklan di Whatsapp berikut ini!

Beriklan di Whatsapp: Simpel, Tidak Ribet, dan Gratis

Anda tak perlu khawatir, marketing produk bisnis Anda melalui Whatsapp tidaklah rumit atau memakan waktu yang lama. Anda bisa secara luwes memasarkan produk bisnis unggulan Anda secara sederhana dan tentunya bebas biaya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara beriklan di Whatsapp berikut!

Beriklan di Whatsapp: Simpel, Tidak Ribet, dan Gratis

1. Persiapkan Materi Beriklan

Sebelum mantap memulai mempromosikan ataupun mengiklankan produk bisnis, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu materi beriklan Anda, seperti foto produk bisnis, testimoni pelanggan terdahulu, deskripsi barang, dan rincian harga.Hal-hal tersebut tentunya harus Anda persiapkan dengan sungguh-sungguh, jangan asal-asalan.

Baca Juga : Teknik Marketing Whatsaap Untuk Bisnis Anda

Ingatlah bahwa kesan pertama itu sangatlah penting. Usahakanlah membuat iklan yang menimbulkan rasa ingin tahu dan penasaran sehingga produk yang Anda iklankan mampu diingat oleh para calon pelanggan.

 

2. Maksimalkan Profil Whatsapp

Cara beriklan di Whatsapp berikutnya ialah maksimalkanlah profil Whatsapp Anda! Mengapa hal ini penting? Profil Whatsapp Anda tentunya memberi peranan penting untuk menarik perhatian para calon pelanggan.

Gunakanlah foto terbaik pada profile Anda sebagai salah satu cara mempromosikan bisnis Anda. Pastikan Anda memilih foto dengan kualitas yang paling baik, jelas, dan usahakan memasang foto produk bisnis.

 

3. Manfaatkan Fitur “My Status”

My Status merupakan salah satu fitur terbaru dari Whatsapp. Sama seperti fitur story pada Facebook dan Instagram, fitur My Status memberikan wadah bagi pengguna untuk menampilkan foto ataupun video singkat selama 24 jam.

Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengupload video singkat mengenai produk Anda. Adanya video mengenai produk bisnis Anda tentunya akan memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai produk Anda dan memberikan kesan profesional pada bisnis yang Anda jalankan.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberitahukan berbagai penawaran ataupun promo yang sedang berlangsung. Panduan beriklan di Whatsapap yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berbagi informasi seputar keunggulan produk maupun testimoni penggunaan produk oleh pelanggan terlebih dahulu.

4. Beriklan Efeksif Dengan Broadcasting

Broadcast message merupakan salah satu cara beriklan di Whatsapp yang paling efektif untuk memasarkan produk. Namun, lakukanlah broadcasting dengan bijak. Jangan sampai broadcast message yang kerap Anda bagikan malah mengganggu ataupun menjadi spam.

Sebarkanlah broadcast message secara profesional dan proporsional. Usahakanlah tidak melulu menyebarkan broadcast message hanya untuk berjualan. Sesekali, Anda perlu membagikan broadcast message mengenai hal-hal informatif ataupun wawasan bermanfaat yang tentunya masih berkaitan dengan produk bisnis Anda.

Baca Juga : 7 Trik Jitu Marketing di Whatsapp

Misalnya, Anda menjual produk kesehatan, maka sesekali sebarkanlah broadcast message mengenai tips dan trik seputar kesehatan tanpa berjualan. Namun, jangan lupa selalu cantumkan info singkat mengenai bisnis Anda di sisi bawah broadcast message yang minimal meliputi nama bisnis, alamat, kontak, hingga sosial media.

 

5. Gabung Group Whatsapp

Ada satu panduan beriklan di Whatsapp yang tak boleh Anda lewatkan ialah dengan bergabung di group-group Whatsapp. Anda tentunya tahu bahwa salah satu fitur unggulan di Whatsapp ialah fitur group.

Group yang ada di Whatsapp umumnya dimanfaatkan untuk mempererat kebersamaan dan juga sebagai media saling bertukar informasi. Anda bisa memanfaatkan fitur group ini untuk beriklan.

Pastikan Anda bergabung dengan beberapa group Whatsapp, dan usahakanlah untuk aktif pada group-group yang ada, terutama group yang banyak membernya. Pastikan Anda menjadi sosok yang aktif di group tersebut, seperti aktif membalas chat group, suka berbagi informasi, dan sesekali mempromosikan produk bisnis Anda secara bijak, jangan sampai Anda diberi cap spammer di group.

6. Lebih Intim dengan Personal Chat

Anda bisa menjangkau target bisnis Anda secara langsung melalui personal chat. Cara beriklan di Whatsapp yang satu ini tentunya lebih intim dan personal. Anda bisa memilih target yang Anda rasa berpotensi dan membutuhkan produk Anda.

Personal Chat biasanya lebih tepat ditempuh untuk menjangkau target yang sudah Anda kenal sebelumnya, seperti kerabat, keluarga, dan teman. Namun, posisikan diri Anda sebagai pebisnis yang profesional, jangan memaksa ataupun mengharuskan target Anda untuk membeli produk bisnis. Beriklan lah sewajarnya tanpa memaksakan keputusan calon pembeli.

7. Buat Akun Whatsapp Bisnis

Cara beriklan di Whatsapp yang terakhir ialah dengan membuat akun Whatsapp Bisnis. Fitur khusus ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis para pengguna. Anda bisa dengan mudah mendapatkan fitur ini dengan mendownload aplikasi Whatsapp Business di Playstore.

Baca Juga : Konsep dan Strategi dalam Marketing Mix

Dengan aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah dan efektif memanfaatkan aplikasi Whatsapp untuk menjangkau calon pelanggan maupun melancarkan kegiatan bisnis Anda, terutama dalam beriklan.

Ketujuh panduan beriklan di Whatsapp di atas bisa Anda terapkan untuk mempromosikan dan memasarkan produk bisnis Anda. Ingatlah, beriklan di Whatsapp sekalipun juga harus mematuhi etika-etika bisnis pada umumnya agar bisnis Anda mampu bertahan dan bersaing. Baca strategi marketing lainnya di website kami dan akhir kata, Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *