Semua Tentang Marketing Mix Yang Harus Anda Ketahui

Categories MarketingPosted on

Semua Tentang Marketing Mix Yang Harus Anda Ketahui

Konsep Marketing Mix

Opportunity-advisor.com || Istilah marketing dalam dunia pemasaran tentu sudah tidak asing lagi. Marketing merupakan sebuah cara menginformasikan produk yang kita tawarkan kepada konsumen melalui sebuah media yang menarik. Orang yang melakukan kegiatan marketing di sebut dengan marketer.

Selain marketing, dalam dunia bisnis juga terdapat istilah marketing mix yang tidak lain adalah strategi dalam melakukan penawaran produk dari produsen sampai konsumen berhasil membeli produk tersebut.

Pada umumnya marketing dan marketing mix adalah kedua istilah yang tidak jauh berbeda. Tujuan marketing mix sebenarnya mengutamakan konsep gabungan (pembaruan) yang juga terdapat pada teori marketing.

Sebagai kegiatan pemasaran yang di lakukan secara gabungan (pembaruan), marketing gabungan membutuhkan beberapa element pemasaran yang tidak bisa berjalan dengan sendiri. Inilah inti dari konsep marketing mix.

 

Strategi Penerapan Marketing Mix Yang Harus Anda Ketahui

Marketing mix juga sering di sebut sebagai kumpulan dari beberapa variabel yang sering di gunakan oleh pengusaha atau perusahaan untuk mendapatkan respon dan mempengaruhi konsumen agar membeli produk.

Dalam dunia pemasaran atau bisnis, marketing mengutamakan gabungan (pembaruan) bebarapa strategi dan penerapan penting yang tidak bisa di pisahkan dalam bidang marketing.

Berikut ini 7 strategi marketing mix yang harus anda ketahui :

Tujuan Marketing Mix

  1. Product / Produk

Produk dalam pemasaran bisa berupa barang atau jasa yang akan di terima konsumen atau pembeli. Kita bisa melakukan penawaran dan memastikan konsumen jika produk kita adalah barang atau jasa yang berkualitas.

Contoh jika kita menjualkan kosmetik, maka kita bisa menginformasikan tentang bahan-bahan serta berapa tahan lama kosmetik tersebut dapat di gunakan.

 

  1. Price / Harga

Harga merupakan salah satu strategi marketing mix yang kerap di jadikan cara untuk menarik konsumen. Harga juga berfungsi sebagai nilai yang harus di bayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang kita tawarkan. Pada umumnya stategi dari pemasaran gabungan ini akan memberikan harga promo atau dengan menerapkan discount.

Contoh jika konsumen membeli handphone dengan harga Rp 3 juta, maka pihak produsen atau pemasar bisa memberikan harga discount dengan syarat yang berlaku. Harga yang semula Rp 3 juta menjadi berkurang tentu akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk kita.

 

  1. Promotion / Promosi

Promosi adalah kegiatan penawaran dengan teknik tertentu supaya konsumen tertarik membeli produk kita. Promosi bisa di lakukan dengan menyebarkan brosur kepada pengguna jalan atau dengan promosi online.

Contoh promosi pemasaran adalah dengan memberikan kalimat bersifat persuasif seperti beli 2 dapat 3, atau beli 2 gratis 1.

 

  1. Place / Tempat

Tempat adalah salah satu strategi kita untuk menjualkan produk. Kita bisa menentukan tempat yang ramai dan konsumtif untuk melakukan strategi marketing mix seperti di pasar, di Mall,di kafe, dan di stand.

 

  1. Process / Proses

Proses dalam strategi pemasaran tidak bisa instan melainkan bertahap dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun kita tetap melakukan perencanaan penjualan yang matang agar target pemasaran tercapai.

Contohnya kita menawarkan sebuah peralatan rumah tangga dalam bentuk brosur kepada konsumen. Pada saat itu konsumen belum memutuskan untuk membeli produk kita, melainkan konsumen membutuhkan waktu untuk menimbang-menimbang produk kita.

 

  1. People / Orang

People di dalam strategi pemasaran mencakup semua orang yang terlibat kedalam kegiatan pemasaran atau marketing mix.

Misalnya seperti kita memiliki produk hijab, maka kita pasti membutuhkan desainer hijab, membutuhkan tailor hijab, dan membutuhkan petugas marketer. Orang-orang tersebut tidak lain adalah bagian dari strategi pemasaran.

 

  1. Phsical Evidence / Perangkat

Phsical Evidence atau perangkat yang di maksud dalam dunia pemasaran profesional adalah perlengkapan pendukung untuk menghasilkan produk yang maksimal.

Contohnya seperti hijab yang kita jadikan sebagai produk utama ternyata membutuhkan beberapa aksesoris atau aksen hijab seperti bordiran hijab, motif hijab, serta design atau model hijab.

Itulah tujuan marketing mix atau konsep marketing mix yang ternyata cukup berpengaruh saat menentukan target pemasaran. Sekian informasi mengenai pembahasan kali ini. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *