Teknik Marketing Whatsapp untuk Bisnis Anda

Categories MarketingPosted on

Teknik Marketing Whatsapp untuk Bisnis Anda

Teknik Marketing Whastapp untuk Bisnis Anda

Opportunity-Advisor.com || Tahukah kamu, media sosial whatsapp menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sekaligus menjadi yang paling sering dilihat orang. Saat membuka hp, media sosial yang pertama kali dicek orang biasanya whatsapp, baru dilanjutkan yang lainnya. Sebab biasanya media ini memberikan informasi pesan pribadi yang sifatnya penting dan personal. Alasan ini menyebabkan marketing whatsapp untuk kebutuhan bisnis menjadi penting.

 

Persiapan Awal Sebelum Memilih Marketing Whatsapp untuk Bisnis

Sebelum kamu memutuskan untuk belajar whatsapp marketing sebagai media yang paling dioptimalkan untuk marketing, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, di antaranya:

Marketing Whatsapp untuk Bisnis

  1. Memastikan kapasitas dan memori ponsel yang cukup

Buat kamu yang ingin selalu upload produk ke nomor-nomor reseller atau grup reseller, sebaiknya memilih ponsel dengan space terbaik. Memang setting bisa diatur di whatsapp, dan bisa diclearkan saat kapasitas mulai penuh, akan tetapi untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, pilihlah smartphone terbaik. Atau jika tidak memungkinkan, kamu bisa menjalankan whatsapp di komputer atau laptop.

 

2. Menyimpan banyak nomor pelanggan

Di setiap event, jangan lupa menyimpan nomor pelanggan, dan minta juga mereka menyimpan nomor kamu. Ini penting untuk membangun komunikasi secara organik dengan pelanggan. Perbincangan yang lebih personal bisa kamu lakukan melalui chat pribadi di whatsapp sebagai bagian dari marketing whatsapp.

 

3. Menghindari broadcast yang terlalu sering

Kalau kamu sudah berencana untuk memaksimalkan whatsapp sebagai marketing bisnis, maka mulailah menjaga image baik pada konsumen dengan mengurangi broadcast terlalu sering.

Baca Juga : Pengertian Strategi Marketing Mix

Tidak semua orang senang dengan konten jualan, tapi jikalau ingin menyebar BC, bisa memilih tema-tema informativ yang dibutuhkan atau cerita-cerita humanis. Belajar whatsapp marketing akan mengajarkan kamu lebih smart menyebarkan konten.

 

Strategi Kolam Uang dengan Marketing Melalui Whatsapp

Dengan potensi special yang dimiliki oleh media sosial whatsapp, maka media sosial ini bisa kamu sulap menjadi kolam uang yang menguntungkan. Membangun interaksi yang lebih kuat dengan pelanggan, akrab bahkan dekat bisa terjalin melalui marketing whatsapp.

Kamu bisa meyakinkan orang yang semula ragu dengan kemampuan seller yang kamu miliki. Bagaimana langkah memulainya? Ada beberapa tekni yang bisa kamu coba secara organik:

 

  1. Membuat orang mengenal dan menyimpan nomor kamu

Pernah lihat di facebook orang yang promo e-book gratis lalu meminta kamu untuk menghubunginya via whatsapp? Meskipun tak semua dilakukan untuk bisnis, sebagian orang melakukan ini untuk mengumpulkan calon pelanggannya sebagai strategi whatsapp marketing.

Promo ebbok gratis ini bisa kamu jadikan sebagai ajang belajar whatsapp marketing. Kamu akan dikirim berbagai info dan e-book menarik lebih dulu, sambil sesekali mereka menawarkan promo produk yang dimiliki.

 

2. Membangun kolam uang

Strategi sederhana tetap banyak yang berhasil dengan cara ini. Jika kamu ingin bisnis buku motivasi, maka kamu bisa membuat kelas motivasi bisnis preview secara gratis di whatsapp. Biasanya ratusan orang akan mendaftar jika temanya menarik. Selanjutnya setelah kelas usai, kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual, dengan lebih dulu mengedukasi pelanggan melalui materi yang disampaikan.

Strategi marketing whatsapp seperti ini cukup ampuh. Pelanggan akan memutuskan membeli setelah mengetahui kebutuhan dirinya atas produk tersebut. Dan ratusan nomor yang ada di grup tersebut merupakan kolam uang yang bisa kamu olah di masa depan. Meskipun mereka sudah left grup, kamu tetap bisa menyimpan nomornya dan menjadikan yang bersangkutan sebagai akun tertarget pada produk bisnis yang kamu jual.

 

Membuat Akun Whatsapp Bisnis

Whatsapp telah menyediakan fitur khusus untuk kebutuhan bisnis para penggunanya. Kamu bisa download di akun playstore mu untuk whatsapp bisnis tersebut. Selanjutnya, yang bisa kamu lakukan adalah belajar bagaimana cara menggunakan whatsapp bisnis tersebut untuk lebih meningkatkan omset bisnis yang ditargetkan. Dan kabar baiknya, cara menggunakan whatsapp bisnis itu tidaklah sulit.

Baca Juga : 7 Trik Jitu Marketing di Whatsapp

Salah satu keunggulan marketing whatsapp menggunakan aplikasi whatsapp bisnis adalah lebih lengkapnya fitur yang ditawarkan dibandingkan dengan versi whatsapp personal. Fitur pesan otomatis akan membantu kamu memberikan respon terbaik pada pelanggan meskipun sedang tidak online.

Fitur Away Message, Greeting Message dan Quick Replies misalnya, menjadi fitur unggulan. Kamu bisa terus belajar cara menggunakan whatsapp bisnis secara bertahap setelah menginstallnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *