7 Trik Jitu Marketing di WhatsApp

Categories MarketingPosted on

7 Trik Jitu Marketing di WhatsApp

whatsapp marketing

Opportunity-Advisor.com || Salah satu media sosial yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai sarana marketing gratis adalah whatsapp. Apa yang dikenal dengan istilah whatsapp marketing sudah dikembangkan secara khusus oleh pihak whatsapp melalui aplikasi whatsapp bisnis yang bisa diunduh di playstore. Akan tetapi, whatsapp personal yang kamu miliki juga tetap bisa digunakan sebagai sarana memasarkan produk bisnis secara gratis dan potensial.

Trik Jitu Whatsapp Marketing

Buat kamu yang tertarik mengembangkan marketing di whatsapp, berikut ini beberapa trik yang mungkin bisa kamu coba.

7 Trik Jitu Marketing di WhatsApp

  1. Trik Grup Reseller

Trik whatsapp marketing menggunakan grup reseller sudah menjadi hal paling umum yang dilakukan orang. Tetapi meskipun demikian, banyak juga yang akhirnya memiliki grup reseller tidak efektif. Kenapa? Salah satunya karena memasukkan nomor yang tidak tertarget dengan bisnis yang dikembangkan.

Kebiasaan menginvite sembarangan orang, memasukkan nomor semua orang ke dalam grup adalah hal buruk yang harus kamu hindari. Bukan hanya tidak efektif untuk penjualan, cara seperti ini juga akan menyebabkan orang eneg dan berpikiran buruk tentang bisnis kamu. Jangankan orang yang tidak kenal, yang sudah kenalpun tidak suka dimasukkan jika tidak berminat. Mereka akan langsung left grup.

 

2. Memanfaatkan Whatsapp Status

Marketing di whatsapp juga bisa dikembangkan dengan memaksimalkan fitur status yang ditawarkan whatsapp. Update gambar-gambar produk yang kamu jual di fitur ini, sebab ternyata ada banyak temanmu yang memperhatikan tampilan perubahan dari status whatsapp yang kamu buat. Dengan sendirinya jika mereka butuh dengan produk yang kamu tawarkan, mereka akan kirim komentar di grup tersebut.

 

3. Broadcast yang Mempesona

Whatsapp marketing menggunakan broadcast juga bisa kamu lakukan dengan lebih smart alias tak membosankan. Alih-alih kamu berharap produkmu dibeli, yang ada justru nomormu diblokir oleh konsumen. Kenapa? Sebab kamu mengirim broadcast berlebihan dan tidak tepat.

Ada pebisnis yang mengirim bc ke semua grup whatsapp yang dia miliki. Padahal tak semua grup memiliki ketentuan boleh berjualan. Jangan spam, lebih baik mencari pelanggan yang memang berpotensi memiliki minat dengan produk yang kamu jual. Jangan terlalu sering mengirim bc, kirim yang isinya mengandung edukasi.

 

4. Gunakan Click to Chat

Click to chat sudah banyak digunakan para pelaku bisnis saat ini. Ini pulalah yang menjadi keunggulan whatsapp. Sebuah link yang langsung menghubungkan seorang buyer dan seller tanpa harus menyimpan nomor seller. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan click to chat berikut ini dengan memasukkan nomor whatsappmu:

https://api.whatsapp.com/send?phone=

Setelah tanda = kamu bisa mengisinya dengan nomor whatsappmu.

 

5. Diskusi dengan konsumen

Whatsapp menjadi ruang yang sangat luas untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Baik secara personal maupun pelanggan yang sudah tergabung dalam grup. Mengapa orderan dari reseller yang ada di grup wa lama kelamaan semakin menurun jumlahnya? Bisa jadi karena kurangnya interaksi antara seller dengan buyer.

Trik jitu lainnya yang harus dilakukan untuk whatsapp marketing adalah dengan melakukan diskusi yang isinya mengedukasi para reseller. Kamu bisa buat kelas preview online terkait produk yang kamu jual dengan menekankan pada sisi kebutuhan orang terhadap produk yang kamu jual. Termasuk juga menyampaikan value yang belum diketahui reseller.

 

6. Membangun interaksi personal yang baik

Oleh karena luasnya hubungan yang bisa terbangun antara pembeli dan penjual melalui chat whatsapp, tak jarang pula banyak pelanggan yang chat terlalu lama menanyakan ini dan itu.

Baca Juga : Semua Tentang Marketing Mix Yang Harus Anda Tahu

Hal ini kadang membuat admin harus sabar menghadapinya, terlebih lagi jika ada yang cancel order.Tetapi tak jarang juga yang akhirnya menjadi pelanggan loyal karena terkesan dengan pelayanan yang kamu berikan. Jika kamu ingin serius menjalankan whatsapp marketing, maka sikap admin harus benar-benar ramah dan memuaskan.

 

7. Optimasi aplikasi whatsapp bisnis

Kalau kamu ingin serius mengembangkan marketing bisnismu melalui whatsapp, maka kamu wajib menginstall whatsapp bisnis di handphonemu. Ada banyak fitur di aplikasi ini yang sangat membantu pemasaran. Whatsapp marketing benar-benar akan terbantu dengan aplikasi ini.

Bila ingin sukses dengan marketing online, maka harus ada satu yang difokuskan. Misalnya ingin fokus di facebook, intagram atau whatsapp. Optimalkan di salah satu sehingga hasilnya bisa lebih baik. Whatsapp marketing menjadi salah satu yang bisa kamu pilih dan kembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *